Siapa yang rindu momen Ramadhan dan Lebaran?

Momen apa sih yang biasa Anda ingat pada Ramadhan dan Lebaran?

Kumpul bersama keluarga? Silahturami dengan teman lama? Atau sikut-sikutan pas beli baju Lebaran?

Yap, di musim libur seperti Ramadhan dan Lebaran memang merupakan momen yang penuh berkah, khususnya untuk para pebisnis.

Kenapa?

Karena di musim tersebut penjualan kerap kali meningkat.

Bahkan bisa meningkat secara drastis.

Musim Ramadhan dan Lebaran merupakan salah satu cara meningkatkan omset bisnis online Anda.

Hanya saja, tingkat penjualan tergantung pada persiapan dan strategi yang dilakukan oleh setiap pengusaha.

Kendala yang sering terjadi pada musim Ramadhan dan Lebaran adalah kurangnya ketersediaan stok barang untuk dijual.

Padahal permintaan pasar begitu membludak.

Oleh karena itu, persiapan dan strategi harus disiapkan dengan matang.

Inilah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk persiapan bisnis menjelang Ramadhan dan Lebaran, diantaranya:

1. Pastikan Stok Produk Anda Sudah Siap

Bulan Ramadhan tinggal sebulan lagi.

Jangan sampai Anda tidak memperhatikan stok produk yang ingin Anda jual.

Yang biasanya Anda hanya menjual beberapa pcs saja, mulai dari sekarang Anda harus melipatgandakan produksi Anda.

Ini sangat dianjurkan ketika musim Ramadhan dan Lebaran tiba, agar Anda tidak kehabisan produk untuk dijual.

Namun, persaingan juga semakin ketat.

Karena kompetitor Anda pun menyadari bahwa momen tersebut bisa mereka manfaatkan dalam meningkatkan penjualan mereka.

Nah, agar Anda bisa menang bersaing dengan kompetitor Anda.

Anda perlu mengeluarkan trik jitu.

Apa itu trik jitunya?

Tentu saja menjual produk yang berbeda.

Apalagi di musim Ramadhan dan Lebaran, ajang untuk pamer model baju terbaru.

Hal tersebut menjadi peluang yang bagus untuk Anda mengeluarkan produk yang berbeda.

Seperti produk print on demand.

Apa itu produk print on demand?

Adalah produk yang desainnya bisa Anda request sesuai dengan permintaan pembeli Anda.

Dengan berbagai jenis tipe produk. Mulai dari baju, topi, phone case dan sebagainya.

Bagaimana cara menemukan produk print on demand yang menarik?

Anda bisa langsung kunjungi dropshipaja.com.

Apa itu dropshipaja.com?

Dropshipaja.com adalah supplier yang menyediakan produk print on demand yang pasti kualitasnya terjamin.

Kenapa harus dropshipaja.com?

Karena benefit yang bisa Anda dapatkan banyak pake banget.

Apa aja sih benefitnya?

  1. Proses produksi yang cepat hanya butuh 1 hari untuk menyelesaikan produk Anda
  2. Keuntungan yang besar, profit yang bisa Anda dapat 50-100 ribu per produk bahkan lebih
  3. Customer service yang siap membantu Anda jika ada keluhan maupun kendala
  4. Tersedia berbagai jenis produk
  5. Marketing kit yang lengkap, jadi Anda tidak perlu ribet mikirin desain, template dan sebagainya
  6. Komunitas yang solid di berbagai daerah, Anda juga bisa langsung join komunitas Telegram dropshipaja.com dengan klik disini
  7. Garansi barang kembali jika barang tidak sesuai atau catat, dan ongkir pun kami yang tanggung
  8. Promo gratis ongkir di seluruh Indonesia

Menarik bukan?

So, langsung cek aja dulu di dropshipaja.com.

Pastikan juga, jika Anda tidak ingin mengecewakan pembeli Anda, maka Anda harus mempersiapkan stok produk berlipat-lipat lebih banyak dibandingkan di hari-hari biasa.

Dengan begitu Anda bisa masuk ke dalam kompetisi sengit dalam meningkatkan penjualan.

2. Siapkan Strategi Pemasaran Anda

Untuk meningkatkan penjualan Anda, Anda perlu menyusun perencanaan yang matang.

Hal ini sering dilupakan oleh para pengusaha.

Banyak yang tidak tahu bagaimana cara memasarkan dan menjualnya.

Maka dari itu, stok barang dan strategi marketing harus berjalan beriringan.

Mulailah mencari platform yang cocok untuk mempromosikan produk Anda.

Anda bisa mempromosikan produk Anda melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya.

Atau di berbagai macam marketplace yang tersedia, seperti, BukaLapak, Tokopedia, Shopee dan sebagainya.

Jika Anda memiliki biaya lebih, Anda bisa menyewa desain web khusus untuk halaman website Anda.

Banyak cara jualan di sosial media loh.

Apabila Anda menjual produk Anda di Instagram, Anda bisa memanfaatkan jasa Endorsement atau Paid Promote untuk memudahkan Anda dalam mempromosikan produk.

Baca juga: 4 Teknik Riset Artis dan Selebgram Untuk Promosi

Atau dengan menggunakan iklan berbayar seperti Facebook Ads.

Menyiapkan strategi pemasaran dan penjualan yang baik dari sekarang akan membuat Anda jauh lebih terarah dalam berbisnis.

3. Mengelola Keuangan Dengan Baik

Kelola keuangan bisnis Anda dengan baik.

Jangan biarkan keuangan pribadi dan bisnis bercampur.

Sebaiknya keuangan bisnis digunakan hanya untuk kepentingan bisnis saja.

Selain itu, menjelang Ramadhan dan Lebaran tiba, lunasi hutang Anda agar jika ada kebutuhan mendadak dengan bisnis Anda maka tidak mengganggu keuangan bisnis.

4. Siapkan Modal Kerja Untuk Bisnis Anda

Bagian ini berkaitan langsung dengan poin sebelumnya.

Musim Ramadhan dan Lebaran merupakan musim yang sangat sibuk khususnya untuk para pebisnis.

Nah, dalam menyambut musim Ramadhan dan Lebaran, Anda harus menopang seluruh kegiatan bisnis, mulai dari persiapan, produksi, strategi, manajemen, operasional, promo dan sebagainya.

Hal tersebut pasti membutuhkan biaya sebagai penopang.

Maka dari itu, atur cashflow bisnis Anda dengan baik dan sisihkan berapapun yang bisa disisihkan sebagai modal kerja hingga biaya cadangan.

Nah, setelah seluruh persiapan bisnis menjelang Ramadhan dan Lebaran dilakukan dengan baik dan matang, sekarang mari lanjut ke tahap bagaimana strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan di bulan Ramadhan dan Lebaran.

1. Mengatur Tampilan Produk Di Toko Online

Jika Anda menjual produk Anda entah itu di website sendiri atau di marketplace atau di sosial media yang pasti Anda harus merapikan tampilan produk Anda di toko online tersebut.

Bila foto produk Anda masih acak-acakan, yang pasti tidak enak lihat kan?

Yang ada pembeli malah pada lari, karena sudah keburu males lihatnya.

Anda bisa manfaatkan jasa foto jika mempunyai modal lebih.

Tapi kalau mau yang gratisan, Anda bisa mengunduh aplikasi editor photo di handphone Anda, seperti photo grid, vsco, picsart, canva, watermark dan sebagainya.

Anda bisa gunakan berbagai macam jenis filter untuk mempercantik tampilan produk Anda.

Bahkan Anda bisa menggabungkan tampilan produk Anda dalam satu foto.

Mulai dari tampak samping, depan dan belakang.

Pastikan juga Anda menggunakan logo di setiap postingan produk Anda untuk menghindari gambar Anda digunakan oleh orang lain.

2. Pastikan Deskripsi Produk Ditulis Dengan Jelas

Selain posting foto produk.

Pembeli menginginkan informasi lengkap tentang produk yang ingin dibeli.

Bila deskripsi produk Anda masih kurang rapi dan belum jelas, sudah saatnya Anda mengubahnya.

Cara untuk mendeskripsikan produk dengan jelas:

Pertama, jelaskan jenis produk yang Anda jual, misalnya Anda jual kaos, lalu jelaskan ukurannya berapa, ada berapa jenis warna, bahannya terbuat dari apa.

Kedua, harga. Kalau harga satuannya berapa dan selusin berapa.

Ketiga, apa yang membedakan kaos Anda dengan yang lain, tonjolkan kelebihan atau manfaat produk tersebut.

Keempat, jelaskan tata cara order, pembayaran, jasa pengiriman yang digunakan.

Dan sebagainya.

Karena apabila pembeli masuk ke toko online Anda dan ternyata informasi mengenai produk Anda tidak jelas, ada kemungkinan pembeli akan memilih produk dari kompetitor lain.

Baca juga: Cara Membuat Caption di Instagram Agar Engagement Meningkat

3. Strategi Diskon Selalu Ampuh!

Siapa sih yang nggak tertarik dengan kata-kata “free”, “diskon”,” buy 1 get 1” dan sejenisnya?

Di mana pun itu, baik dalam bisnis offline maupun online, iming-iming diskon selalu mampu menarik perhatian banyak pembeli.

Apalagi menjelang Ramadhan dan Lebaran.

Pasti akan banyak yang menyerbu toko Anda.

Bahkan yang tadinya cuma mau lihat-lihat saja malah jadi membeli.

Berikan harga yang wajar untuk setiap produk Anda dan manfaatkan potongan harga yang benar-benar menggiurkan bagi pembeli.

Buatlah promo spesial Ramadhan atau Lebaran semenarik mungkin, jangan gunakan promo-promo yang sudah pernah Anda lakukan.

Seperti contoh: “Beli 3 set gamis, diskon 50%”

Atau Anda juga bisa menetapkan harga diskon untuk setiap produk yang Anda jual, entah itu 25%, 50%, dan sebagainya.

4. Strategi Promo Selalu Menarik

Nah, yang menariknya di bulan Ramadhan atau Lebaran.

Anda bisa menggabungkan berbagai macam produk yang bisa saling melengkapi.

Misalnya Anda menjual atasan muslim, cobalah gabungkan atasan muslim dengan rok/celana.

Lalu terapkan juga promo menarik untuk setiap pembelian paket gabungan tersebut.

Dan Anda juga bisa menetapkan potongan harga.

Misalnya harga satuannya selama ini adalah Rp 50.000 dan rok/celana seharga Rp 180.000, apabila Anda menggabungkannya, Anda bisa pasang harga promo menjadi Rp 200.000 dibanding yang seharusnya seharga Rp 230.000.

Menjelang Ramadhan dan Lebaran, dropshipaja.com juga mengadakan promo gila-gilaan sebesar 99 ribu.

Dan untuk pendaftarannya dibuka pada tanggal 15 sampai 22 April.

So, buruan join!

Ini tentu akan menarik pembeli untuk membeli produk Anda.

5. Promo Gratis Biaya Kirim

Satu hal yang membuat para pembeli semakin tergila-gila dengan toko Anda.

Tentu saja dengan adanya gratis biaya kirim.

Hal ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu peluang untuk menarik minat pembeli Anda yang lebih banyak lagi.

Misalnya, promo gratis biaya kirim setiap kali pembelian minimal Rp 300.000.

Atau coba metode regional, seperti berikan promo gratis biaya pengiriman khusus Jabodetabek dan sebagainya.

Nah, kalau di dropshipaja.com promo yang berlaku adalah gratis biaya kirim ke seluruh Indonesia.

Itu artinya keuntungan Anda semakin berlipat apabila Anda bergabung di dropshipaja.com.

Adapun contoh promo lain yang pastinya bisa Anda gunakan seperti memberikan voucher belanja dengan sistem poin yang dimana setiap poin yang terkumpul bisa ditukarkan dengan produk gratis dan sejenisnya.

Menarik bukan?

Anggap saja Anda seperti mengikuti pelatihan bisnis online.

Tapi yang jelas, meningkatkan penjualan bisnis online hanya bisa dilakukan apabila persiapan dan strateginya sudah matang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here