Kalau dibayangkan rasanya enak juga ya punya bisnis sendiri, apalagi bisnis online
Gak repot tuh buat pilih baju perharinya buat ke kantor
Terus nih ya nanti yang ngatur produknya, promosi, pemesanan, bikin toko onlinenya itu kita sendiri
Sebagai pebisnis pemula pasti udah mulai cari-cari produk yang mau dijual, cek toko sebelah buat referensi bisnis
Bahkan sampai tanya ke pebisnis lain bagaimana strategi untuk pebisnis online dan ada satu tips yang bikin mikir berkali-kali
“Saya bisnis ini gak pakai modal awalnya”
Bingung dong Anda pasti, karena mikirnya bisnis harus ada modalnya dulu baru bisa jalan
Terus kenapa bisnis tanpa modal bisa berjalan?
Apa strategi untuk pebisnis online yang mau memulai bisnis tanpa modal?
Bisnis bukan berarti harus menjual produk yang sudah ada nama/brand atau produknya sudah dikenal luas oleh masyarakat
Padahal tanpa brand terkenal pun Anda sudah bisa jualan dengan ciptakan brand sendiri yang penting Anda mau belajar bagaimana strategi untuk pebisnis online
Bisnis tanpa modal bukan berarti harus jualan barang, Anda juga bisa jualan jasa (jasa ketik, copywriter lepas, guru bimbel/mentor dan lainnya)
Tapi kalau tetap mau jualan barang juga bisa dengan cari supplier yang tidak perlu stok barang atau order dulu
Jadi nanti barangnya bisa langsung dikirim dari si supplier ke pembeli, Anda cukup ngurus pemesannya saja
Tapi pastikan kalau bisnis Anda adalah cara untuk membantu permasalahan mereka
“Nah, gimana bisnis online bisa tetap jalan, dikenal banyak orang dan laris manis?”
#1. Bisnis bisa jalan karena kontennya juga jalan
Gak mungkin kan setiap posting di toko online cuma produk dan tulisan aja, orang juga bakalan bosen
Itulah pentingnya Anda membuat bank konten agar beranda toko online terlihat segar (postingan selalu update)
Tahu gak dengan adanya bank konten ini membantu Anda untuk merencanakan jadwal postingan dalam satu minggu, jadi Anda gak bingung lagi perharinya bakalan post apa
Konten membantu untuk menarik perhatian dan minat pengunjung sehingga ada gerakan untuk membeli,
Buat cari referensinya coba masuk ke akun bisnis Anda, lalu lihat insightnya
Cek postingan dengan jumlah penonton paling tinggi yaitu 741.210, lalu klik untuk cek jumlah komen, like, dan sharenya
Pada postingan ini memiliki jumlah like 41rb, komen 459 dan share 3.608
Berarti banyak pengunjung akun Anda menyukai konten inspritif kisah sukses pebisnis, Anda bisa posting konten ini seminggu 2 kali misalnya
“Apa konten yang dipost cuma itu saja?”
Tidak dong!, strategi untuk pebisnis online banyak, salah satunya dengan mengajak pembeli untuk bikin konten, caranya gimana?
Gampang. ajak beberapa pembeli untuk kasih testimoni berupa kesan mereka setelah mencoba produk Anda (video atau foto)
Anda juga bisa bikin konten proses pembuatan produk, atau bikin konten tutorial step by step beli produk di toko Anda
Selain menuhin bank konten, konten ini bisa bikin rasa percaya pembeli lama atau pembeli baru makin besar
#2. Konten yang bernilai adalah strategi untuk pebisnis online
Konten itu sama kaya bisnis, tujuannya untuk menemukan masalah lalu mencari solusinya
Nilai yang dimaksud ini adalah informasi yang disampaikan melalui konten tersebut
Saat membuat konten pastikan di detik 4 – 8 pengunjung udah bisa menebak apa maksud dari konten itu
Misalnya target market Anda itu orang yang punya masalah dengan berat badan
Anda memberi sebuah solusi dengan menjual produk penurun berat badan
“Dapatkan tubuh detail dalam waktu 1 bulan”
Kebetulan produk Anda ini jenisnya minuman teh herbal, jadi gampang dikonsumsi dan bisa dikonsumsi buat teman sarapan
Gak cuma masalah waktu (efek produk) yang jadi keunggulan tapi bahannya juga
Bahan dari teh ini mengandung bahan herbal yang aman untuk diminum oleh remaja bahkan orang tua
Jangan terlalu memaksa bikin konten yang banyak tapi gak ada yang lirik
Misalnya, sosial media lagi trend pebisnis yang nunjukin produk jualannya, lalu diikuti oleh Anda
Anda langsung bikin aja tanpa lihat lagi kurangnya konten itu apa abis itu main post aja
Pas dilihat orang, memang mereka bakalan tahu Anda jualan produk apa
Tapi kurangnya dari konten Anda adalah Anda tidak sertakan cara untuk pemesanannya/tidak mencantumkan nama toko online
Jadi kalau ada yang tertarik bakalan bingung ordernya kemana dan gimana, soalnya info yang Anda berikan itu kurang
#3. Uang dapat merubah kenyataan
Tapi juga harus disertai faktor biar pembeli ngerasa uang dikeluarkan jelas untuk apa dan gak sia-sia
Salah satu faktornya adalah niche market. Niche market ini membantu banget buat Anda jualan produk biar lebih terarah
Niche market yang bisa Anda pakai di bisnis adalah:
- Produk kecantikan – make up – lipstik, bedak,
- Produk pelangsing – teh – teh detox herbal
- Olahraga – fitness – treadmill
Karena pada dasarnya manusia akan membeli suatu barang kalau ada uang, apalagi kalau barang itu adalah barang incaran
Sebaliknya, kalau ada barang incaran tapi gak ada uang ya gak bakalan dibeli
Jadi Anda harus pastikan kalau produk di toko online itu lengkap dari stoknya dan desainnya
Semakin banyak Anda stok produk dan desain semakin sering pula pembeli cek produk di toko Anda
Cara lainnya yang mungkin bisa dipakai, posting produk terbaru/produk terlaris di awal bulan
Rata-rata pembeli punya banyak uang di awal bulan karena baru saja gajian
Lalu manfaatkan juga flash sale, promo tanggal merah/hari raya, diskon potongan harga, gratis ongkir
Kalau ada pancingan kaya gini ada kemungkinan pembeli tertarik buat beli dengan jumlah yang gak sedikit
Pasti ada aja deh godaan pembeli mau beli ini itu kalau awal gajian soalnya dompet masih tebal, belanja udah gak lihat nominal lagi
#4. Pakai trik lama yaitu coba beralih dari gratis ke bisnis
Tujuannya sih untuk menarik minat calon pembeli biar mau beli nantinya
Kalau produk Anda barang bisa kasih contoh sampel produknya, kalau makanan kasih tester suruh cobain makanannya
Dari sini akan melihat kepercayaan dan kepastian dari calon pembeli dari apa yang sudah Anda lakukan
Selain itu dapat membangun kemampuan Anda terhadap produk sehingga pembeli yakin kalau itu memang keahlian Anda/sudah paham betul sama produk yang dijual
Kalau sudah gini Anda bisa memberikan penawaran menarik yang didukung oleh bukti atas apa yang sudah dilakukan, seperti menampilkan testimoni.
Awalnya memang sulit untuk ketika meyakinkan diri sendiri kalau bekerja secara gratis menghasilkan uang
Tapi Anda harus punya nyali besar untuk melakukan itu semua dan mau belajar
Yakin dengan kemampuan sendiri dan tetap konsisten sampai Anda melihat hasil dari kerja keras sendiri
Oh iya, perlu Anda tahu juga!
Sebagian bahkan semua calon pembeli suka dengan namanya gratis jadi gak ada salahnya untuk apresiasi tindakan mereka, kasih barang gratis (voucher belanja atau produk)
Jika dilakukan bisa bikin pembeli makin cinta sama toko online Anda
Tapi gak keseringan juga kasih gratisnya ya, dibikin jadwal aja sesuai promo yang sudah ditentukan
Anda juga bisa pelajari bagaimana teknik closing biar customer kebelet transfer
#5. Berani ambil resiko kewirausahaan
Kalau sudah memutuskan jadi pebisnis berarti Anda sudah punya dan berpegang teguh dengan rencana, tujuan, dan strategi untuk pebisnis online
Anda juga sudah siap dengan segala resiko yang datang dan siap cari jalan keluarnya
Perlu Anda tahu kalau jadi pebisnis bukan bergantung sama rekan bisnis
Tapi bergantung pada keterampilan Anda pada bidang tersebut
Semakin Anda mengasah keterampilan tersebut, akan ada kemungkinan jiwa kepemimpinan Anda akan terbentuk
Anda bisa banyak baca buku dunia bisnis, cek internet atau sosial media untuk melihat trend bisnis, ikut seminar, training, cari mentor buat memandu berbisnis
“Mana ada dari update skill ke bentuk jiwa kepemimpinan, aneh”
Loh kok aneh. emang bener kok bisa
Anda update skill pakai atur waktu, berarti Anda belajar memimpin waktu sendiri biar tidak ada waktu yang terbuang dan setiap waktu jadi berharga
Anda update skill pakai research, berarti Anda membentuk pola pikir pemimpin yang berilmu luas, jadi mau obrolin apapun Anda bakalan nyambung dan gak kudet (kurang update)
Kan nanti lihat pebisnis lain dan calon pembeli “ngikut di toko ini aja, yang jualan udah jago”
Tapi gimana kalau ada yang respon “halah ngomong doang, tapi produknya itu-itu aja”
Hayo siap gak dapat respon jelek kaya gitu dan sejenisnya?
Masalah ini sering dialami pebisnis lama atau baru, walaupun kualitas produk, layanan, dan lainnya sudah bagus
Jadi, perlu persiapan mental dan strategi untuk pebisnis online saat menjalankan bisnis online
Gak usah takut buat jawab karena Anda harus yakin kalau sudah paham betul dengan apa yang Anda jual dan yakin dengan kualitasnya, ini adalah strategi untuk pebisnis online yang harus banget dipraktekkan
Cukup mudah lah ya buat Anda coba, toh Anda sudah niat buat buka bisnis
Jadi niatnya harus di imbangi dengan tindakan biar kelihatan itu hasilnya
Pebisnis baru tiap waktu pasti ada jadi jangan takut untuk bersaing, semangat ya!
Anda bisa kok jadi salah satu pebisnis yang terpercaya di mata pembeli asalkan strategi untuk pebisnis online ini Anda terapkan
Dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke semua akun sosial media Anda ya