Bank menjadi primadona banyak entrepreneur sebagai lembaga pemodal usaha. Syarat mengajukan kredit usaha ke bank juga mudah. Anda cukup datang membawa copy KTP, KSK, legalitas usaha/surat keterangan usaha dari kelurahan, dan copy jaminan (BPKB/Sertifikat tanah/rumah) lalu Anda tinggal mengajukan pinjaman uang pada bank. Untuk pelunasannya bisa Anda cicil setiap bulan disertai dengan bunga pinjamannya.

Tapi apakah bank lantas memberi Anda pinjaman? Belum tentu. Ada kriteria 5C yang harus dicek pada Anda saat pihak bank melakukan survey pada usaha Anda. Jika Anda lolos kriteria 5C ini, maka bank akan memberikan pinjaman yang Anda inginkan.

Apa saja sih 5C yang harus Anda loloskan agar diberi pinjaman modal dari bank?

1) CAPITAL

Bank akan menilai, seberapa besar modal yang Anda perlukan untuk membangun bisnis Anda. Selain itu bank juga akan menilai, seberapa besar nilai perusahaan Anda. Hanya dengan melihat besarnya lokasi usaha saja, bank sudah bisa memprediksi, berapa nilai perusahaan Anda dan berapa modal yang perlu Anda pinjam sebenarnya.

2) CAPABILITY

Di sini bank akan menilai, apakah Anda mampu mengelola bisnis Anda dengan baik. Bank juga akan menilai apakah Anda bisa mengembalikan pinjaman kredit usaha hingga lunas. Tak hanya itu, bank juga akan memberikan penilaian, kira-kira berapa profit yang bisa Anda hasilkan dari bisnis Anda saat ini. Apakah profit tersebut cukup untuk membayar cicilan hutang bank?

3) CAPACITY

Di sini yang dinilai oleh bank bukanlah perusahaan Anda lagi. Tetapi Anda sendiri. Bank akan menilai siapa diri Anda. Apakah Anda orang yang layak mendapatkan pinjaman modal dari bank? Apakah Anda betul-betul pemilik bisnisnya, bukan utusan atau sekedar direktur yang digaji pemilik bisnis yang asli? Jika Anda berstatus karyawan di perusahaan tersebut (meskipun dengan jabatan direktur sekalipun), sudah bisa dipastikan bank tidak akan memberikan pinjaman tersebut.

4) CHARACTER

Dari sini bank akan menilai karakter Anda. Bank akan menilai apakah Anda pribadi yang cukup jujur dan amanah dalam memegang hutang? Apakah Anda pribadi yang pasti mengembalikan hutang jika dipinjami? Tak hanya itu, bank juga akan mengecek apakah Anda pernah terlambat membayar hutang? Lalu, pernahkah Anda terlibat kasus dengan perusahaan yang bermasalah dengan bank?

Jika ada jawaban “YA” pada dua pertanyaan terakhir, pihak bank akan langsung membuang berkas Anda dan membatalkan pengajuan pinjaman Anda.

5) COLLATERAL

Collateral di sini adalah jaminan yang bisa Anda pergunakan untuk disimpan oleh bank selama masa pelunasan hutang. Biasanya jaminan yang diminta adalah BPKB kendaraan bermotor atau sertifikat tanah/rumah. Jika bisnis Anda gagal di tengah jalan dan Anda tidak bisa mengembalikan hutang Anda, maka jaminan Anda akan langsung dilelang oleh pihak bank.

Besarnya jaminan juga tidak bisa ditentukan oleh kita, pihak calon peminjam modal. Biasanya pihak bank meminta jaminan yang taksiran nilainya 30% lebih tinggi daripada jumlah dana yang dipinjamkan. Jika nilai jaminannya setara atau lebih rendah daripada nilai uang yang dipinjamkan, maka pihak bank tidak akan berminat meminjamkan uangnya kepada Anda.

Ketika kita memutuskan untuk meminjam uang di bank sebagai modal, ada banyak hal yang harus kita pertimbangkan. Jangan sampai Anda terlambat membayar. Sekali Anda tidak melunasi hutang Anda di bank, maka nama Anda bisa masuk daftar blacklist Bank Indonesia yang berakibat Anda tidak akan bisa mengajukan jenis pinjaman apapun ke pihak kreditur atau bank lain.

Pinjam uang ke bank tidak melulu jadi cara mutlak dalam mendapatkan modal usaha, mengingat resikonya sangatlah besar. Terlebih jika Anda pengusaha baru, sebaiknya tidak meminjam uang ke bank sebagai modal. Carilah partner yang mampu memberikan Anda modal dan buatlah sistem bagi hasil untuk pembagian keuntungan, demi memperkecil resiko.

Dan selalu ingat, ketika Anda meminjam uang ke bank, maka sebenarnya semua resiko ada di tangan Anda. Ketika bisnis Anda gagal, Anda tetap harus membayar cicilan hutang. Ketika Anda tidak mampu membayar hutangnya, maka bank akan langsung melelang jaminan Anda kepada pihak lain.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here