Ada kalanya dalam meniti karir sebagai seorang entrepreneur, Anda harus menghadapi pergantian bisnis. Sebelumnya bisnis kuliner, sekarang jadi bisnis fashion. Sebelumnya bisnis property, sekarang bisnis kontraktor.

Wajar jika Anda harus berganti bisnis dalam kehidupan Anda, karena tidak semua bisnis menjanjikan. Tapi banyak juga loh orang-orang yang terjebak dalam kekalutan, tidak tahu apakah bisnis yang ia jalani sudah benar atau harus ditutup dan diganti model bisnis lain.

Tapi sebenarnya ada 4 faktor penting yang menentukan apakah bisnis Anda perlu ditutup dan  diganti yang lain. Di antaranya :

1. BISNIS TAK KUNJUNG PROFIT

Sebelum memulai bisnis, Anda pasti membuat perencanaan terlebih dahulu. Di perencanaan bisnis tersebut, Anda juga menentukan estimasi waktu, kapan bisnis Anda mulai balik modal (BEP) dan kapan bisnis Anda mulai menuai profit.

Tapi jika telah melewati batas waktu perkiraan BEP dan belum balik modal juga, Anda bisa mulai siaga untuk mengevaluasi bisnis Anda. Jangan-jangan ada yang salah dan bocor dalam bisnis Anda.

Lalu jika telah lewat jauh dari waktu estimasi BEP tapi bisnis Anda masih saja merugi, maka bisa jadi itu pertanda bahwa bisnis Anda tidak menjanjikan dan Anda harus ganti bisnis.

2. PANGSA PASAR TERUS MENURUN

Bisnis yang baik adalah yang pangsa pasarnya terus berkembang dan bertambah.Jika pangsa pasar Anda saat ini terus menurun, itu artinya Anda harus segera ganti bisnis. Tidak usah memaksa mempertahankan bisnis Anda.

3. ANDA TIDAK MEMILIKI PASSION SAMA SEKALI DI DALAMNYA

Jika Anda memiliki passion dalam bisnis Anda, Anda akan mengerjakan bisnis Anda dengan rajin, bersemangat, dan suka cita. Pun ketika terjadi kendala dalam bisnis Anda, Anda bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan cepat dan tidak mudah putus asa.

Lain halnya jika Anda tidak ada hati (passion) dengan bisnis Anda. Anda bakal malas-malasan mengerjakannya, bakal ogah-ogahan, dan mudah sekali didera putus asa ketika masalah datang.

Bisnis yang dijalankan dengan ogah-ogahan akan sulit sekali menjadi sukses. Jika Anda merasa sudah tidak ada hati lagi di bisnis Anda dan bisnis Anda tidak memiliki performa yang bagus, segera tinggalkan bisnis Anda dan beralih ke bisnis lain yang lebih Anda minati. Jangan tunggu sampai Anda jatuh bangkrut dulu.

4. BISNIS HANYA RAMAI DI WAKTU-WAKTU TERTENTU

Beberapa jenis bisnis hanya ramai di waktu-waktu tertentu. Seperti bisnis supply kembang api yang hanya ramai menjelang Idul Fitri dan tahun baru, atau bisnis supply pohon natal yang hanya ramai menjelang perayaan natal.

Saran saja, jangan jadikan bisnis musiman seperti ini sebagai penghasilan utama. Ketika sudah tiba musimnya, pembeli akan berdatangan sendiri. Tapi jika telah lewat musimnya, bisnis Anda akan sepi pembeli.

Anda boleh saja membuka bisnis ini ketika masanya tiba, tapi jadikan bisnis ini hanya sebagai tambahan pendapatan saja. Jangan dijadikan penghasilan utama.

Untuk penghasilan rutin dan utama Anda, carilah bisnis yang pangsa pasarnya terus ada dan tidak pernah surut. Plus tidak ada kendala dalam pengadaan stok produk.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here