Perkembangan dunia digital dan social media membawa banyak dampak dan perubahan bagi masyarakat. Selain memudahkan manusia untuk berbelanja, dunia online juga menjadi tantangan tersendiri bagi pengusaha. Pasalnya dengan semakin berkembangnya pengguna internet, semakin menjamur juga bisnis-bisnis yang mengiklankan produknya di dunia maya. Akibatnya, persaingan jadi makin ketat.

Dengan semakin banyaknya bisnis yang beriklan di internet, sesungguhnya menjadi keuntungan tersendiri bagi konsumen. Mereka jadi memiliki banyak opsi untuk dibeli. Mereka juga jadi memiliki banyak pertimbangan untuk membeli.

Tidak hanya sekedar faktor kebutuhan akan produk yang sedang mereka cari, tapi juga faktor harga, kemudahan pembayaran, dan beberapa faktor lain menjadi penentu keputusan seseorang apakah jadi membeli atau tidak.

Paling tidak, faktor-faktor berikut menjadi penentu apakah customer jadi membeli produk Anda atau tidak di dunia maya :

  1. KETERLIHATAN ONLINE SHOP

Orang lebih suka membeli dari online shop yang mudah ditemukan atau mudah terlihat. Karenanya Facebook dan Instagram menyediakan fitur pixel yang berguna untuk menayangkan kembali iklan Anda ke orang-orang yang pernah mengklik iklan/website Anda.

Faktanya, orang tidak akan memiliki banyak waktu untuk mencari-cari beragam online shop di dunia maya. Mereka lebih memilih membeli di toko yang sering mereka lihat atau sudah sering mereka dengar namanya.

2. HARGA

Selain faktor keterlihatan, harga juga menjadi pengaruh. Misalnya dalam satu waktu customer Anda melihat toko online Anda dan pesaing Anda, maka ia akan melakukan perbandingan harga. Toko dengan harga lebih murah akan dibeli terlebih dahulu.

Masalah harga ini masih menjadi hal yang sensitif bagi Indonesia. Masyarakat kita cenderung memilih produk dengan harga lebih murah. Yang lebih hemat lebih baik.

3. KEPRAKTISAN

Kepraktisan di sini mengacu kepada kemudahan customer untuk order dan membayar. Jangan bebani customer Anda dengan prosedur yang ribet. Jika mereka mengertinya order via Whatsapp, ya layani saja mereka via Whatsapp. Jika mereka lebih suka order lewat website, pastikan juga website Anda memiliki navigasi yang sederhana dan user friendly.

Dalam hal pembayaran juga demikian. Semakin banyak dan mudah opsi pembayarannya, customer semakin suka. Jika produk Anda memiliki harga yang tinggi, berilah kemudahan bagi customer untuk membayar dengan cara mencicil.

Jika Anda tidak berani menanggung uang yang tertunda karena cicilan, Anda bisa menggandeng lembaga keuangan pemberi kredit, seperti FIF, Adira, atau lembaga keuangan lainnya yang mau menangani masalah kredit/cicilan. Anda tetap mendapatkan hasil penjualan Anda secara utuh, dan customer akan membayar cicilan mereka ke lembaga yang memberikan mereka kredit.

4. DISKON DAN PROMO

Selain faktor harga, konsumen juga memperhatikan faktor diskon dan promo untuk penentuan keputusan membeli/tidak. Konsumen Indonesia sangat menyukai promo. Bahkan harga produk yang mahal pun bisa mereka beli jika sedang ada promo.

5. INFORMASI YANG MENARIK/BERGUNA

Selain keempat faktor di atas, faktor konten juga mengambil peranan penting. Tidak sedikit konsumen Indonesia mau melakukan transaksi pembelian karena menyukai online shop yang sering membagikan informasi menarik dan berguna untuk mereka.

Istilahnya, customer ini telah memiliki kepercayaan khusus kepada online shop tersebut. Karena sering membagikan konten menarik/berguna, kredibilitas online shop tersebut akan naik. Dan ini membuat customer makin percaya untuk membeli produk di online shop tersebut.

Karenanya, jika Anda mengelola bisnis Anda, jangan melulu hard selling. Selingi dengan memberikan konten-konten yang menarik. Selain untuk menjalin interaksi dengan customer Anda, diharapkan konten Anda bisa sering dishare oleh customer Anda, sehingga mampu menimbulkan efek viral.

 

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here