Sejak internet mendunia, hidup jadi seperti tanpa batas. Jika dulu manusia harus menunggu Koran atau majalah terbit dulu untuk membaca berita, sekarang orang bisa membaca berita secara real time di internet.

Begitu pula dengan pekerjaan. Jika dulu manusia harus melamar bekerja, melalui serangkaian tes dan interview, baru bisa bekerja, sekarang dengan bermodal internet, manusia bisa mendapatkan pekerjaan yang cocok untuknya.

Contohnya jika Anda seorang pengusaha dan Anda perlu merekrut tim untuk bisnis online Anda. Anda tidak perlu repot-repot membuka lowongan pekerjaan di Koran lalu mengetest mereka satu per satu. Bisa jadi tim Anda adalah orang yang Anda kenal lewat social media atau teman satu komunitas sendiri yang bersedia membaktikan tenaga dan otaknya untuk bisnis Anda.

Jika tim Anda berada satu wilayah dengan Anda, tidak jadi soal karena Anda mudah menemui mereka kapan saja. Lalu bagaimana jika tim Anda terpisah jarak? Anda di Surabaya, sedangkan tim Anda ada di Medan?

Coba ikuti tips berikut ini agar kinerja tim Anda dapat berjalan dengan lancar.

1) CARI ORANG YANG BENAR-BENAR KOMPETEN DI BIDANGNYA

Jika Anda memilih untuk merekrut tim dari luar kota, sebaiknya Anda pilih orang yang benar-benar ahli dan berbakat di bidang yang Anda butuhkan. Misalnya Anda perlu admin untuk mengurus social media toko online Anda. Maka Anda wajib memilih orang yang juga berbakat dalam mengelola social media.

Kenapa Anda perlu memilih orang yang benar-benar kompeten di bidangnya? Karena Anda tidak satu wilayah, dan Anda tidak mungkin melakukan training mengajari mereka untuk bekerja.

2) BUAT STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) YANG JELAS DAN DETAIL

Sebelum mereka Anda suruh bekerja, susunlah SOP yang jelas dan berikan kepada tim Anda. Nantinya tim Anda bekerja harus sesuai SOP. Jadi tim Anda tetap bekerja di bawah control Anda meskipun Anda tidak satu kantor dengan mereka.

3) JADWALKAN UNTUK PERTEMUAN RUTIN VIA WHATSAPP VIDEO ATAU SKYPE

Walaupun berada di luar kota, Anda tetap harus menjaga komunikasi dengan tim. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan meeting rutin via SKYPE atau Whatsapp Video Call. Jangan hanya berkomunikasi via email atau telp/SMS/Chat saja.

Anda tetap perlu bertatap muka dengan tim agar tetap terjalin hubungan personal.

4) PILIH ORANG YANG BENAR-BENAR KREDIBEL

Karena tim Anda berada di kota yang berbeda sehingga Anda tidak bisa memantau kinerja mereka setiap saat, maka Anda perlu memilih orang yang benar-benar kredibel dan bertanggung jawab. Jangan ragu untuk meminta rekomendasi dari relasi/network Anda.

Tips lain, Anda bisa mencoba mencari “The Right Man” dalam komunitas yang sama. Misalnya Anda mau mencari tim untuk video editor, maka carilah di komunitas video editor juga. Cari yang kira-kira memiliki skill paling bagus dan bertanggung jawab.

5) BUAT SURAT PERJANJIAN KERJA (MOU) SEBELUM PEKERJAAN DIMULAI

Ada baiknya sebelum mulai bekerja, Anda membuat surat perjanjian kerja dulu dengan calon tim Anda. Ini berfungsi untuk melindungi Anda dan tim Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Biasanya surat perjanjian berisi tentang rentang waktu kapan tim Anda mulai bekerja, apa saja job desc mereka, hal-hal apa saja yang harus mereka patuhi dan tidak boleh mereka langgar, beserta sanksi jelas bila terjadi pelanggaran terhadap isi dari surat perjanjian.

Terlihat simpel kan? Terkadang merekrut tim dari luar kota tapi sudah ahli di bidangnya itu lebih menghemat waktu dan biaya loh daripada Anda nekad mencari pegawai yang sekota tapi masih harus makan waktu untuk training mereka sebelum bekerja.

Nah, semoga tips di atas bisa jadi inspirasi dan berguna bagi kinerja bisnis Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here