Lebaran dan Ramadhan adalah dua momen besar di Indonesia yang dapat kita manfaatkan untuk menaikkan angka penjualan produk atau bahkan membuka peluang bisnis baru.

Meskipun masih 2 bulan lagi, tapi sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan diri Anda dan bisnis Anda menghadapi kenaikan permintaan produk menjelang lebaran.

Nah, apa saja yang perlu Anda perhatikan menjelang Ramadhan? Semoga tips di bawah ini bisa membantu.

1. SIAPKAN UNTUK MENAMBAH STOK PRODUK

Untuk mendapatkan penjualan yang meningkat, salah satu faktor penting adalah stok produk. Pastikan sejak sekarang Anda mau menambah stok produk hingga berapa pieces. Jika Anda masih bergantung pada supplier, pastikan bahwa supplier Anda memiliki kapasitas untuk melayani lonjakan permintaan selama Ramadhan.

Tapi ada baiknya juga untuk berjaga-jaga, Anda mencoba mencari supplier lain buat cadangan. Terutama jika Anda bermain sebagai dropship. Tidak lucu ketika Anda terlanjur menambah budget uang untuk marketing tapi ternyata stok produk Anda tidak mencukupi kebutuhan pasar.

2. SIAPKAN BUDGET UNTUK BERIKLAN ATAU MENAMBAH BUDGET IKLAN MENJELANG RAMADHAN

Saat Ramadhan nanti, permintaan pasar pasti bertambah, terutama jika bisnis Anda adalah bisnis fashion, snack, parsel, atau travel. Saat Ramadhan nanti adalah saat yang tepat untuk meningkatkan penjualan sebanyak-banyaknya. Jadi jangan ragu untuk menambah budget beriklan supaya Anda dapat menjangkau customer lebih banyak lagi.

3. SIAPKAN PAKET PROMOSI ATAU DISKON KHUSUS

Menambah budget beriklan tidak cukup untuk meraih customer lebih banyak. Karena saat Ramadhan dan Lebaran nanti, jumlah pesaing Anda juga sudah pasti meningkat. Agar Anda bisa memenangkan persaingan, coba dari sekarang mulai mempersiapkan paket promo dan diskon yang menarik yang bisa membuat customer tidak berpikir dua kali untuk beli di toko Anda.

Tips lain yang bisa Anda terapkan, cobalah beriklan mulai H-1 bulan Ramadhan agar customer ada waktu teredukasi dengan bisnis Anda. Waktu satu bulan rasanya sudah cukup untuk beriklan memperkenalkan produk Anda, sehingga saat Ramadhan tiba, Anda tinggal panen orderan.

4. PUNCAK KERAMAIAN ORANG BERBELANJA ONLINE ADALAH MINGGU KE-2  DAN KE-3 RAMADHAN

Di saat seperti ini, siapkan stamina dan fisik Customer Service untuk melayani lonjakan customer. Jika perlu, Anda bisa menambah jam online toko Anda. Misal dari yang semula hanya buka jam 08.00-17.00, sekarang Anda bisa memperpanjang jamnya hingga jam 21.00.

Oh iya, saat Ramadhan, orang-orang sudah bangun sejak jam 2 pagi. Kebiasaan masyarakat kita saat baru bangun tidur adalah mengecek HP dan social media. Nah, mungkin Anda juga bisa membuat promo khusus untuk melayani customer yang order di jam-jam sahur.

5. WAKTU PALING AKHIR UNTUK PENGIRIMAN BARANG

Saat mendekati Ramadhan, sudah pasti ekspedisi bakal kebanjiran kiriman paket dan pengiriman bisa molor. Biasanya pengiriman bakal molor ketika H-14 Idul Fitri hingga H+7.

Anda bisa mengedukasi customer Anda agar segera order di minggu-minggu awal Ramadhan agar paket mereka tidak terlambat sampai di tujuan.

Oh iya, banyak juga loh ekspedisi yang tutup saat libur cuti bersama Lebaran, seperti POS dan JNE. Jadi jangan lupa untuk mengirimkan paket-paket customer paling lambat di hari terakhir sebelum cuti bersama dimulai.

MA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here