Apakah Anda pernah menerima email setelah mendaftar di salah satu website?

Atau saat membeli produk di marketplace dapat notifikasi email?

Hal itu disebut dengan email marketing.

Email marketing ini bertujuan untuk mempromosikan atau memasarkan suatu produk bisnis tetapi pendekatannya melalui surat elektronik.

Kenapa surat elektronik? karena nantinya akan terkesan komunikasi dua arah penjual dan pembeli, walau sebenarnya email tersebut dikirim ke banyak orang.

Sekarang waktunya Anda berkenalan dengan namanya email marketing, karena siapa tahu Anda tertarik untuk menambah platform pemasaran via email marketing.

Email Marketing Itu Apa?

Email marketing salah satu layanan untuk mempromosikan produk jualan semakin luas dan semakin banyak yang kenal dengan produk jualan Anda.

Email marketing adalah cara yang paling efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan Anda dan mengarahkan mereka menjadi pelanggan setia Anda.

Jadi, Anda kumpulkan email konsumen yang pernah ikut belanja atau daftar di toko online Anda.

Misalnya ada pendaftaran di website Anda atau promosi produk gratis, konsumen yang ikut harus daftarkan diri mereka dan wajib cantumkan email.

Buka website yang ingin Anda daftar sebagai reseller, ketik linknya di kolom pencarian

Scroll halaman ke bagian bawah cari kolom daftar, pada gambar dibawah ada kotak hijau “Mulai Jualan” lalu klik untuk daftar

Nanti akan muncul form pendaftaran, lalu masukkan data diri Anda (Nama dan alamat email)

Pastikan data Anda sudah benar, kalau sudah klik kotak hijau.

Setelah itu Anda akan mendapatkan notifikasi berupa email yang memberitahu kalau data diri Anda sudah terdaftar

Di email tersebut terdapat perkenalan awal yang dilakukan perusahaan kepada pendaftar. ada cerita singkat tentang latar belakang si pengusaha dari awal merintis karir hingga sukses

Selain itu ada misi perusahaan dan ajakan untuk mendapatkan email baru beberapa hari kedepannya

Email lanjutan menceritakan kisah inspiratif untuk memotivasi, tips bisnis online dan lainnya

Dari sini Anda akan mendapatkan email konsumen lalu kumpulkan dan jadikan satu dalam list email konsumen.

Kegiatan pemasaran digital yang dimulai dari mengumpulkan email, lalu mengirim email secara massal ke orang yang sudah masuk list, email berisi informasi produk atau promosi.

Hal ini bertujuan untuk mendatangkan penjualan dari pembeli lama maupun pembeli baru.

Promosi pakai email salah satu usaha yang masih dilakukan di dunia digital marketing.

Selain membantu bisnis berkembang dengan baik alasan lainnya adalah:

  • Hemat biaya tapi hasil maksimal

Membuat email marketing hanya membutuhkan laptop atau smartphone dan kuota internet untuk membuat akun email

selain itu email marketing merupakan salah satu channel pemasaran yang murah, 

Karena Anda sebagai pemilik bisnis lebih bisa me-manage pelanggan Anda dengan baik tanpa harus mengeluarkan uang lagi untuk mendapatkan pembeli baru yang tentunya butuh cost lebih banyak

Biaya pemasaran pakai email marketing untuk promosi bisnis, bisa ditekan serendah mungkin. 

Anda hanya perlu menyiapkan konten tepat sesuai materi promosi. 

Email juga memungkinkan Anda membuat konten bervariasi, seperti newsletter, kupon diskon, berbagi media foto dan video, atau akses media sosial bisnis Anda.

Contoh email marketing yang bisa Anda gunakan Adalah mengajak konsumen untuk memberi respon mengenai layanan bisnis Anda

Gambar diatas salah satu email marketing dari marketplace Lazada yang menanyakan respon konsumen terhadap layanan yang diberikan

Dari email ini akan timbul interaksi dua arah (Anda dan konsumen) sehingga Anda tahu betul apa yang membuat pelanggan puas dan apa yang tidak disukai dari bisnis Anda

Hal ini bisa jadi evaluasi Anda untuk menjadi lebih baik dan berkembang

Coba kreatif dalam memadukan beberapa media dan perbarui tampilan email secara berkala. 

Di sisi lain, pemasaran melalui email bisa terintegrasi dengan kanal pemasaran lainnya. 

Anda dapat memakai konten email untuk posting di media sosial tanpa perlu mengulang pembuatan konten.

Murah kan? gak perlu repot keluar biaya print kertas berlembar-lembar untuk survei

Gak capek harus datang ke pelanggan satu-satu, cukup kirim via email dan tunggu balasan yang masuk

  • Dinilai lebih profesional oleh konsumen

Pebisnis yang mencantumkan alamat email di profil toko online atau website, biasanya menjadi nilai tambah tersendiri bagi konsumen.

Email dikenal sebagai perantara komunikasi yang lebih formal daripada kirim pesan melalui SMS atau media lainnya.

Dan juga melalui email pebisnis bisa mencantumkan beberapa file atau media lain yang sekiranya penting untuk dicantumkan.

Konsumen akan menilai bahwa Anda sebagai pebisnis sudah ahli dalam menangani konsumen, paham dalam menyampaikan suatu informasi ke konsumen

Trik agar email marketing Anda terlihat profesional:

  • Tambahkan logo

Tanda merah merupakan logo perusahaan yang diselipkan di email

Orang cenderung mengingat suatu brand dari logo, dan inilah alasan Anda membutuhkan suatu logo. 

Tapi jika menurut Anda terlalu mahal untuk meminta seseorang membuat logo pada brand Anda, paling tidak Anda sudah memiliki nama perusahaan untuk  memudahkan pelanggan untuk mengingat Anda.

Saat Anda mendesain email, pastikan logo berada di posisi paling atas. Sehingga akan menjadi hal pertama yang dilihat oleh pelanggan saat membuka email.

  • Pilih warna

Logo diatas memiliki simbol A yang menggunakan warna kuning dan orange, dan untuk nama perusahaan menggunakan warna hitam

Selain logo, biasanya warna menjadi ciri khas suatu brand, tapi Anda tidak perlu terpaku dengan hal ini, karena warna dapat berubah setiap waktu. 

Biasanya warna dapat berubah sesuai dengan momen tertentu.

  • Gunakan font yang konsisten

Berbeda dengan font, Anda harus konsisten saat pakai font. 

Menggunakan banyak font dalam email Anda akan membuat email tampak berantakan dan membingungkan pelanggan.

  • Tambahkan visual

Konten email diatas menambahkan satu visual yaitu gambar anggota komunitas yang sedang mengadakan pertemuan

Email Anda tidak boleh hanya berisi teks, Anda dapat menambahkan gambar. 

Tapi ingat juga, jangan menggunakan terlalu banyak gambar, seimbangkan antara teks dan gambar.

  • Jangan lupa relevan link

Kolom merah merupakan link yang digunakan untuk mengarahkan pembaca ke website yang dimaksud pengirim

Saat mengirim email akan jauh lebih baik jika pelanggan tidak hanya sekedar melihat, membacanya, lalu selesai, buat mereka melakukan sebuah tindakan,

Misalnya dengan menambahkan link menuju website Anda atau link social media Anda. 

Hal ini akan membuat mereka secara lebih dalam terhubung dengan Anda dan memahami apa yang sebenarnya Anda tawarkan.

  • Komunikasi dengan konsumen lebih personal

Email marketing dikenal bersifat personal untuk berkomunikasi dengan pelanggan 

Tidak sembarang orang atau perusahaan mendapat suatu alamat email. 

Jika mendapatkan alamat email pun mereka mengirim sebuah pesan berdasarkan izin dari pengguna email yang tertuju.

Misalnya ada produk baru, lalu dapat email notifikasi email yang isinya info singkat produk apa saja yang lagi promo

Kalau pembaca berminat tinggal klik ‘Beli Sekarang’ nanti dialihkan ke website untuk membeli

Kalau sudah melakukan transaksi pembelian akan mendapatkan email notifikasi untuk langkah selanjutnya

Biasanya email ini di dapat oleh pelanggan baru yang baru daftar di marketplace atau toko online via website

Nanti di email pelanggan akan diminta konfirmasi untuk menyetujui  mendapatkan email baru jika ada informasi produk dan lainnya

Beda lagi kalau orang ini memilih untuk menolak atau tidak melanjuti adanya email baru nantinya

Orang-orang nantinya akan masuk ke daftar orang yang tidak mau membeli atau menyewa jasa atau produk Anda

Jadi ada baiknya buat noted atau tombol untuk menolak email baru, agar nantinya tidak ada spamming di kotak email yang membuat mereka risih atau tidak nyaman

Di beberapa perusahaan memasang fitur unsubscribe, fitur ini digunakan untuk menghentikan adanya email baru yang akan masuk nantinya

Perhatikan tanda panah merah, klik tombol itu untuk menghentikan email baru masuk

Jika Anda berubah pikiran ingin dapat email baru lagi, yang perlu dilakukan adalah daftar ulang di website tersebut

  • Efektif

Dengan email marketing, pemasaran Anda jauh lebih efektif karena menawarkan barang kepada orang yang memang telah percaya kepada Anda. 

Terbukti dari memberikannya email mereka kepada Anda yang artinya mempersilahkan Anda untuk masuk ke dalam inbox mereka.

Semakin banyak orang yang membuka email dari Anda maka kemungkinan besar pemasaran yang Anda lakukan berhasil 

Buatlah headline email yang menarik, maksudnya headline itu benar-benar mencerminkan tentang kondisi atau keinginan pembaca.

Contoh, Dropshipaja.com membuat pemasaran di email marketing 

Headline “PHK bukan akhir dari segalanya”

Ini digunakan untuk menggambarkan kondisi dunia kerja saat ini, dimana banyak perusahaan yang memutuskan untuk mengurangi pegawai karena pemasukan yang minim akibat pandemi

Banyak pegawai yang terpaksa di PHK maka Dropshipaja.com mengambil perhatian audiens dengan headline seperti itu 

Audiens yang di PHK saat membaca hal ini akan berfikir “oh ini yang lagi saya rasain/alami”

Dari situ audiens akan tergerak untuk membuka isi email dengan harapan ada solusi yang ditemukan setelah baca email itu

Alasan headline dibuat seperti itu untuk menyadarkan audiens kalau ada kesempatan dimana dan kapan-pun, audiens bisa mencoba hal lain demi survive di segala keadaan

Dropshipaja.com memberikan kesempatan bagi mereka yang masih cari pekerjaan dengan memulai bisnis online dengan sistem dropshipping

Disana Anda akan diajarkan gimana caranya untuk memulai bisnis online sebagai reseller atau dropshipper, cara pemasaran, disediakan produk jualannya dan lainnya

Sehingga Anda yang kena PHK ini punya semangat lagi untuk kerja kembali dengan suasana dan hal yang baru

Selain headline isi email (kotak merak kedua), harus disesuaikan dengan headline agar mendukung jadi audiens lebih percaya

Isi email juga jangan bertele-tele. Buat email dengan isi yang to the point dan detail jadi pembaca mudah paham maksudnya itu apa

Menurut penelitian Radicati Group, lebih dari 34% orang di seluruh dunia menggunakan surat elektronik semacam email. Jumlah jelasnya sekitar 2,5 miliar orang. 

Jumlah pengguna email ini diperkirakan akan meningkat menjadi 2,8 miliar pengguna dalam 2 tahun ke depan..

Email marketing pada dasarnya sama dengan email pada umumnya, sedangkan perbedaannya ada pada tujuan isinya yang bersifat persuasif (membujuk).

Kegunaan Email Marketing

  • Informasi cepat dan praktis

Jika melakukan penawaran atau promosi suatu produk lewat media surat pos tentu dianggap tidak praktis dan membutuhkan waktu lama dibanding email. 

Adanya email marketing dapat mempermudah segala hal termasuk menjangkau para pelanggan secara mudah dan cepat pula karena menggunakan email yang langsung dapat diterima dimanapun anda berada.

  • Mudah dibagikan

Adanya email marketing, membuat para pelanggan dapat berbagi segala penawaran produk serta membagikannya kepada teman-teman yang lain. 

Pelanggan yang berbagi email, bertindak sebagai pendukung dari merek produk anda. 

Ini adalah sebuah keuntungan yang membuat pelanggan anda terus bertambah seiring waktunya.

  • Karakteristik pelanggan bisa disesuaikan

Dengan metode ini, Anda bisa melakukan segmentasi daftar dan penargetan demografis calon pelanggan sesuai produk yang hendak dipasarkan. 

Ketika suatu produk dipasarkan kepada calon pelanggan yang tepat, peluang mereka membeli produk itu juga lebih tinggi. 

Dari situ Anda akan lebih mudah membangun hubungan lebih personal dengan pelanggan, yang akhirnya akan mendorong keterlibatan lebih intens. 

Jika satu strategi belum membuahkan hasil manis, Anda cukup melakukan evaluasi dari target audiens yang hendak disorot.

Perhatikan gambar diatas! 

Email tersebut dibuat disesuaikan dengan karakteristik pelanggan yang lahir dibulan Juni

Jadi Anda bisa pakai konsep ini saat buat konten email

Misalnya ulang tahun perusahaan Anda itu bulan Juni lalu Anda berinisiatif untuk membuat promo produk bulan Juni

Pelanggan yang berulang tahun di bulan Juni akan punya kesempatan menikmati promo potongan harga produk

Ini kemungkinan akan ada peluang peningkatan penjualan berkat seseorang yang lahir di bulan Juni karena yang lahir bulan Juni akan memanfaatkan kesempatan seperti ini. 

  • Dapat membangun hubungan dengan pelanggan lama

Kalau ada email konsumen yang sudah lama tidak Anda kirimkan pesan tidak ada salahnya untuk mencoba kirim sekali lagi

Siapa tahu nantinya konsumen masih mau untuk merespon email tersebut

Biasanya email yang sudah lama tidak dikirimkan pesan merupakan pelanggan lama

Sekarang cobalah tambahkan di list email beberapa email dari pelanggan lama lalu kirimkan email kembali

Email bisa perkenalan awal kembali, promo produk, info produk baru dan lainnya

Kesempatan kaya gini perlu dilakukan karena tidak menutup kemungkinan pelanggan lama Anda akan kembali lagi dan membeli salah satu produk Anda

  • Membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan

Mencari calon pelanggan dan pelanggan baru itu mudah, tetapi mempertahankan loyalitas pelanggan tidak selalu mulus. 

Email bisa menjadi salah satu alat untuk membangun hubungan jangka panjang Anda dengan pelanggan.

Caranya, sampaikan pesan secara konsisten, menarik, dan punya nilai manfaat, sehingga mereka menaruh kepercayaan pada produk Anda untuk waktu lama. 

Bukan sekadar membeli produk Anda hari ini saja, tetapi meyakinkan mereka untuk selalu kembali membeli produk Anda di kemudian hari.

  • Mendorong Audiens Menjadi Pelanggan

Menulis konten email pemasaran memang tidak bisa asal-asalan. 

Anda perlu memperhatikan detail isi pesan dan sertakan tombol call to action yang akan mendorong penerima email mengikuti tautan ke landing page atau media sosial bisnis Anda. 

Lalu, perhatikan hasilnya dan coba evaluasi strategi pemasaran yang telah dilakukan. 

Dari sini Anda bisa melihat seberapa efektif konten tersebut mengonversi audiens menjadi pelanggan yang mampu menciptakan penjualan dan meningkatkan penghasilan bisnis.

  • Kerjasama dengan pelanggan

Adanya email marketing, membuat pengusaha dapat berinteraksi lebih dalam dengan pelanggannya. 

Anda bisa menjalin hubungan yang baik serta saling memberikan saran yang membangun untuk perkembangan bisnis online anda. 

Email yang anda kirimkan tidak hanya dalam bentuk penawaran atau promosi saja, Anda dapat memberikan beberapa tips atau informasi penting dengan cara yang lebih mudah.

Jenis-Jenis Email Marketing

Sebelum membuat email pemasaran, Anda harus tahu dulu jenis pesan apa saja yang sering dikirim ke konsumen.

Jenis ini berguna untuk Anda dalam menentukan konten pesan apa yang nantinya ingin dikirim

Jadi Anda bisa membuat jadwal pesan, dalam sehari ingin pesan seperti apa yang akan dikirim ke pelanggan

Semakin beragam jenis konten yang akan dikirim bisa menghilangkan rasa bosan pelanggan saat baca karena jenis pesan yang diterima pelanggan berbeda jenis setiap harinya.

  • Informasi

Dalam email tentu saja Anda dapat menggunakannya sebagai tempat informasi kepada konsumen Anda, 

seperti : informasi tentang perusahaan Anda (Company Profile), lowongan pekerjaan, maupun business event.

contoh simpelnya, saat Anda mendaftar atau membeli produk pertama kalinya nanti ada email sapaan untuk member baru sebut saja namanya ‘email kenalan’

  • Edukasi

Edukasi bisa menjadi topik menarik bagi pelanggan email Anda. Mengapa? 

Karena biasanya kita menggunakan internet, untuk kepentingan informasi dan edukasi. 

Anda bisa memasukkan konten ke dalam email yang anda kirim tentang artikel “Bagaimana Caranya…”, atau bisa juga dengan memasukkan email yang bernuansa tips and trick. 

Namun tentunya jangan memberikan edukasi yang terlalu umum. 

Terkadang perlu juga untuk memberikan edukasi yang menarik seperti fun fact, DIY (Do It Yourself) tips dan sebagainya.

Atau Anda bisa memanjakan pelanggan dengan kasih E-Book gratis

  • Inspirasi

Kadang ada saja orang yang susah dapat inspirasi, padahal sudah cari cara dari baca buku, dengar musik, akses video di internet, lihat karya orang lain dan lainnya tapi masih kurang

Nah, sebagai pebisnis yang pengertian bolehlah sekali-kali Anda kasih email marketing dengan tujuan kasih inspirasi ke pelanggan Anda

Semua orang butuh inspirasi. Maka dari itu, sebaiknya Anda pun menyisipkan konten tentang sesuatu yang dapat menginspirasi konsumen yang terdaftar pada email anda. 

Seperti apa? Contohnya, Anda bisa mengirimkan kisah inspiratif atau video inspirasional kepada konsumen Anda

Anda bisa kasih cerita dari pengalaman bisnis Anda, pilih yang sesuai dengan target market misalnya anak kuliahan yang butuh uang tambahan

Kasih tahu pengalaman Anda gimana, kendalanya apa, dan cara atasinya gimana

Kemas cerita ini dengan singkat tapi detail dan pakai bahasanya jangan terlalu baku pakai yang santai saja

Contoh: Kuliah gitu-gitu aja, gak jauh-jauh dari masuk kelas, ketemu teman & dosen, makalah, presentasi, dan UKM. 

Bosen kan? sama

Makanya saya coba cari kegiatan lain tapi menghasilkan uang. 

Ikutan bisnis online, modal gratis tapi tetap laris

Sekarang giliran kalian yang coba

Hal kaya gitu bisa dicoba, jadi pas mahasiswa baca di kalimat pertama mereka pasti ngerasa 

“Oh iya bener”

Yang langsung bilang gini pasti ciri-ciri mahasiswa semester akhir yang  terlalu bosan dan bingung mau ngapain, ada kemungkinan dia baca sampai akhir dan ikutan coba bisnis itu

  • Connection

Tidak hanya menghubungkan antara Anda dengan konsumen saja, akan tetapi Anda juga bisa menghubungkan konsumen Anda dengan tokoh atau organisasi lain yang berhubungan. 

Misal, Anda bisa mengajak konsumen anda untuk berdonasi untuk orang lain atau mengajak mereka bergabung pada kegiatan sosial.

Atau lebih bagus lagi kalau bisnis Anda punya komunitas lalu Anda arahkan pelanggan kesana

Tujuannya agar pelanggan Anda punya teman sharing dan pengetahuan tentang bisnis semakin luas dan jaringan bisnisnya juga luas

  • Promosi

Email marketing selalu identik dengan promosi. 

Tujuan utama dari email marketing memang untuk promosi dan menjual sesuatu. 

Tapi tentu saja, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Maka, bijaklah dalam berbisnis.

Contoh promosi di email marketing:

Anda bisa mencontoh konten di atas, jadi buat promo untuk memperingati hari jadi

Misalnya hari ulang tahun bisnis Anda, buat promo menarik seperti potongan harga

Jika dilakukan ada kemungkinan penjualan Anda lebih meningkat dari sebelumnya, karena tidak menutup kemungkinan konsumen tidak akan membeli apalagi konsumen berjiwa diskon pasti gerak cepat

Jangan lupa sertakan syarat & ketentuan, misalnya minimal transaksi berapa, produk apa saja yang promo dan lainnya

Tips Memakai Email Marketing

Sekarang akan mulai ke tahap tips pakai email marketing agar email yang dikirim bisa tersampaikan sesuai target dan mencadaptkan feedback atau setidaknya email Anda telah dibaca oleh si penerima

#1. Selain itu anda juga perhatikan konten email yang dikirim

Tujuan email agar subcriber memahami informasi yang Anda kirimkan ke email mereka. 

Untuk memudahkan Anda membuat konten email, konten email dibagi menjadi 3 bagian

  • Headline

Apa yang Anda tawarkan ke pembaca

  • Isi email

Keterangan bagaimana ‘headline’ dapat membantu pembaca

  • Call to action

Beritahu apa yang selanjutnya harus dilakukan oleh pembaca

perhatikan gambar diatas

email tersebut berisi ajakan ke pembaca untuk bergabung di Dropshipaja 99K bagi pembaca yang ingin berbisnis online

call to action yang dilakukan adalah mengarahkan pembaca ke form daftar dengan cara klik tombol merah bertuliskan “Klik di sini Untuk Daftar DropshipAja”

#2. Lakukan segmentasi pada penerima email

Salah satu alasan penerima email akan membuka dan membaca konten nya, karena judul dan isi email tersebut sesuai dengan apa yang mereka butuhkan dan inginkan.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Lyris, 39% marketer yang melakukan segmentasi target penerima email memiliki email open rate yang lebih tinggi, 

28% memiliki tingkat kehilangan pelanggan yang lebih rendah, dan 24% memiliki tingkat penjualan yang lebih tinggi.

Anda juga bisa melakukan segmentasi target penerima email berdasarkan, perilaku mereka, status pelanggan, lokasi geografis, tahapan dalam mengenal perusahaan atau produk atau jasa perusahaan, jenis produk atau jasa apa yang mereka tertarik dan butuhkan, dan lain sebagainya.

Segmentasi target penerima email ini akan membantu untuk bisa mengirimkan isi konten email yang tepat sesuai segmen mereka. 

Dengan demikian, email yang Anda kirimkan kepada target penerima email akan lebih personal.

#3. Waspada email masuk ke folder spam

sangat disayangkan kalau konten email yang sudah dibuat tapi tidak ada feedback atau respon dari penerima, bahkan tidak dibuka sama sekali

jika terjadi, bisa dipastikan email yang Anda kirimkan kepada target penerima email masuk ke folder spam secara otomatis

Untuk memastikan agar email yang Anda kirim tidak masuk ke dalam folder spam para penerima email secara otomatis, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dan dilakukan:

  • Pastikan Anda tidak mendapatkan daftar email yang akan menjadi target penerima email tanpa persetujuan pemilik email, atau Anda membeli daftar email dari para penyedia daftar email berbayar.
  • Pastikan Anda mendapatkan daftar email yang akan menjadi target penerima email dengan cara yang benar, yaitu menyediakan menu subscribe pada website Anda.
  • Kirimlah email dengan menggunakan IP Address yang belum pernah digunakan untuk melakukan email spam oleh orang lain.
  • Kirim email dengan menggunakan domain yang sudah diverifikasi.
  • Beritahu para target penerima email untuk memasukkan alamat email yang Anda pakai agar mengirimkan email ke dalam whitelist pada address book mereka.

#4. Ciptakan judul yang menarik

Penerima email akan memutuskan untuk membuka dan membaca sebuah email berdasarkan judul email dan beberapa kalimat pertama isi email yang mereka baca. 

Keputusan itu mereka buat kurang dari tiga detik saja saat membaca judul dan beberapa kalimat pertama isi email Anda. 

Pastikan dalam tiga detik pertama, judul email Anda berhasil menarik perhatian pembaca untuk membaca isi konten email tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat judul email dan sejumlah kalimat pertama dalam body email:

Buatlah judul email yang membuat pembaca merasa penasaran. 

Biasanya, judul yang berupa kalimat tanya akan lebih mudah membuat pembaca merasa penasaran. 

Apalagi, apabila kalimat tanya tersebut menanyakan problem atau hal yang sering mereka alami.

  • Hindari penggunaan kosa kata yang terlalu sulit dimengerti oleh kebanyakan orang.
  • Gunakan angka statistik. Selain kalimat tanya, angka statistik juga membuat pembaca email anda merasa penasaran. 

Sebagai contoh: “30% orang Indonesia sudah menjadi pelanggan kami, apakah Anda sudah termasuk salah satunya ?”.

Buat isi email seakan hanya mengirim ke satu orang

Email yang isi kontennya personal cenderung akan lebih banyak dibaca oleh penerimanya daripada email yang terkesan generik. 

Memang betul, pada kenyataannya, satu email yang Anda kirimkan akan diterima oleh lebih dari satu orang penerima email. 

Namun, apabila menggunakan gaya bahasa yang tepat dan konten yang tepat sasaran, email Anda akan terasa ditulis dan dikirimkan hanya kepada satu orang saja oleh pembaca email anda.

Untuk dapat melakukan personalisasi isi email dengan baik, Anda bisa sering melakukan survei ataupun berkomunikasi one-on-one secara langsung dengan para calon pelanggan atau pelanggan anda.

Konten email yang terkesan personal bisa menceritakan tentang pengalaman pribadi Anda seperti curhat (curahan hati) 

Anggap penerima email ini sebagai teman dekat jadi Anda dengan leluasa akan menceritakan pengalaman yang akan dibagikan

Anda juga bisa pakai bahasa sehari-hari yang terkesan santai jadi pembaca bisa lebih cepat paham maksud cerita Anda

Sekarang Anda sudah mengetahui Tips Pakai Email Marketing untuk pemasaran bisnis Anda.

Sekarang waktunya Anda mencoba agar lingkup bisnis Anda semakin luas

Jangan lupa tentukan target penerima email dengan baik dan benar sebelum akhirnya email tersebut dikirim

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi dropshipper pemula.

Dan jangan lupa untuk membagi artikel ini ke semua sosial media yang Anda punya.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here