AIDA itu apa?
Seperti yang saya sudah dijelaskan dalam artikel Copywriting Mengundang Pengunjung ke Toko Online
Sekarang saatnya bahas konsep AIDA dengan menggunakan beberapa contoh pemasaran Dropshipaja
AIDA singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Kalau bahasa Indonesia artinya atensi, ketertarikan, keinginan, dan aksi (keputusan)
AIDA dikembangkan oleh seorang pengusaha Amerika dan digunakan sejak akhir abad ke-19 oleh E. St. Elmo Lewis.
AIDA diperkenalkan tahun 1898, secara khusus mengacu pada interaksi antara penjual dan pembeli tentang produk.
Dulu AIDA dipakai untuk brosur, televisi, radio, atau iklan koran.
Sekarang AIDA dipakai untuk website, email, sosial media, dan paid ads (Google Ads dan Facebook Ads)
Keempat teknik tersebut menjadi inti penting dalam membuat sebuah pemasaran yang efektif dalam menggaet konsumen.
AIDA bisa mengubah halaman kosong di layar komputer menjadi sesuatu yang bisa menarik perhatian sampai membuat orang lain mengambil tindakan.
Tahap pakai AIDA di tulisan Anda
- Attention
Menurut penelitian SilverPop tahun 2013, Anda harus bisa menangkap perhatian pengunjung dalam waktu 8 detik atau kurang
Sedangkan manusia mengedipkan mata tiap 4 detik, artinya kalau Anda tidak mendapatkan perhatian dalam 2 kali kedipan mata, mereka akan langsung pergi begitu saja.
Tarik perhatian mereka melalui:
- Headline/Judul
Buat headline yang bikin penasaran dan memancing orang untuk membuka email Anda atau klik link yang tersedia.
Anda bisa membaca beberapa cara membuat headline yang menarik
Tapi jangan membuat headline yang tidak sesuai dengan isi copywriting Anda.
Misalnya, headline Anda “Kenali Produk Custom Untuk Bisnis Online”
Berarti isi copywritingnya harus jabarkan deskripsi produk dari bahan yang dipakai, jenis produknya, ragam desainnya dan lainnya
Kalau tidak, nanti orang sudah gak tertarik duluan karena tulisannya gak nyambung dan kepercayaan pembaca akan hilang.
Contoh headline DropshipAja.com yang menarik,
Iklan ini punya engagement untuk like sekitar 6.5 ribu, komen 1.2 ribu dan share 123
Iklan memberikan informasi mengenai buku jualan online yang nantinya segera dijual ke mereka yang ingin belajar bisnis online atau mengembangkan bisnisnya
Hal yang menarik perhatian pembaca adalah Stock Terbatas dan Buku Best Seller Gratis
Stock terbatas membuat pembaca beranggapan kalau buku diproduksi dengan jumlah sedikit dan belum tahu kapan diproduksi kembali
Lalu merubah pikiran pembaca kalau buku ini gak cuma 1 atau 5 orang tapi puluhan bahkan ribuan yang mau beli
Buku best seller gratis pasti sudah banyak dibeli bahkan dibaca oleh banyak orang dan terkesannya buku ini sudah ampuh teruji keberhasilannya
Kata tambahan gratis membuat kesan “sekarang kesempatan gua untuk baca dan terapkan ilmunya” atau “buku bagus terus gratis kenapa enggak?”
- Gambar
Anda bisa menambahkan gambar produk agar lebih menarik,
Tapi jangan memasang terlalu banyak produk.
Pasang sekitar 1 – 3 produk sehingga postingan Anda tidak terlihat full dengan gambar produk.
Sisa ruang untuk pakai tulisan untuk judul.
Atau lebih menarik masukan 1 produk lalu kasih detail bahan produk secara singkat.
Penggunaan kata yang terlalu banyak bisa merusak postingan Anda, karena bikin orang malas untuk membaca.
Kalau ada penjelasan tambahan bisa di taro di caption.
- Kalimat Pembuka
Berikan kalimat yang ringan dan to the point jadi pembaca langsung paham apa maksud yang ingin Anda sampaikan
Contoh:
Gambar di atas dianggap menarik karena sesuai dengan kondisi yang dialami oleh pembaca saat ini.
Kalimat yang mengangkat kondisi atau cerita seseorang yang real atau nyata lebih bisa menarik perhatian pembaca.
Karena rasa penasarannya jadi ada kemungkinan pembaca akan membaca tulisan Anda sampai akhir.
Untuk menangkap perhatian pembaca ke 3 elemen tersebut, ini tipsnya:
- Berikan apa yang pembeli anda pedulikan terkait bisnis anda
Pebisnis baru pasti butuh produk, mentor, toko/media jualan dan lainnya
Misalnya, calon reseller butuh barang custom seperti kaos
Sebagai supplier tawarkan hasil produk custom, kasih katalog desain atau desain bisa sesuai pesanan, dan lainnya
Karena ada katalog desain atau desain request si calon reseller ini bakal mikir
“Nah ini pas nih banyak pilihan” atau “akhirnya bisa pakai desain yang gua mau”
- Sajikan solusi dari masalah utama si pembeli
Hampir sama seperti point pertama, kasih apa yang mereka butuhkan
Untuk pemula akan mengalami cara pilih produk, cara promosi produk, cara jualan di media sosial
Supplier yang baik akan memberikan solusi dan punya jawaban dari masalah dan pertanyaan pembeli
Mau pembeli nanya atau enggak seenggaknya sudah ada persiapan jawaban
Misalnya pembeli lagi di kondisi kurang dana tambahan padahal sudah jadi karyawan kantor
Sebagai pebisnis kasih solusi yaitu memberikan tempat untuk mereka yang butuh dana tambahan
Ajak mereka untuk bergabung bisnis online, mereka bisa jadi reseller yang menjual produk Anda ke teman-teman mereka
Gak cuma Anda yang untung sebagai supplier, tapi mereka juga dapat untung setiap menjual beberapa produk ke pembeli
- Buat mereka merasa “ah ini gue banget“
Tambahkan cerita singkat tentang pengalaman Anda atau orang
Pastikan cerita ini menarik dan related sama apa yang dihadapi oleh calon reseller
Contohnya, seorang karyawan yang membutuhkan dana tambahan untuk membangun rumah
Tapi gak tahu cara dapat dana tambahan kaya gimana, caranya seperti apa, kalau mau buka bisnis gak ada modal dan gak punya ilmu
Hal kaya gini pernah dirasakan oleh banyak orang, karena cerita ini related sama kehidupan pembaca,
Mereka akan mikir “ini nih yang gua alami”, “Nah iya, dapat uang tambahan yang diperlukan” dan lainnya
Anda harus bisa menggali keinginan mereka agar bisa mendapatkan headline/kalimat pembuka yang menjadi jawaban mereka.
Tahap ini merupakan tahap awal dimana konsumen mulai menyadari produk Anda
Tahap ini dapat kita lakukan dengan menggunakan iklan video yang unik, lucu, dan menghibur
- Interest
Langkah selanjutnya adalah buat mereka tertarik dengan anda.
Buat mereka sadar dengan besarnya masalah mereka.
Cara terbaik memancing interest adalah:
- Informasi/fakta
Kasih berita/info/fakta yang cocok dengan isi konten,
Anda bisa cari beberapa artikel, yang isi ceritanya sama
Nanti isi copywriting Anda lebih real dan lebih terpercaya karena ada fakta dan sumber beritanya jelas dari mana
Contoh, Anda ingin menjelaskan apa saja yang ada di produk print on demand
Point yang ada disamping produk membuat konten lebih kaya dengan informasi
Ini dipakai untuk menambah kesan akurat di copywriting Anda dan pembaca jadi lebih tahu produk yang dijual
Setelah membaca tulisan dan melihat visual produk pembaca akan mikir
“Kualitas dan detail yang kaya gini yang diperlukan untuk jualan”
- Studi kasus
Info produk yang Anda research tadi bisa dipecah kembali untuk menambah detail isi copywriting
Cari sumber lagi dari situs lainnya yang isi ceritanya sama
Lalu cari beberapa hal yang tidak diceritakan di sumber pertama
Setelah itu semuanya dirangkum menjadi satu tulisan
kalau udah gini tulisan Anda nantinya berbeda dengan yang lain
Masih dengan contoh di point pertama
Anda bisa tambahkan beberapa referensi produk custom lalu lihat detail setiap produknya
Sumber ke-1
Sumber ke-2
Selain mencari detail produk, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi jenis model produk custom yang baru, biar produk jualan semakin beragam
- Kondisi idealnya
Manfaatkan kondisi yang sedang terjadi untuk memancing pembaca
Peminat casing handphone sampai saat ini masih banyak yang minat, apalagi dengan desain favorite
Nah, sebagai pebisnis bisa menawarkan produk custom ke mereka yang pengen punya case custom
Arahkan mereka untuk membeli di toko Anda dengan kasih beberapa contoh produknya biar bisa dilihat langsung
Kasih tahu kualitas produk Anda punya, tawarkan katalognya dan kasih info desain bisa di request sesuai keinginan mereka
- Alasan
Pembaca akan tertarik dengan apa yang Anda tulis karena ada alasannya dan alasannya itu beragam
Alasan ini tercipta dari apa yang mereka rasakan dan apa masalah yang sedang mereka alami
Mereka membaca isi copywriting Anda karena berharap menemukan solusi yang nantinya solusi ini akan diterapkan
Misalnya, mereka ingin casing dengan gambar yang bisa request gambar
sudah nemu tokonya tapi gak bisa request gambar
Tapi toko Anda menerima custom case sesuai request mereka
Makanya mereka tetap bertahan untuk beli produknya di toko Anda
Konsumen mulai tertarik dan mempelajari manfaat produk Anda
Selanjutnya adalah bagaimana Anda dapat membangkitkan rasa suka konsumen terhadap produk melalui keunggulan yang ditunjukan.
Anda juga bisa kasih testimoni dari konsumen yang merasa puas dengan produk Anda,
Agar calon konsumen percaya bahwa produk Anda lebih unggul dibandingkan produk pesaing lainnya.
Untuk memancing interest, anda bisa menyampaikan seperti :
- Meningkatnya kebutuhan hidup sehari-hari
Adanya pandemi mengakibatkan pemasukan dana jadi tersendat
Untuk memenuhi kebutuhan tidak boleh melebihi dari budget yang ada
Maka dari itu Anda menawarkan peluang usaha ke orang yang butuh
Agar mereka bisa memenuhi kebutuhannya seperti sedia kala tanpa harus khawatir kekurangan dana
- Semakin sedikitnya peluang untuk berkarir
Pandemi membuat beberapa perusahaan menutup lowongan kerja, tapi ada juga yang mem PHK karyawan
Ini bisa menghambat karir seseorang karena tidak ada tempat untuk berkarir
- Semakin sulit menabungnya para milenial
Kalau peluang kerja saja gak ada berarti jangan harap bisa punya tabungan
Apalagi kalau Anda termasuk orang yang boros
Semakin habis isi tabungan karena gak bisa atur keuangan
- Dana darurat sebagai jalan terakhir
Saking gak ada pemasukan dan tabungan, jalan satu-satunya cuma dana darurat
Walaupun dana darurat ini harus digunakan sebagai keperluan yang mendesak tapi untuk situasi seperti ini mau tidak mau dana darurat harus dipakai
Dari penyampaian hal-hal diatas, yang membaca akan kepikiran akan kondisi finansialnya.
Mereka akan mencari solusinya yaitu mendapatkan penghasilan yang lebih baik.
Anda bisa sampaikan bagaimana produk anda yang bisa jadi peluang usaha untuk mengatasi masalah mereka.
Dengan memadukan 2 komponen diatas maka customer paham kalau ada solusi dari masalah yang dihadapi.
Solusi ini adalah produk Anda, yang nantinya mereka menjadi reseller baru di tempat Anda.
- Desire
Dalam tahap ini, buat mereka sangat menginginkan produk Anda.
Desire mirip dengan interest, bedanya adalah disini lebih banyak bermain emosi dan logika dengan menampilkan benefit produk.
Emosi dibagi menjadi beberapa jenis:
- Cinta
Manusia biasanya akan mencintai hal yang membuatnya bahagia, aman, dan nyaman.
Perasaan cinta ini akan mengikat perasaan manusia dengan orang lain di dekatnya seperti keluarga, teman, bahkan negaranya.
Contoh, “Bagi Anda pecinta Harry Potter ingin menambah koleksi, di DropshipAja.com menyediakan produk custom sesuai keinginan Anda”
- Benci
Emosi berupa kebencian saat merasa tidak suka pada hal yang tidak membuat bahagia, mendatangkan kesedihan, atau menyakiti dirinya.
Contoh, “Sudah beli produk custom tapi masih kurang puas atau gak suka hasilnya karena gak sesuai pesanan dan kualitas buruk”
- Takut
Ketika merasa terancam atau berada pada suatu situasi yang gawat,
Seseorang akan merasa takut karena merasa bahwa situasi itu dapat membuat dirinya tersakiti secara mental dan fisik.
Contoh, “Anda yang mau bangun bisnis online jangan takut gak punya produk, di DropshipAja.com banyak produk jualan yang bisa Anda pilih”
- Marah
Saat keinginan atau harapan tidak bisa terpenuhi karena adanya hambatan, emosi marah ini yang akan muncul
Contoh, “Anda beli produk custom tapi hasilnya kurang memuaskan dan Anda gak mau pakai produknya,
lalu marah-marah sendiri dan merasa percuma karena sudah beli”
- Malu
Rasa malu saat tahu bahwa perbuatannya itu adalah suatu hal yang buruk dan tidak etis,
Serta takut bahwa perbuatannya itu akan diketahui umum.
Contoh, “Anda beli produk casing custom pakai foto pacar,
niatnya biar bisa mandangin foto pacar tapi pas sudah dipasang malah malu karena diledekin teman dibilang lebay”
- Dengki
Dengki muncul apabila merasa iri terhadap apa yang dimiliki orang lain,
Rasa mencintai apa yang menjadi milik orang lain dan mengharapkan bahwa hal itu akan menjadi miliknya juga.
Dengki juga bisa timbul karena tidak suka melihat kesuksesan orang lain dan berharap dirinya lah yang menjadi nomor satu.
Contohnya, “Anda dan teman Anda beli produk casing custom dengan desain yang sama tapi beda toko,
Saat barangnya ada di tangan lalu dibandingkan ternyata hasilnya lebih bagus punya teman Anda
Setelahnya Anda ngerasa nyesel kenapa gak beli di toko itu saja dan ada keinginan iri pengen tukeran sama casing punya teman”
- Cemburu
Ketika seseorang merasa cintanya tersaingi terhadap suatu objek tertentu,
Maka hal itu akan melahirkan perasaan cemburu dan semangat untuk bersaing memperlihatkan yang terbaik kepada objek cintanya
Contohnya, Anda punya teman dekat yang kemana-mana suka pergi bareng,
Tapi pas ada teman baru yang gabung teman dekat Anda malah lebih sering pergi bareng sama orang baru dan Anda gak pernah diajak
- Gembira
Emosi yang dirasakan ketika seseorang mengalami hal yang mengecewakan dan menyakiti hatinya.
Juga mengalami kehilangan sesuatu yang disayangi atau dicintai, misalnya ketika putus cinta atau mengalami kematian orang terdekat.
Misalnya, Anda beli barang kesukaan tapi lama banget datangnya setelah barang itu datang Anda merasa senang karena penantian Anda tidak sia-sia
- Terkejut
Emosi yang dirasakan ketika seseorang mengalami hal yang mengecewakan dan menyakiti hatinya.
Juga mengalami kehilangan sesuatu yang disayangi atau dicintai,
Misalnya ketika putus cinta atau mengalami kematian orang terdekat.
- Sedih
Emosi yang dirasakan ketika seseorang mengalami hal yang mengecewakan dan menyakiti hatinya.
Rasa sedih dikarenakan mengalami kehilangan sesuatu yang disayangi atau dicintai,
Misalnya ketika putus cinta atau mengalami kematian orang terdekat.
Tapi perlu Anda ingat sangat berbeda antara benefit (manfaat) dengan fitur.
Fitur itu hanya penjelasan dari isi atau komponen yang anda berikan melalui produk/layanan anda.
Sedangkan manfaat adalah keuntungan yang bisa mereka rasakan melalui fitur tadi.
Jadi saat menulis posisikan Anda sebagai mereka dengan menulis manfaat apa yang bisa mereka dapatkan dari produk Anda.
Mereka tidak peduli dengan fitur, kelebihan, resep, spek, komponen dari produk Anda.
Mereka hanya peduli dengan bagaimana fitur tersebut bisa bermanfaat bagi mereka.
Dalam penjualan produk, fitur memang wajib ada tetapi fitur tanpa manfaat tidak akan mampu menjual karena sebagian besar pembaca tidak mengerti.
Contoh:
- Fitur: Dibuat dari bahan case terbaik dan bisa custom
Manfaat: “Dengan jasa kami, Anda bisa memiliki case handphone yang hanya dimiliki oleh Anda di dunia ini, membuat Anda makin unik percaya diri karena tampil berbeda sehingga jadi pusat perhatian”
- Fitur: Dibuat dari bahan alami tanpa mercury
Manfaat: “Dengan produk kami, wajah Anda makin putih berseri tanpa khawatir iritasi karena dibuat dari bahan alami yang membuat kulit wajah Anda aman dan nyaman”
#4. Action
Mengajak mereka untuk mengambil tindakan.
Tindakan dapat berupa membeli produk, mendaftar, membuat akun, mendownload, mengirim email, menelepon.
Hal ini sering disebut call to action (CTA).
Call to action pada gambar di atas adalah klik tombol merah jika pembaca ingin memesan buku JJDI 2.0
CTA bisa berupa tombol, nomor telepon, atau alamat email
Tahap ini merupakan tahap akhir dimana konsumen mulai melakukan pembelian pertama terhadap produk Anda
Kalau mereka tidak jadi beli atau melakukan apapun action yang anda inginkan bisa jadi penawaran anda di tahap Action, Interest, dan Desire tidak cukup menarik.
Kesimpulan
AIDA adalah sebuah framework dalam merangkai jalur untuk mengubah traffic menjadi prospek hingga customer.
Penggunaan AIDA bisa diterapkan di banyak channel pemasaran dari landing page, medsos, hingga saat bertatap muka dengan prospek sekalipun seperti seminar.
Sebelum merancang copy dengan formula AIDA, seseorang perlu tahu dulu karakteristik customer ideal mereka terlebih dahulu agar penyusunan copy-nya tepat sasaran dan menghasilkan konversi yang meroket.
Jadi apa anda sudah menggunakan formula AIDA dalam media promosi anda?
Yuk cerita seberapa bermanfaat formula AIDA untuk bisnis anda saat ini di kolom komentar dan berbagi dengan pembaca lainnya
Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi dropshipper pemula.
Dan jangan lupa untuk membagi artikel ini ke semua sosial media yang Anda punya.