AIDA itu apa?

Seperti yang saya sudah dijelaskan dalam artikel Copywriting Mengundang Pengunjung ke Toko Online

Sekarang saatnya bahas konsep AIDA dengan menggunakan beberapa contoh pemasaran Dropshipaja

AIDA singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Kalau bahasa Indonesia artinya atensi, ketertarikan, keinginan, dan aksi (keputusan)

AIDA dikembangkan oleh seorang pengusaha Amerika dan digunakan sejak akhir abad ke-19 oleh E. St. Elmo Lewis. 

AIDA diperkenalkan tahun 1898, secara khusus mengacu pada interaksi antara penjual dan pembeli tentang produk.

Dulu AIDA dipakai untuk brosur, televisi, radio, atau iklan koran. 

Sekarang AIDA dipakai untuk website, email, sosial media, dan paid ads (Google Ads dan Facebook Ads)

Keempat teknik tersebut menjadi inti penting dalam membuat sebuah pemasaran yang efektif dalam menggaet konsumen.

AIDA bisa mengubah halaman kosong di layar komputer menjadi sesuatu yang bisa menarik perhatian sampai membuat orang lain mengambil tindakan.

Tahap pakai AIDA di tulisan Anda

  1. Attention

Menurut penelitian SilverPop tahun 2013, Anda harus bisa menangkap perhatian pengunjung dalam waktu 8 detik atau kurang 

Sedangkan manusia mengedipkan mata tiap 4 detik, artinya kalau Anda tidak mendapatkan perhatian dalam 2 kali kedipan mata, mereka akan langsung pergi begitu saja. 

Tarik perhatian mereka melalui:

  • Headline/Judul

Buat headline yang bikin penasaran dan memancing orang untuk membuka email Anda atau klik link yang tersedia. 

Anda bisa membaca beberapa cara membuat headline yang menarik

Tapi jangan membuat headline yang tidak sesuai dengan isi copywriting Anda. 

Misalnya, headline Anda “Kenali Produk Custom Untuk Bisnis Online”

Berarti isi copywritingnya harus jabarkan deskripsi produk dari bahan yang dipakai, jenis produknya, ragam desainnya dan lainnya

Kalau tidak, nanti orang sudah gak tertarik duluan karena tulisannya gak nyambung dan kepercayaan pembaca akan hilang. 

Contoh headline DropshipAja.com yang menarik, 

Iklan ini punya engagement untuk like sekitar 6.5 ribu, komen 1.2 ribu dan share 123

Iklan memberikan informasi mengenai buku jualan online yang nantinya segera dijual ke mereka yang ingin belajar bisnis online atau mengembangkan bisnisnya

Hal yang menarik perhatian pembaca adalah Stock Terbatas dan Buku Best Seller Gratis

Stock terbatas membuat pembaca beranggapan kalau buku diproduksi dengan jumlah sedikit dan belum tahu kapan diproduksi kembali

Lalu merubah pikiran pembaca kalau buku ini gak cuma 1 atau 5 orang tapi puluhan bahkan ribuan yang mau beli

Buku best seller gratis pasti sudah banyak dibeli bahkan dibaca oleh banyak orang dan terkesannya buku ini sudah ampuh teruji keberhasilannya

Kata tambahan gratis membuat kesan “sekarang kesempatan gua untuk baca dan terapkan ilmunya” atau “buku bagus terus gratis kenapa enggak?”

  • Gambar

Anda bisa menambahkan gambar produk agar lebih menarik, 

Tapi jangan memasang terlalu banyak produk.

Pasang sekitar 1 – 3 produk sehingga postingan Anda tidak terlihat full dengan gambar produk.

Sisa ruang untuk pakai tulisan untuk judul.

Atau lebih menarik masukan 1 produk lalu kasih detail bahan produk secara singkat.

Penggunaan kata yang terlalu banyak bisa merusak postingan Anda, karena bikin orang malas untuk membaca.

Kalau ada penjelasan tambahan bisa di taro di caption.

  • Kalimat Pembuka

Berikan kalimat yang ringan dan to the point jadi pembaca langsung paham apa maksud yang ingin Anda sampaikan

Contoh:

Gambar di atas dianggap menarik karena sesuai dengan kondisi yang dialami oleh pembaca saat ini.

Kalimat yang mengangkat kondisi atau cerita seseorang yang real atau nyata lebih bisa menarik perhatian pembaca. 

Karena rasa penasarannya jadi ada kemungkinan pembaca akan membaca tulisan Anda sampai akhir.

Untuk menangkap perhatian pembaca ke 3 elemen tersebut, ini tipsnya:

  • Berikan apa yang pembeli anda pedulikan terkait bisnis anda

Pebisnis baru pasti butuh produk, mentor, toko/media jualan dan lainnya

Misalnya, calon reseller butuh barang custom seperti kaos

Sebagai supplier tawarkan hasil produk custom, kasih katalog desain atau desain bisa sesuai pesanan, dan lainnya

Karena ada katalog desain atau desain request si calon reseller ini bakal mikir 

“Nah ini pas nih banyak pilihan” atau “akhirnya bisa pakai desain yang gua mau”

  • Sajikan solusi dari masalah utama si pembeli

Hampir sama seperti point pertama, kasih apa yang mereka butuhkan

Untuk pemula akan mengalami cara pilih produk, cara promosi produk, cara jualan di media sosial

Supplier yang baik akan memberikan solusi dan punya jawaban dari masalah dan pertanyaan pembeli

Mau pembeli nanya atau enggak seenggaknya sudah ada persiapan jawaban

Misalnya pembeli lagi di kondisi kurang dana tambahan padahal sudah jadi karyawan kantor

Sebagai pebisnis kasih solusi yaitu memberikan tempat untuk mereka yang butuh dana tambahan

Ajak mereka untuk bergabung bisnis online, mereka bisa jadi reseller yang menjual produk Anda ke teman-teman mereka

Gak cuma Anda yang untung sebagai supplier, tapi mereka juga dapat untung setiap menjual beberapa produk ke pembeli

  • Buat mereka merasa “ah ini gue banget“

Tambahkan cerita singkat tentang pengalaman Anda atau orang 

Pastikan cerita ini menarik dan related sama apa yang dihadapi oleh calon reseller

Contohnya, seorang karyawan yang membutuhkan dana tambahan untuk membangun rumah

Tapi gak tahu cara dapat dana tambahan kaya gimana, caranya seperti apa, kalau mau buka bisnis gak ada modal dan gak punya ilmu

Hal kaya gini pernah dirasakan oleh banyak orang, karena cerita ini related sama kehidupan pembaca, 

Mereka akan mikir “ini nih yang gua alami”, “Nah iya, dapat uang tambahan yang diperlukan” dan lainnya

Anda harus bisa menggali keinginan mereka agar bisa mendapatkan headline/kalimat pembuka yang menjadi jawaban mereka.

Tahap ini merupakan tahap awal dimana konsumen mulai menyadari produk Anda

Tahap ini dapat kita lakukan dengan menggunakan iklan video yang unik, lucu, dan menghibur

  1. Interest

Langkah selanjutnya adalah buat mereka tertarik dengan anda.

Buat mereka sadar dengan besarnya masalah mereka. 

Cara terbaik memancing interest adalah:

  • Informasi/fakta

Kasih berita/info/fakta yang cocok dengan isi konten, 

Anda bisa cari beberapa artikel, yang isi ceritanya sama

Nanti isi copywriting Anda lebih real dan lebih terpercaya karena ada fakta dan sumber beritanya jelas dari mana

Contoh, Anda ingin menjelaskan apa saja yang ada di produk print on demand

Point yang ada disamping produk membuat konten lebih kaya dengan informasi

Ini dipakai untuk menambah kesan akurat di copywriting Anda dan pembaca jadi lebih tahu produk yang dijual

Setelah membaca tulisan dan melihat visual produk pembaca akan mikir 

“Kualitas dan detail yang kaya gini yang diperlukan untuk jualan”

  • Studi kasus

Info produk yang Anda research tadi bisa dipecah kembali untuk menambah detail isi copywriting

Cari sumber lagi dari situs lainnya yang isi ceritanya sama

Lalu cari beberapa hal yang tidak diceritakan di sumber pertama

Setelah itu semuanya dirangkum menjadi satu tulisan

kalau udah gini tulisan Anda nantinya berbeda dengan yang lain

Masih dengan contoh di point pertama

Anda bisa tambahkan beberapa referensi produk custom lalu lihat detail setiap produknya

Sumber ke-1

Sumber ke-2

Selain mencari detail produk, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi jenis model produk custom yang baru, biar produk jualan semakin beragam

  • Kondisi idealnya

Manfaatkan kondisi yang sedang terjadi untuk memancing pembaca 

Peminat casing handphone sampai saat ini masih banyak yang minat, apalagi dengan desain favorite

Nah, sebagai pebisnis bisa menawarkan produk custom ke mereka yang pengen punya case custom

Arahkan mereka untuk membeli di toko Anda dengan kasih beberapa contoh produknya biar bisa dilihat langsung

Kasih tahu kualitas produk Anda punya, tawarkan katalognya dan kasih info desain bisa di request sesuai keinginan mereka

  • Alasan

Pembaca akan tertarik dengan apa yang Anda tulis karena ada alasannya dan alasannya itu beragam

Alasan ini tercipta dari apa yang mereka rasakan dan apa masalah yang sedang mereka alami

Mereka membaca isi copywriting Anda karena berharap menemukan solusi yang nantinya solusi ini akan diterapkan

Misalnya, mereka ingin casing dengan gambar yang bisa request gambar

sudah nemu tokonya tapi gak bisa request gambar 

Tapi toko Anda menerima custom case sesuai request mereka 

Makanya mereka tetap bertahan untuk beli produknya di toko Anda

Konsumen mulai tertarik dan mempelajari manfaat produk Anda 

Selanjutnya adalah bagaimana Anda dapat membangkitkan rasa suka konsumen terhadap produk melalui keunggulan yang ditunjukan. 

Anda juga bisa kasih testimoni dari konsumen yang merasa puas dengan produk Anda, 

Agar calon konsumen percaya bahwa produk Anda lebih unggul dibandingkan produk pesaing lainnya.

Untuk memancing interest, anda bisa menyampaikan seperti :

  • Meningkatnya kebutuhan hidup sehari-hari

Adanya pandemi mengakibatkan pemasukan dana jadi tersendat 

Untuk memenuhi kebutuhan tidak boleh melebihi dari budget yang ada

Maka dari itu Anda menawarkan peluang usaha ke orang yang butuh 

Agar mereka bisa memenuhi kebutuhannya seperti sedia kala tanpa harus khawatir kekurangan dana

  • Semakin sedikitnya peluang untuk berkarir

Pandemi membuat beberapa perusahaan menutup lowongan kerja, tapi ada juga yang mem PHK karyawan

Ini bisa menghambat karir seseorang karena tidak ada tempat untuk berkarir

  • Semakin sulit menabungnya para milenial

Kalau peluang kerja saja gak ada berarti jangan harap bisa punya tabungan

Apalagi kalau Anda termasuk orang yang boros

Semakin habis isi tabungan karena gak bisa atur keuangan

  • Dana darurat sebagai jalan terakhir

Saking gak ada pemasukan dan tabungan, jalan satu-satunya cuma dana darurat

Walaupun dana darurat ini harus digunakan sebagai keperluan yang mendesak tapi untuk situasi seperti ini mau tidak mau dana darurat harus dipakai

Dari penyampaian hal-hal diatas, yang membaca akan kepikiran akan kondisi finansialnya.

Mereka akan mencari solusinya yaitu mendapatkan penghasilan yang lebih baik.

Anda bisa sampaikan bagaimana produk anda yang bisa jadi peluang usaha untuk mengatasi masalah mereka.

Dengan memadukan 2 komponen diatas maka customer paham kalau ada solusi dari masalah yang dihadapi. 

Solusi ini adalah produk Anda, yang nantinya mereka menjadi reseller baru di tempat Anda.

  1. Desire

Dalam tahap ini, buat mereka sangat menginginkan produk Anda. 

Desire mirip dengan interest, bedanya adalah disini lebih banyak bermain emosi dan logika dengan menampilkan benefit produk. 

Emosi dibagi menjadi beberapa jenis:

  • Cinta

Manusia biasanya akan mencintai hal yang membuatnya bahagia, aman, dan nyaman. 

Perasaan cinta ini akan mengikat perasaan manusia dengan orang lain di dekatnya seperti keluarga, teman, bahkan negaranya.

Contoh, “Bagi Anda pecinta Harry Potter ingin menambah koleksi, di DropshipAja.com menyediakan produk custom sesuai keinginan Anda”

  • Benci

Emosi berupa kebencian saat merasa tidak suka pada hal yang tidak membuat bahagia, mendatangkan kesedihan, atau menyakiti dirinya.

Contoh, “Sudah beli produk custom tapi masih kurang puas atau gak suka hasilnya karena gak sesuai pesanan dan kualitas buruk”

  • Takut

Ketika merasa terancam atau berada pada suatu situasi yang gawat, 

Seseorang akan merasa takut karena merasa bahwa situasi itu dapat membuat dirinya tersakiti secara mental dan fisik.

Contoh, “Anda yang mau bangun bisnis online jangan takut gak punya produk, di DropshipAja.com banyak produk jualan yang bisa Anda pilih”

  • Marah

Saat keinginan atau harapan tidak bisa terpenuhi karena adanya hambatan, emosi marah ini yang akan muncul 

Contoh, “Anda beli produk custom tapi hasilnya kurang memuaskan dan Anda gak mau pakai produknya, 

lalu marah-marah sendiri dan merasa percuma karena sudah beli”

  • Malu

Rasa malu saat tahu bahwa perbuatannya itu adalah suatu hal yang buruk dan tidak etis, 

Serta takut bahwa perbuatannya itu akan diketahui umum.

Contoh, “Anda beli produk casing custom pakai foto pacar, 

niatnya biar bisa mandangin foto pacar tapi pas sudah dipasang malah malu karena diledekin teman dibilang lebay”

  • Dengki

Dengki muncul apabila merasa iri terhadap apa yang dimiliki orang lain, 

Rasa mencintai apa yang menjadi milik orang lain dan mengharapkan bahwa hal itu akan menjadi miliknya juga. 

Dengki juga bisa timbul karena tidak suka melihat kesuksesan orang lain dan berharap dirinya lah yang menjadi nomor satu.

Contohnya, “Anda dan teman Anda beli produk casing custom dengan desain yang sama tapi beda toko, 

Saat barangnya ada di tangan lalu dibandingkan ternyata hasilnya lebih bagus punya teman Anda

Setelahnya Anda ngerasa nyesel kenapa gak beli di toko itu saja dan ada keinginan iri pengen tukeran sama casing punya teman”

  • Cemburu

Ketika seseorang merasa cintanya tersaingi terhadap suatu objek tertentu, 

Maka hal itu akan melahirkan perasaan cemburu dan semangat untuk bersaing memperlihatkan yang terbaik kepada objek cintanya

Contohnya, Anda punya teman dekat yang kemana-mana suka pergi bareng, 

Tapi pas ada teman baru yang gabung teman dekat Anda malah lebih sering pergi bareng sama orang baru dan Anda gak pernah diajak

  • Gembira

Emosi yang dirasakan ketika seseorang mengalami hal yang mengecewakan dan menyakiti hatinya. 

Juga mengalami kehilangan sesuatu yang disayangi atau dicintai, misalnya ketika putus cinta atau mengalami kematian orang terdekat. 

Misalnya, Anda beli barang kesukaan tapi lama banget datangnya setelah barang itu datang Anda merasa senang karena penantian Anda tidak sia-sia

  • Terkejut

Emosi yang dirasakan ketika seseorang mengalami hal yang mengecewakan dan menyakiti hatinya. 

Juga mengalami kehilangan sesuatu yang disayangi atau dicintai, 

Misalnya ketika putus cinta atau mengalami kematian orang terdekat. 

  • Sedih

Emosi yang dirasakan ketika seseorang mengalami hal yang mengecewakan dan menyakiti hatinya. 

Rasa sedih dikarenakan mengalami kehilangan sesuatu yang disayangi atau dicintai,

Misalnya ketika putus cinta atau mengalami kematian orang terdekat. 

Tapi perlu Anda ingat sangat berbeda antara benefit (manfaat) dengan fitur. 

Fitur itu hanya penjelasan dari isi atau komponen yang anda berikan melalui produk/layanan anda.

Sedangkan manfaat adalah keuntungan yang bisa mereka rasakan melalui fitur tadi.

Jadi saat menulis posisikan Anda sebagai mereka dengan menulis manfaat apa yang bisa mereka dapatkan dari produk Anda.

Mereka tidak peduli dengan fitur, kelebihan, resep, spek, komponen dari produk Anda. 

Mereka hanya peduli dengan bagaimana fitur tersebut bisa bermanfaat bagi mereka.

Dalam penjualan produk, fitur memang wajib ada tetapi fitur tanpa manfaat tidak akan mampu menjual karena sebagian besar pembaca tidak mengerti.

Contoh:

  • Fitur: Dibuat dari bahan case terbaik dan bisa custom

Manfaat: “Dengan jasa kami, Anda bisa memiliki case handphone yang hanya dimiliki oleh Anda di dunia ini, membuat Anda makin unik percaya diri karena tampil berbeda sehingga jadi pusat perhatian”

  • Fitur: Dibuat dari bahan alami tanpa mercury

Manfaat: “Dengan produk kami, wajah Anda makin putih berseri tanpa khawatir iritasi karena dibuat dari bahan alami yang membuat kulit wajah Anda aman dan nyaman”

#4. Action

Mengajak mereka untuk mengambil tindakan. 

Tindakan dapat berupa membeli produk, mendaftar, membuat akun, mendownload, mengirim email, menelepon. 

Hal ini sering disebut call to action (CTA). 

Call to action pada gambar di atas adalah klik tombol merah jika pembaca ingin memesan buku JJDI 2.0

CTA bisa berupa tombol, nomor telepon, atau alamat email

Tahap ini merupakan tahap akhir dimana konsumen mulai melakukan pembelian pertama terhadap produk Anda

Kalau mereka tidak jadi beli atau melakukan apapun action yang anda inginkan bisa jadi penawaran anda di tahap Action, Interest, dan Desire tidak cukup menarik.

Kesimpulan

AIDA adalah sebuah framework dalam merangkai jalur untuk mengubah traffic menjadi prospek hingga customer. 

Penggunaan AIDA bisa diterapkan di banyak channel pemasaran dari landing page, medsos, hingga saat bertatap muka dengan prospek sekalipun seperti seminar.

Sebelum merancang copy dengan formula AIDA, seseorang perlu tahu dulu karakteristik customer ideal mereka terlebih dahulu agar penyusunan copy-nya tepat sasaran dan menghasilkan konversi yang meroket.

Jadi apa anda sudah menggunakan formula AIDA dalam media promosi anda? 

Yuk cerita seberapa bermanfaat formula AIDA untuk bisnis anda saat ini di kolom komentar dan berbagi dengan pembaca lainnya

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi dropshipper pemula.

Dan jangan lupa untuk membagi artikel ini ke semua sosial media yang Anda punya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here