Untuk memperlancar pemasaran produk bisnis, harus ditambahkan bumbu laris manis agar makin disukai audiens

“Bumbu laris manis apa sih yang harus dipakai?”

Jawabannya CTA atau Call to Action

Call-to-action (CTA) adalah suatu tindakan yang Anda harapkan dapat dilakukan oleh calon customers setelah membaca tentang produk/jasa yang Anda tawarkan.

Dengan kata lain, CTA adalah perintah dan kemauan Anda pada customers.

Misalnya audience melihat sebuah produk, awal lihat hanya suka saja tapi setelah baca caption 

“Jadilah salah satu pengguna produk trend ini, klik link dibawah untuk  pemesanan”

Mau gak mau biar gak ketinggalan trend audience akan ikuti perintah di caption untuk klik link

Contoh paling mudah dari call to action adalah tombol “Buy Now” atau “Beli Sekarang”.


Call to action yang baik harus jelas, singkat dan to the point.

Ada beberapa macam CALL to ACTION yang perlu Anda tahu, diantaranya :

  1. Toko online, CTA nya adalah “Beli”, “Borong”, “Order” atau “Belanja”.
  1. Promosi software/tools/digital goods, CTA nya adalah “Download” atau “Langganan”.
  1. Promosi informasi, CTA nya adalah “Baca lebih lanjut”, “Pelajari selengkapnya” dll.

Yang harus diingat adalah secara alami, manusia akan merespon sebuah ‘ajakan’ yang muncul di depan matanya. 

Jadi, jangan biarkan materi promosi dan marketing Anda berakhir tanpa ajakan sama sekali.

Nah, sekarang kita bahas pemasangan CTA itu dimana saja dan gimana caranya

#1. Anda bisa Pasang CTA di video

Cara ini jadi alternatif buat pembuat konten yang udah bosen bikin konten yang mengandalkan foto sama tulisan aja

Ini juga bisa jadi jenis konten baru di halaman toko online Anda

Kan audiens ada juga yang lebih tertarik sama konten video biar bisa dengar dan melihat visual secara bersamaan

Apalagi trend promosi sekarang semakin beragam buat menggaet minat calon pembeli

Jadi gak ada salahnya kalau Anda menyisipkan CTA di konten video

Karena faktanya, saat ini trend itu sudah bergeser dari foto visual ke video.

Videonya bisa produksi produk, review produk, tutorial, promosi dan lainnya

Biar tidak terkesan promosi banget dan kelihatan mengalir, bisa diatur kaya cerita

*Dulu itu saya gak punya apa-apa, mau ikutan nongkrong sama teman aja harus kumpulin uang jajan dulu seminggu

Tapi sih kalau sekarang mau nongkrong kapan pun ayo aja, soalnya gabung di Dropshipaja.com bikin saya ada pemasukan*

Secara gak langsung influencer yang bikin cerita kaya gini kasih tahu audience cara mudah buat dapetin uang dan mengajak audience untuk gabung

CTA untuk video bisa di taruh di dalam videonya (tengah atau akhir), atau pasang CTA nya di caption konten video

#2. Manfaatkan Tutorial atau Guidance untuk pasang CTA

Jadi pebisnis itu berarti siap untuk mengatasi semua keluh kesah pelanggan, apalagi kalau si calon pelanggan ini buta ilmu

Sebagai pebisnis harus bisa mengarahkan dan mengajarkan apa yang mereka tidak bisa

Anda bisa mengatasi ini dengan membuat tutorial untuk membimbing si calon pelanggan

Tau nggak kalau bikin tutorial ini punya impact yang bagus banget buat produk Anda

Iya beneran, Anda bisa melakukan edukasi customer cuman melalui tutorial

Dan kabar baiknya lagi, Anda nggak perlu keluar uang / biaya yang banyak kan kalau mau bikin tutorial.

Kalau masih belum punya website, Anda bisa menggunakan ebook PDF gratis!

CTA di video tutorial biasanya dipasang di atas video pada menit tertentu atau linknya ada di deskripsi video

Ini digunakan untuk arahkan audience ke video lainnya atau ke halaman web yang dimaksud si pembuat video

#3. Diskon Spesial untuk Customer

Untuk menghindari adanya customer asing alias customer yang bukan subscriber Anda

Maka perlu yang namanya seleksi alam, biar penawaran khusus ini benar-benar dinikmati oleh subscriber Anda

Pengunjung yang menyempatkan dirinya untuk kasih alamat email ke Anda bisa dibilang subscriber Anda, 

Misalnya pas mereka daftar training atau produk Anda yang harus daftarkan email

Karena mereka sudah rela waktunya terganggu dengan notif email masuk dari bisnis Anda

Selain itu mereka juga termasuk orang yang gak mau ketinggalan info terbaru, entah itu produk, pelayanan bahkan promo diskon

Pelanggan yang rela diganggu waktunya ini harus dihargai dan apresiasi dengan Anda menawarkan atau memberikan diskon yang menggoda untuk mereka

Tawarkan harga spesial pada mereka! 

Salah satunya dengan menggunakan kode promo.

Untuk mereka yang sudah subscribe, berikan langsung kode promo, Anda bisa memanfaatkan email untuk kirim kodenya

Tambahkan info penutup di akhir email yang mengarahkan pembaca untuk menekan CTA atau tombol yang tersedia, ini membantu mereka untuk memakai kode promonya

Jika Anda ingin CTA di Instagram dan newsletter Anda berhasil dengan sempurna, pastikan menggunakan headline yang benar-benar killer!

Beberapa headline yang paling terkenal berhasil diantaranya adalah:

  • Terimakasih karena menjadi pelanggan setia!
  • Hanya untuk pelanggan!
  • Hadiah untuk pelanggan setia!

#4. Berikan Nilai Spesial untuk Daftar Chart

“Spam banget dah gak penting pula isinya”

Sakit ya kalau dengar kaya gini, udah pusing bikin konten email atau caption Instagram tapi masih aja gak narik perhatian audience

Bahkan email yang dikirim langsung dihapus/dilewatkan, gak tau deh udah baca headlinenya atau belum, yang jelas ditinggal gitu aja

Biar kerjaan Anda gak dibaca atau dilewatkan aja gimana kalau Anda gunakan daftar chart untuk bikin peluang audience baca bahkan melakukan perintah Anda!

Anda cuman butuh usaha kecil salah satunya adalah dengan menggunakan diskon untuk barang atau produk tersebut.

Gunakan kekuatan FOMO (Fear Of Missing Out)!

Menggunakan FOMO ini berguna untuk menghilangkan ketergantungan customers untuk selalu mendapatkan diskon.

Disini, Anda hanya perlu menambahkan scarcity atau kelangkaan. 

Contoh yang paling sering digunakan adalah:

  • Yakin mau melewatkan kesempatan hemat 30% ini?
  • Mau orang lain rebut harta karunmu ini?
  • Terjual sangat cepat! Dapatkan sebelum kehabisan!

#5. Yang terakhir, Berikan Penawaran Spesial di Promosi

Customers sangat tergantung pada opini orang lain dan apa yang diperintahkan ketika mengambil tindakan.

Bahkan dalam kasus online shopping juga.

Jadi, strategi pertama yang bisa Anda manfaatkan adalah membuat promosi penawaran spesial.

Membuat promosi penawaran produk spesial memang sangat bagus dan bahkan jadi senjata utama untuk mendapatkan customer.

Kebanyakan pengguna bisnis menggunakan buy now (belanja sekarang), order now (pesan sekarang) dan hard-selling lainnya.

Tapi kenyataannya, CTA di Instagram semacam ini sudah nggak berfungsi dengan baik.

Jadi, hindari penggunaan kata yang terlalu menonjol bahwa Anda sedang berjualan. 

Ajak mereka membeli produk Anda dengan kata-kata yang nggak terdengar “ini yang gua cari”.

Contohnya :

  • Find your favorite (Temukan favorit Anda)!
  • View popular products (Tampilkan produk)!
  • Explore popular products (Temukan produk spesial)!

Satu tips lagi saat Anda melakukan penawaran saat promosi adalah gambar

Gunakan gambar untuk memperjelas dan memberikan visualisasi pada pembaca tentang produk Anda g

Berikan keterangan jika ada diskon dengan cara mencoret harga asli dan menampilkan harga diskon

Selain itu, ada konten yang berupa produk, Anda juga bisa mencantumkan CTA pada konten engagement.

Konten engagement adalah konten yang memiliki jumlah viewers, like, komentar terbanyak dan mampu menarik perhatian audiens

Anda tinggal cek di Insight Instagram, lalu cari konten yang viewersnya paling banyak

Nah konten engagement ini bisa Anda manfaatkan untuk ditambahkan CTA, kan audiens sudah tertarik dengan konten jadi tidak menutup kemungkinan audiens juga akan tertarik untuk mengomentari, menyukai maupun membagikan postingan Anda.

Seperti contoh:

Ternyata mudah bukan, menarik perhatian audience dengan pakai CTA

Yang penting Anda sudah punya bank konten yang menarik terus tinggal nambahin CTA nya aja

Silahkan mencoba ya, semoga berhasil. 

Dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke semua sosial media yang kalian punya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here