Pernah gak sih kepikiran dapat uang dari koleksi atau kegiatan yang Anda suka?

Percaya gak kalau hobi yang Anda kembangkan atau sering dilakukan akan jadi potensi diri

Potensi diri ini nantinya menentukan pilihan Anda saat merintis karir, jadi karyawan kantoran atau berkarir sendiri

Kerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar 

“Kenapa bisa ngerasa senang padahal sama saja capek-capek juga?”

Capek kerja itu pasti, tapi alasannya kenapa bisa senang, karena pekerjaan itu hal disukai, sudah terbiasa, sudah paham manis pahit bidang itu. 

Jadi kalau ada masalah atau kendala apapun akan dibawa santai soalnya sudah tahu cara atasinya gimana, pokoknya rasa capek bakalan tetap dibawa positif terus 

Ada dua kategori orang yang sering ditemukan

Kategori pertama, orang yang sudah tahu hobinya apa dan paling sering dilakukan untuk mengisi waktu kosong 

Gak cuma alasan mengisi waktu luang, alasan lain yaitu kebiasaan. 

Orang yang kaya gini kalau sekali gak ngelakuin kegiatan tertentu rasanya gatel, pokoknya jangan sampai gak lakuin karena nanti ngerasa hampa dan gak ada kerjaan

Kalau orang jenis ini sudah ngelakuin hal itu bakal ngerasa kalau hari-harinya itu produktif

Tapi ada juga kok orang yang tahu hobinya apa tapi cuma dinikmati atau konsumsi sendiri, jadi gak dimanfaatkan lebih lanjut, sayang banget kan?

Padahal kalau bisa dimanfaatkan dengan baik dan dikembangkan bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang sekitar

Kategori kedua, orang yang belum tahu hobinya itu apa

Orang ini masih bingung nentuin hobinya apa, jangankan nentuin nyari tahu hobinya apa saja sudah malas duluan karena mikirnya “yaudah lah kegiatan gua kan itu-itu aja”

Tapi bukan berarti orang kategori ini terlambat buat nyari tahu hobinya apa karena gak ada kata terlambat untuk memulai

Contohnya, Anda suka membaca dan menulis, lalu Anda belajar untuk menulis cerita pendek atau artikel apapun

Dari hobi ini Anda kembangkan untuk jadi penulis yang berani untuk posting karya tulisan ke blog internet atau kirim tulisan Anda ke penerbit

Setelah Anda memposting atau kirim karya tulisan berarti ada kesempatan untuk meraih sesuatu alias reward, reward ini untuk menilai kemampuan diri sendiri

Reward bisa berupa kepercayaan pembaca pada tulisan Anda sehingga betah dan nunggu tulisan Anda yang lainnya atau Anda mendapatkan pemasukan dana untuk setiap tulisan yang dikirim ke penerbit

TAPI INGAT!

Jangan jadikan reward ini patokan kalau Anda sudah handal dan bisa mendapatkan hasil yang lebih,

Takut nantinya Anda malah jadi sombong dan gak mau belajar lagi

Reward jadikan sebagai patokan Anda untuk semakin semangat dan mengasah kemampuan menulis biar tulisan Anda lebih bagus, 

Selain itu jadi pengingat kalau Anda masih bisa berjuang untuk ikut ada di barisan penulis terkenal yang tulisannya sudah dibaca banyak orang

Membangun sebuah bisnis dari hobi memerlukan rencana yang matang, siap dengan segala resiko, siap mengatasi setiap masalah, siap jadi orang pertama yang kasih semangat ke diri sendiri saat lagi dibawah

Anda juga perlu punya kemampuan, jangan pilih bisnis dari hobi yang belum Anda kuasai karena nantinya Anda bingung sendiri untuk mengatasi semuanya

Sebelum itu tanyakan pertanyaan dibawah ini ke diri Anda agar semakin yakin:

#1. Apa hobi yang paling disukai?

Hobi berubah jadi bisnis

Bermula dari rasa suka mengoleksi sesuatu, lalu mengikuti komunitas, training hingga workshop, beli buku dan cari info yang terkait sama hobi

Dari pengalaman dan pengetahuan ini ada rasa ingin menjadi tempat untuk memenuhi kebutuhan teman-teman yang satu hobi

Mengenal dan dikenal ini akhirnya mulai bangun bisnis sendiri

Contoh, suka sama Harry Potter lalu koleksi beberapa aksesorisnya

Terus gabung di komunitas ternyata disana punya banyak kenalan dan ada beberapa yang sudah buka bisnis duluan

Dari situ coba cari tau produk apa yang banyak dibeli, cara jualnya gimana di medsos kah atau pas ada event aja, produknya homemade atau beli di supplier

#2. Yakin mau bisnis tanpa modal?

Memulai pekerjaan dari hobi yang dipikirkan dulu adalah modal.

“Saya dapat modal dari mana ya buat mulai bisnis ini?”, “bisnis dari hobi gak ada modal ya gak bakal jalan”

Padahal kalau Anda bisa mengambil kesempatan dalam kesempitan pasti ada saja jalannya

Contohnya, Anda hobi menulis cerita hasilnya di posting di blog

Anda sudah paham nih gimana cara menulis konten blog yang bisa menarik pembaca untuk baca dari awal sampai akhir, menyesuaikan bahasa tulisan dengan pembaca dan lainnya

Kalau dari segi teknis yaitu cara masukin tulisan di draft blog, pasang cover, atur tata letak tulisannya, atur ukuran judul dan isinya, dan lainnya

Ternyata ada teman Anda yang tertarik juga dengan tulis menulis di blog, tapi dia gak tau cara nulis yang benar dan posting tulisannya

Ini saatnya hobi yang Anda tekuni jadikan modal untuk membuka usaha 

Anda bisa menawarkan jasa sebagai mentor dadakan untuk mereka yang baru mulai menulis, 

Nanti Anda ajarkan bikin tulisan yang sesuai dengan gaya bahasa dia, cara cari referensinya gimana, bikin headline, bikin paragraf pertama yang menarik agar pembaca mau baca sampai akhir

Setelah itu ajarkan masalah teknisnya juga

Tetapkan harga selama mentoring dadakan ini

Hasil dari hasil ngajar ini bisa Anda gunakan untuk modal bisnis lainnya

#3. Pertama gratis, selanjutnya bayar

“Coba mana testernya”, “dicoba dulu biar tahu hasilnya”

Kalau sudah begini mau gak mau harus siapin testernya itung-itung menarik minat orang gitu

Misalnya, Anda buka bisnis kue brownies 

Orang pasti sudah sering beli brownies di toko mana pun jadi udah tahu rasanya gimana

Biar berbeda kasih tambahan keju, kacang almond, dan lelehan coklat di dalamnya

Tawarin ke teman dekat dulu dengan bawa 1 kotak brownies biar mereka cicipin

Karena ini sebagai nilai pertama mereka biar tahu brownies Anda enak atau tidak

Kalau ada yang tertarik Anda bisa buka pre-order dan kasih tahu harga perboxnya

Jangan lupa minta testimoni dan minta tolong teman Anda untuk promosi brownies ke kenalannya

#4. Bisakah Anda menjual keahlian?

Ketika calon pelanggan Anda bertanya dan merasa puas dengan jawaban yang Anda berikan, maka Anda sudah dinilai layak menjual keahlian

Pas lagi jualan brownies ke teman pasti ada aja yang nanya resepnya

Anda jangan langsung kasih resepnya, coba ajak mereka untuk masak bareng hitung-hitung les masak

Kalau udah satu orang yang tertarik ajak beberapa orang lagi untuk gabung di kelas masak dadakan Anda, kasih tarif juga jangan lupa

Cari resep masakan lainnya biar dikelas masak ini bisa masak beragam makanan

Ini yang dinamakan jual makanan juga jualan skill

#5. Adakah hobi yang diwariskan?

Ketika hobi Anda awalnya hanya untuk diri sendiri namun menjadi kran yang mengalir ke orang-orang terdekat Anda, maka itulah hobi yang dapat Anda wariskan

Misalnya orang tua Anda menjual jamu dan punya resep racikan jamu turun temurun

Anda diajarkan untuk membuat jamu hingga bisa dan sekiranya ilmunya sudah cukup akan diajarkan cara jualannya

Jadi setelah orang tua Anda pensiun Anda lah yang meneruskan usahanya itu

#6. Hobi, bisnis dan orang sekitar

Anda pasti akan tambah semangat kalau dapat dukungan dari orang sekitar

Jika lingkungan Anda memberikan respon positif terhadap apa yang Anda lakukan maka lanjutkan sampai ada hasilnya. 

Tapi sebaliknya jika lingkungan memberi respon negatif apa yang Anda lakukan akan berhenti ditengah jalan 

Respon negatif ini jadikan sebagai acuan agar bisnis semakin lebih baik, siapa tau dari respon negatif ini ada yang bisa jadi saran untuk bisnis

Tips menolak pikiran negatif:

  • Cerita apa yang Anda rasakan ke keluarga, teman dekat atau pacar. Orang yang paling Anda percaya
  • Terima kekurangan dan kelebihan diri sendiri
  • Banyak-banyak bersyukur
  • Hidup lebih sehat, bisa mulai berolahraga, makan buah, makan bergizi, dan lainnya
  • Luangkan waktu untuk Me Time alias lakukan kegiatan yang Anda suka tanpa diganggu orang

#7. Komunitas apa yang harus diikuti?

Dalam komunitas yang Anda ikuti dapat membantu Anda untuk membentuk karakter bisnis dan mengembangkan bisnis Anda

Anda akan terbantu kalau hobi Anda dapat wadah atau tempat berupa komunitas yang satu hobi, disana Anda akan dapat energi positif dan saran yang bisa diterapkan nantinya

Misalnya hobi Anda fotografi

Anda ikuti komunitas fotografi yang sering hunting gambar

Kalau Anda sudah gabung akan diajak ke beberapa tempat yang jadi spot hunting foto

Disana skill fotografi Anda akan dilatih, mulai dari pengambilan gambar, pengaturan kamera, pose objek foto, dan lainnya

Selain itu akan diajak sharing pengalaman satu dengan yang lain untuk berbagi tips hunting foto biar hasilnya maksimal

#8. Update skill Anda

Sumber update skill gak cuma dari buku yang dibaca dan tutorial yang ditonton tapi bisa dari orang lain terutama idola atau panutan Anda

Panutan dalam bisnis itu perlu, tapi jangan keterusan cuma jadi pengikut.

Sekali-kali bikin mimpi biar Anda yang diikuti orang banyak

Agar bisnis Anda menemukan keunikan dan karakter tersendiri, Anda harus belajar dari ahlinya

Mereka yang sudah merasakan manis pahitnya dunia bisnis hingga sukses saat ini bisa Anda tanyakan pengalaman dan ilmunya untuk diterapkan bisnis Anda

#9. Apa kelemahan dan kelebihan diri Anda?

Yang mengetahui kuat dan lemahnya bisnis Anda adalah diri Anda sendiri.

Kekuatan Anda jadikan sebagai semangat diri sendiri dan orang lain saat menjalani bisnis tersebut

Beberapa kelebihan yang sering ditemukan:

  • Menilai segala sesuatu dengan positif
  • Tetap semangat dan mau bekerja keras
  • Mau belajar hal baru
  • Berani berinteraksi dengan orang  baru

Kelemahan Anda jadikan pembelajaran

Karena mengenali diri sendiri itu penting sebelum mengenali lawan bisnis Anda

Kelemahan yang sering ditemukan:

  • Belum siap terima kritik atau saran
  • Bergantung dengan bantuan orang lain
  • Merasa dirinya gak mampu
  • Menyerah sebelum mencoba

#10. Menggambarkan masa depan

Coba buat catatan lagi kalau Anda memulai bisnis ini apa yang akan dihadapi

Siapa partner bisnis, masalah apa yang datang, kerugian dan keuntungan yang didapat, apa yang bikin bisnis runtuh

Gak ada bagus-bagusnya memang bikin catatan gini malah bikin gak jadi berbisnis

Tapi ambil sisi positifnya, Anda akan tahu cara jaga hubungan baik ke partner bisnis biar langgeng gimana

Cara atasi masalah yang akan datang, adakah yang harus dikorbankan dan pertahankan

Ini tuh dibuat agar Anda bisa mempertahankan apa yang sudah dibangun, sikap optimis untuk masa depan bisnis Anda biar semakin semangat menjalankan bisnis

Misalnya bikin catatan untuk bisnis brownies

kerugian yang mungkin datang

  • Pembeli sudah pesan terus hilang atau gak mau bayar. Solusinya, tawarin produknya ke orang lain dengan rayuan “ready tinggal dikirim, box terakhir”
  • Bahan brownies ada yang rusak. Solusinya kurangi timbangan bahannya pas mau bikin, sesuaikan dengan jumlah brownies yang dibuat

#11. Bisakah bisnis Anda membantu orang sekitar?

Keberhasilan bisnis yang baik adalah yang memberikan manfaat untuk diri sendiri dan orang sekitar

Kalau Anda sudah lumayan sukses dan mampu menampung pekerja, Anda bisa membuka lapangan usaha untuk orang sekitar yang membutuhkan

Ajarkan orang tersebut untuk bisnis secara perlahan mulai dari bantu promosi jualan Anda, lalu buka toko online, posting produk hingga pemasaran

Selain memberi lapangan usaha Anda juga memberikan ilmu dan pengalaman ke mereka

Jadi semua yang Anda lakukan gak pernah ada kata sia-sia malah bermanfaat

#12. Manfaat yang didapat customer

Produk yang Anda jual ini manfaatnya apa saja?

Saat berbisnis posisikan diri Anda sebagai calon pembeli, gunanya untuk memperkirakan produk apa yang dibutuhkan

Lalu pikirkan gimana caranya memuaskan pembeli, cari tahu apa yang bikin mereka percaya dan kenapa harus beli produk Anda

Misalnya Anda menjual mug custom

Manfaat yang didapat pembeli selain bisa untuk minum, mug ini bisa memberikan kesan mewah

Biasanya hanya pakai mug polos, mug dari toko Anda ada desainnya jadi kelihatan berbeda dan keren

Manfaat lainnya bisa untuk kado ulang tahun atau pernikahan, dan bisa untuk pajangan juga

#13. Pelanggan adalah raja

Pelanggan yang datang kembali lagi dan menjadi setia bukan karena faktor harga saja, tapi karena pelayanannya, kebutuhannya dan hasil yang memuaskan

Makanya dari segi pelayanan dan produk harus diperhatikan dengan benar

Kasih kualitas produk yang terbaik lalu pertahankan, pelayanan juga diperbaiki kembali 

Kasih reward berupa kupon belanja atau potongan harga untuk mengapresiasi kesetiaan mereka

Biar makin jago coba baca teknik closing biar customer kebelet transfer

Dari 13 pertanyaan dan pernyataan tadi mana saja yang sudah Anda tanyakan pada diri sendiri? 

Coba cek jawaban Anda sama penjabaran diatas berapa yang cocok dengan situasi Anda saat ini

Kalau Anda belum ngelakuin coba baca lagi lalu pikirkan jawaban yang tepat untuk setiap poin yang ada diatas

Dapat penghasilan dari hobi itu mudah

Gak ada yang gak mungkin!

Anda pasti bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari ladang bisnis yang sudah diciptakan

Misalnya Anda punya target keuntungan 100 juta, tapi boleh juga diatas segitu ya

Kan sudah tahu hobi Anda itu apa, sudah tau cara tingkatkan level hobi, sekarang coba kembangkan hobi untuk bisnis dengan cara:

  • Bagi yang belum memulai bisnis

Bisa mulai mengenali bisnis apa yang cocok

Sesuaikan bisnis Anda dengan hobi atau sesuatu yang Anda kuasai, dan tahu ilmunya

Pertahankan kemampuan Anda kalau bisa tingkatkan lagi skill Anda

Biar gak cuma jualan produk tapi jualan skill juga, kan jadinya pembeli bisa percaya dan setia sama bisnis Anda

Misalnya, Anda hobi bikin aksesoris gelang dan kalung tapi bikin sendiri (DIY)

Awalnya cuma buat dipakai sendiri coba sekarang beraniin diri untuk tawarin ke teman-teman Anda

Untuk di awal boleh lah kasih gelangan gratis dengan embel-embel kenang-kenangan

Tapi untuk besok atau kalau ada yang mau order kasih tarif per gelang dikasih harga murah sekitar 10-15rb, per kalung 20-25 rb

Minta tolong ke teman yang sudah pakai gelangnya untuk bantu promosi ke teman yang lain

Lumayan kan dari hobi bikin karya tangan jadi cetakan uang

  • Bagi yang sudah memiliki bisnis 

Biar target 100 juta itu terwujud perlu kerja keras dan giat lagi agar bisa buka kran pundi uang tambahan

Dari ilmu dan pengalaman yang sudah Anda punya bisa membuat level bisnis Anda meningkat

Semakin banyak pembeli yang setia dengan bisnis Anda

Dan Anda bisa memperluas lapangan kerja juga agar semakin banyak orang yang terbantu

Lalu analisis bisnis Anda, kira-kira bisa gak kalau dipecah lagi jadi ide untuk mendapatkan penghasilan baru

Misalnya, Anda adalah pebisnis hijab 

Awalnya cuma jualan hijab segiempat polos dan bermotif

Berkat kerja keras dan tekunnya Anda untuk promosi ke teman dan calon pembeli, rajin posting produk, fast respon, ready stock, kualitas produk bagus

Membuat Anda punya banyak pelanggan yang bolak balik beli di toko online Anda

Lihat keuntungan Anda, jika sudah lumayan banyak dan berkemungkinan untuk jual produk baru artinya bisa di coba

Anda bisa coba jual produk atau jasa:

  • Souvenir/aksesoris hijab

semakin modis perempuan dalam berhijab berarti ada kesempatan Anda untuk membantu mereka agar kesan modisnya bertambah

Anda bisa membuat aksesoris hijab seperti bros bermotif, anting yang dipakai di luar hijab, bandana khusus hijab, dan lainnya

  • Membuat buku tentang hijab

“Bagaimana memakai hijab yang syar’i tapi tetap modis”, “tutorial hijab simple 2020”

Isi materi buku bisa Anda sesuai kan dengan materi kelas model hijab

Tambahkan visual agar orang yang baca langsung paham dan menambah kesan keren plus lengkap di buku Anda

Atau Anda juga bisa bikin buku biografi pengalaman Anda berhijab atau kumpulkan cerita followers Anda saat berhijab

  • Buat video tutorial memakai hijab kekinian lalu upload ke Youtube

Biar tidak ketinggalan zaman manfaatkan teknologi adalah jalan satu-satunya

Pengguna sosial media itu banyak apalagi nonton video di youtube

Orang suka mengisi waktu luang dengan melihat berbagai jenis video disana

Ada kemungkinan kalau Anda buat video akan dilirik penonton asalkan target viewersnya jelas

Misalnya target viewers Anda wanita berhijab dan tidak

Bikin video tutorial hijab di berbagai acara, cara bikin model hijab, cara pilih hijab, trik pilih bahan hijab di berbagai kondisi, memadukan motif hijab dan pakaian, dan video lainnya

Kalau sudah banyak yang nonton bisa tuh arahin ke toko online Anda biar beli hijabnya disana

  • Membuka seminar model hijabers

Biasanya seminar diadakan untuk sharing antara pembicara dan penonton

Coba adakan seminar, mulai dari lingkungan rumah dulu gak papa, ajak saja ibu-ibu rumah tangga atau ibu-ibu pengajian untuk datang, anak perempuan muda juga boleh

nilai seminar pertama Anda ini, lihat responnya dan antusias orang yang datang

kalau memuaskan dan sesuai ekspektasi, boleh Anda mencoba seminar berikutnya dengan target anak mahasiswa

Dari sinilah Anda mendapatkan penghasilan baru, jadi tidak hanya bergantung pada satu penghasilan bisnis Anda

Ternyata mudah bukan buka kran bisnis padahal cuma dari satu hobi

Bahkan modal bisnis ini cuma perlu ilmu dan asah skill saja

Silahkan terapkan cara ini biar Anda jadi salah satu orang yang berhasil buka banyak kran pundi uang

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi pebisnis pemula.

Dan jangan lupa untuk membagi artikel ini ke semua sosial media yang Anda punya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here