Instagram sendiri telah mengembangkan dan memberi beberapa fitur terbaiknya untuk digunakan oleh penggunanya.

Semua fitur-fitur yang diberikan memiliki artinya sendiri dan dapat membantu para penggunanya, baik dalam berbisnis maupun sekedar sebagai sosial media pribadi.

Berikut adalah rangkumannya…

April 2020

Fitur Mentioning Your Brand di Instagram Story 

Berbagi momen lewat Instagram Story kini semakin seru. 

Selain bisa mention teman Anda, Anda bisa mention brand, atau followers Anda yang mention brand Anda.

Untuk me-“mention” brand sama seperti me-mention teman Anda.

Caranya cukup dengan memasukkan Sticker diikuti nama akun brand di layar Story.

Fitur ini bermanfaat untuk para pebisnis di Instagram, karena secara tidak langsung jika pembeli Anda me-mention brand Anda di Story mereka, maka brand Anda bisa semakin dikenal banyak orang.

Fungsi lain fitur Mention memang untuk mempromosikan akun Instagram lain dan akun-akun brand.

Fitur Pesan Makanan / Food Order

Instagram meresmikan fitur terbarunya yaitu ‘Food Order’ untuk para pelaku bisnis F&B. 

Fitur ini memungkinkan pengunjung Anda untuk langsung memesan makanan atau minuman yang mereka sukai.

Nantinya, pengunjung Anda akan diarahkan ke layanan pesan antar makanan yang telah Anda daftarkan.

Misalnya, grabfood atau gofood.

Cara untuk mendaftarkan layanan pesan antar makanan tersebut dengan cara sebagai berikut:

Buka profil Instagram Anda. Pilih opsi Edit Profil.

Di bawah ‘Informasi Bisnis Publik’ (Public Business Information), pilih opsi Tombol Tindakan (Action Buttons)

Di bawah ’Select a Button’, pilih Order Food/Pesan Makanan.

Lalu, pilih partner yang ingin Anda gunakan.

Tambahkan link/tautan halaman jualan Anda di aplikasi pengiriman makanan.

Selesai!

Nantinya akan ada button Order Food di laman profil jualan Anda. 

Sebagai catatan tambahan, jika Anda mengaktifkan tombol ini, maka pilihan lain seperti Get Tickets, Reserve, dan lainnya akan hilang.

Tak hanya itu, Instagram juga meluncurkan stiker Order Food. 

https://lh5.googleusercontent.com/PrIm_1etOe76nyCJkixbDXHhcl1CeCBz3rSXTtMwS5uh2nGl4ou1pBoH8c-QoXuc5FeaSz2c-9m2HImznGFIYTPSgNLTU2b9R67sfhA13T5k_K4qI4_tlkG7O-HMGVo_t0AapWjP

Anda bisa mengunggah Instagram story foto makanan yang Anda jual, lalu tambahkan sticker tersebut. 

Ketika ada pengunjung klik order, maka akan dialihkan ke laman jualan Anda.

Itu dia cara setting fitur Food Order di Instagram Anda. 

Menarik, bukan? 

Bisa Anda coba fitur ini untuk mengembangkan bisnis Anda.

Fitur Direct Message di Instagram Web

Tahun 2020 tepatnya bulan April, Instagram meresmikan fitur DM Instagram versi web yang dapat diakses oleh Anda dan para pengguna lainnya di seluruh dunia.

Anda bisa akses lewat handphone ataupun desktop dengan alamat instagram.com.

Notifikasi DM desktop juga dapat Anda terima jika telah mengaktifkan notifikasinya.

Instagram memprioritaskan DM web untuk membantu penggunanya agar dapat terus terkoneksi dengan pengguna lainnya. 

Cara Menggunakan Fitur DM Instagram via Web

Cara mengirim pesan secara langsung atau DM ke pengguna Instagram lain sangat mudah. 

Masuklah ke fitur pesan langsung Instagram, bisa juga dengan cara mengakses pilihan profil penerima.

Pertama-tama, buka aplikasi dan klik ikon bergambar pesawat kertas yang ada dipojok kanan atas. 

Setelah itu, tekan New Message pada bagian bawah layar.

Pilihlah nama pengguna yang akan Anda kirimi pesan. Untuk lebih mudah menemukan pengguna, maka bisa mengetikkan nama pada kolom search.

Tuliskan pesan yang ingin Anda tulis. Jika Anda ingin menambahkan gambar, video, dan sebagainya, Anda bisa gunakan fitur yang ada di sampingnya yang ditunjukkan oleh tanda panah dibawah ini. Jika sudah selesai, maka klik Send. Dan selesai!

Fitur DM Instagram versi web dapat diakses oleh para pengguna. Fitur-fitur menarik terus diupayakan Instagram untuk kenyamanan meningkatkan kualitas.

Fitur Download Data di akun Instagram Anda

Instagram baru-baru ini merilis fitur baru bernama “Data Download”. 

Fitur ini berguna untuk mengunduh data pengguna di akun Instagram, misalkan Anda ingin menghapus akun dan mendapatkan semua data yang pernah diupload. 

Yaitu info profil pengguna, foto dan video, Stories yang sudah diarsipkan, posting dan caption, kontak yang diunggah, Username dari daftar Following dan Follower, pesan langsung, komentar, Likes, hasil pencarian dan pengaturan.

Fitur ini bekerja dengan mudah. Anda hanya perlu masuk ke bagian Data Download, masukkan email dan tunggu Instagram mempersiapkan data yang telah Anda download. 

Nantinya, email dari Instagram mengenai data yang sudah Anda download akan tampil dalam jangka waktu maksimal 48 jam. 

Cara Menggunakan Data Download di Instagram.com


1. Buka halaman profil Instagram Anda.

2. Buka Pengaturan.

3. Lalu, pilih Keamanan.

4. Lalu, pilih Unduh Data.

5. Masukkan Email Anda.

6. Masukkan Password.

7. Lalu, klik Selesai, nantinya Anda akan mendapatkan Email dari Instagram.

8. Anda akan mendapatkan email seperti ini. Lalu, klik Unduh Data.

9. Lalu, Anda akan diarahkan ke halaman ini, lalu masukkan username dan password Instagram Anda.

10. Lalu, Anda akan masuk ke halaman ini, setelah itu klik Download Data.

Fitur Following Categories 

Fitur ini akan menampilkan akun-akun yang paling banyak berinteraksi dengan Anda.

Dengan begitu, jika Anda jarang berinteraksi dengan beberapa akun, akan lebih mudah untuk mengetahui siapa yang perlu di-unfollow.

Saran untuk unfollow itu hadir dalam sebuah fitur bernama Following Categories yang sudah bisa Anda gunakan.

Bagaimana Cara Akses Following Categories?

Berikut beberapa langkah untuk melihat Following Categories Instagram Anda:

1. Kunjungi profil Instagram Anda, lalu klik “Mengikuti” (Following).

2. Setelah itu, kamu akan melihat beberapa Kategori, seperti “Paling Sering Ditampilkan di Beranda” dan “Paling Sedikit Berinteraksi”.

3. Selain itu, Anda juga dapat mengurutkan daftar akun yang ikuti berdasarkan tanggal Anda mengikuti akun tersebut.

Anda bisa memilih untuk mengurutkan berdasarkan tanggal mengikuti paling awal hingga terbaru, atau sebaliknya, sehingga Anda bisa mencari tahu akun siapa yang diikuti pertama kali saat Anda baru membuat akun Instagram.

Januari 2020

Fitur Grow Analytics 

Instagram marketing sekarang ini menjadi strategi digital marketing yang sangat powerful.

Terutama pada perkembangan fitur-fiturnya. Seperti Instagram stories, direct message, insight, dan sebagainya.

Banyak para pebisnis hanya asal menggunakan Instagram, tanpa tahu hasil dan report data yang seharusnya bisa jadi acuan untuk strategi bisnis mereka.

Anda bisa menggunakan fitur Insight yang telah disiapkan oleh Instagram. Fitur ini hanya ada pada akun-akun bisnis saja.

Fitur ini berfungsi untuk Anda yang ingin mencari tahu tentang followers Anda, kapan mereka aktif menggunakan Instagram, apa postingan yang memiliki engagement tertinggi, dan sebagainya.

Cara Mengakses Instagram Insight Anda

1. Buka halaman profil Instagram Anda.

2. Lalu, pilih Insight.

3. Inilah fitur terbaru yang ada di fitur Insight.

Disini Anda bisa melihat pertumbuhan orang-orang yang mengikuti akun Anda dan yang men-unfollow akun Anda, mulai dari hari Senin sampai Minggu.

Fitur Set Age Untuk Akun Instagram

Instagram semakin mengetatkan aturannya guna untuk mencegah anak dibawah umur menggunakan aplikasi ini.

Mulai awal tahun 2020, Instagram akan meminta informasi tanggal lahir calon penggunanya.

Usia yang diperbolehkan jika ingin mendaftar Instagram adalah minimal 13 tahun di sebagian besar negara, termasuk Indonesia.

Informasi tanggal lahir di Instagram tersebut tidak akan bersifat umum. Artinya, informasi ini hanya bisa dilihat oleh pemilik akun saja.

Tapi jika pengguna mendaftar Instagram menggunakan Facebook, tanggal lahir yang tercantum di sana akan secara otomatis mengikuti saat mendaftar Instagram.

Jika pengguna mengganti usianya di Facebook, maka informasi tanggal lahir di Instagram akan menyesuaikan juga.

Namun, jika tidak mendaftar akun Instagram dengan Facebook, informasi tanggal lahir di Instagram bisa diubah manual.

Anda juga bisa mengatur usia siapa saja yang bisa melihat profil Instagram.

Berikut adalah cara-caranya:

1. Buka halaman profil Instagram Anda.

2. Lalu, klik Pengaturan.

3. Lalu, pilih Bisnis.

4. Pilih Usia Minimal.

5. Lalu, tambahkan atau masukkan usia minimal yang Anda inginkan.

6. Lalu, pilih Negara mana yang ingin Anda bedakan umurnya dari negara lain. Misalnya, di Indonesia minimal berusia 16 tahun, di negara lain 15 tahun.

7. Lalu, masukkan usia yang Anda telah tentukan untuk di Negara yang Anda pilih. Setelah itu klik tanda ceklis dipojok kanan atas.

Selesai! 

Nantinya, akun Anda hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang berusia antara 15-16 tahun.

Nah, itulah beberapa rangkuman mengenai fitur-fitur terbaru yang ada di Instagram.

Semua fitur-fitur ini sudah bisa Anda gunakan dan bisa Anda manfaatkan untuk bisnis Anda atau sekedar untuk meningkatkan engagement Anda.

Tapi dengan catatan, Anda harus memperbarui aplikasi Instagram Anda di PlayStore atau AppStore untuk bisa menikmati berbagai fitur diatas.

Selamat mencoba!


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here