Email Marketing Dan Keuntungannya

Email merupakan chanel marketing yang efisien dan intim, Anda bisa membaca artikelnya tentang alasan kenapa harus email menggunakan email marketing disini. Perlu Anda ketahui juga setiap smartphone sekarang mewajibkan penggunanya untuk memasukan email agar memudahkan mereka dalam mengoperasikan gadget-nya. Itu artinya, setiap orang bisa membaca email dimana saja dan kapan saja.

Ini merupakan peluang bagi Anda untuk memanfaatkan email marketing dengan maksimal dan menghasilkan penjualan yang tentunya meningkat juga, mengingat sifat email marketing yang personal seperti one to one .

BUNDLING DICOUNT 5 BUKU : ALONA STORE PRESENTS
Jualan di Instagram

Ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan email list, yaitu:

1. Buat Produk Gratis

Produk GRATIS ini yang masih berhubungan dengan produk yang akan selanjutkan Anda jual, dan jangan sembarangan memberikan produk GRATIS tanpa VALUE karena itu nggak akan memberikan kesan kepada orang lain. Tidak akan meninggalkan kesan di mata orang lain. Malah bisa jadi akan membuat nama Anda atau brand Anda buruk untuk ke depannya.

Kenapa Saya larang keras kamu memberikan PRODUK gratis tanpa value? karena ketika mereka me-ndownload dan ketika dibuka hasilnya biasa saja. Maka akan timbul kesan yang negatif dan langsung men-judge bahwa kamu Anda hanya ingin mendapatkan database email saja, mereka akan merasa dimanfaatkan oleh Anda dan dikemudian hari, mereka akan unsubscribe email dari Anda.

Saya pernah tes beberapa hal untuk email marketing ini. Salah satunya adalah dengan membuat ebook gratis yang biasa saja, efeknya adalah saya tidak mendapatkan feedback yang baik. Berbeda halnya saat saya membuat ebook berbobot atau video webinar yang penuh dengan value. Feedback dari mereka sangat baik dan hubungan saya dengan subscriber di email list saya menjadi lebih dekat karena mereka merasakan edukasi yang positif dari saya.

Oh yah, untuk bisa menjaring email ini kamu harus menggunakan tools email Autoresponders. Namun bagaimana agar mereka mau memberikan emailnya kepada kita? Sederhana sekali kawan, “Produk GRATIS apa yang isinya sebagai SOLUSI bagi mereka saat ini?”

Jadi fokuslah menjadi solusi dari masalah yang mereka hadapi, tentunya solusi tersebut harus fresh dan bermanfaat sehingga meninggalkan kesan positif. Bukan solusi yang sudah basi. Dengan pola ini, mereka akan rela memberikan emailnya kepada Anda.

2. Pasang Pop Up di Website atau Blog Anda

Berikan pop up untuk registrasi email pada website atau blog Anda. Tentunya website atau blog Anda harus berisi sesuatu yang informative dan menjadi solusi untuk mereka. Dengan begitu mereka akan ketagihan dengan konten Anda. Dan hal itulah yang akan membuat mereka tidak ingin ketinggalan update tulisan dari Anda, sehingga mereka mau mendaftarkan emailnya kepada Anda.

Lakukan tulisan bermanfaat di website atau blog Anda dengan konsisiten. Karena banyak orang yang ingin hasil instan, dan mati ditengah jalan karena memiliki mindset yang salah. Jadi nikmati prosesnya dengan konsistensi yang stabil dan berbobot.

3. Offline

Selain dengan kedua cara diatas yang dilakukan secara online, Anda pun bisa mengumpulkan email list secara offline. Bisa dengan cara Anda membuat seminar offline gratis dengan syarat cukup memasukan email.

Bisa juga Anda memberikan sesuatu yang gratis pada event offline dengan syarat orang tersebut harus mengisi form email yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Dengan 3 cara ini, Anda dengan mudah akan mendapatkan email list untuk menjadi pelanggan loyal produk dan jasa Anda di masa akan datang. Selamat mencoba ^^

Baca juga: Memahami Sales Funneling 

dan  Mau Mengoptimalkan Target Audiensi di Facebook? Terapkan 7 Cara Ini!  

 

BUNDLING DICOUNT 5 BUKU : ALONA STORE PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here