Dalam sebuah bisnis, memiliki pelanggan yang loyal itu jauh lebih menguntungkan dibanding mendatangkan pembeli baru. Mereka yang sudah pernah menjadi pembeli atau pelanggan Anda umumnya sudah mempercayai Anda dan cenderung akan membeli lagi. Sebaliknya, meyakinkan calon pembeli itu membutuhkan effort dan biaya yang lebih besar.

Dengan email marketing, Anda akan sangat dimudahkan untuk menjaga pelanggan lama tetap mengenal Anda, karena Anda tetap keep in touch dengan mereka lewat email.

Kenapa tidak menjaga pelanggan kita lewat sosial media saja?

Kalau hanya lewat sosial media, kita tahu kalau sosial media yang populer itu berganti-ganti tiap sekian tahun. Dulu ada Friendster, lalu Facebook, ada Twitter, Path, Snapchat, sekarang Instagram. Semua ramai-ramai pindah kalau ada sosmed baru yang lebih seru. Setelah capek-capek mengumpulkan follower, eh 5 tahun kemudian hilang semua karena pindah ke sosmed baru. Dan kita harus mengumpulkan follower dari awal lagi. Sangat memakan waktu bukan?

Sedangkan email, sejak pertama kali umum dimanfaatkan sejak tahun 90-an, hingga kini masih saja selalu digunakan. Ke depannya pun bisa dibilang hampir pasti demikian. Bahkan untuk mendafatar di sosial media, tetap harus menggunakan email bukan?

Selain itu, email marketing adalah sumber traffic/pengunjung ke website yang konsisten dan mandiri. Anda tidak hanya bergantung ke sumber traffic lain yang berasal dari pihak ketiga (misalnya Google atau referral atau social media), karena sumber traffic-nya kita miliki sendiri.

Anda juga perlu tahu bahwa mengumpulkan alamat email itu gratis! Tinggal bagaimana Anda berkreatif ria dalam mengumpulkan email dari target market Anda.

Mungkin Anda masih bingung, bagaimana cara mengirimkan email marketing? Untuk Anda yang pemula, caranya adalah ya dikirim. Dikonsep, dibuat, kemudian dikirim. Sebelum itu, Anda harus tahu alasan mengapa Anda melakukan sesuatu, termasuk mengapa Anda harus mulai mengirim email marketing.

Berikut alasan logis yang patut Anda pertimbangkan;

1. Murah

Email marketing merupakan salah satu chanel pemasaran yang murah, karena Anda sebagai pemilik bisnis lebih bisa me-manage pelanggan Anda dengan baik tanpa harus mengeluarkan uang lagi untuk mendapatkan pembeli baru yang tentunya butuh cost lebih banyak.

2. Efektif

Dengan email marketing, pemasaran Anda jauh lebih efektif karena menawarkan barang kepada orang yang memang telah percaya kepada Anda. Terbukti dari memberikannya email mereka kepada Anda yang artinya mempersilahkan Anda untuk masuk ke dalam inbox mereka.

Baca juga: Memahami Sales Funneling

3. Dapat Diukur

Tidak seperti alat marketing lainnya, hasil dari kampanye email yang kita buat dapat diukur. Laporan secara lengkap mengenai email dapat diketahui misalnya berapa orang yang telah membuka email tersebut, berapa banyak link yang telah di klik oleh penerima, email yang tidak terkirim akan langsung terlihat jelas untuk kemudian dibuang pada pengiriman selanjutnya, maupun berapa banyak email yang sudah di forward kepada alamat email lain.

Semuanya itu akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan mengetaui laporan-laporan seperti ini, kita dapat mengambil kesimpulan secara cepat terhadap kampanye yang telah kita kirimkan.

4. Lebih Intim

Dengan email marketing, hubungan Anda dengan pelanggan Anda lebih intim, karena lebih personal. Email yang Anda kirim langsung dibaca oleh pemilik email. Anda bisa menggunakan strategi marketing seperti bicara one-to-one, meskipun Anda mengirim dalam sekali waktu.

5. Mudah

Banyak jasa email marketing dalam bentuk website. Biasanya alat ini juga menyertakan template jadi yang dapat kita gunakan sesuai dengan topik pengiriman yang kita inginkan. Dengan bentuk website, kita dapat dengan mudah untuk membuat email marketing dimana saja dan kapan saja. Hanya memerlukan koneksi internet dan browser web.

Jadi, kapan Anda ingin mulai menggunakan email marketing? Jangan sampai keduluan pesaing Anda ya 🙂

Baca juga: Mau Mengoptimalkan Target Audiensi di Facebook? Terapkan 7 Cara Ini! 

 

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here