Siapa di sini yang tidak mengenal Paypal sebagai media pembayaran resmi jual beli online antar Negara? Atau siapa yang tidak kenal dengan Tesla Motors, sebuah perusahaan yang sedang mengembangkan teknologi mobil listrik canggih pengganti mobil berbahan bakar BBM?

Adalah Elon Musk, pria di balik kesuksesan Paypal dan Tesla Motors yang kini telah menjadi taipan di bidang teknologi. Tak hanya berhenti di Paypal dan Tesla Motors, Elon Musk juga bergerak di Space X (perusahaan yang menyediakan paket wisata ke luar angkasa) dan Solar City (perusahaan pengembang tenaga surya).

Tak heran jika ia mendapat julukan Iron Man di dunia nyata. Karena perusahaan teknologi yang ia kelola pasti sukses dan berkembang.

Lalu apa sih yang jadi rahasia sukses dari seorang Elon Musk dalam memimpin perusahaannya selain bekerja keras? Mengingat Elon Musk bergerak di bidang teknologi yang tentunya memiliki perkembangan sangat cepat dan memerlukan modal yang tidak sedikit.

1) THINK OUTSIDE THE BOX

Semua pengusaha sukses pasti bisa berpikir out of the box alias berpikir di luar batas yang biasa dilakukan oleh manusia-manusia kebanyakan. Tapi think outside the box yang dilakukan Elon Musk benar-benar berbeda, bahkan cenderung gila.

Bahkan partner Elon Musk di Paypal, Max Levchin, pernah berkata bahwa Elon Musk mungkin hanyalah satu-satunya orang yang berkata “bisa” di saat semua orang mengatakan “mustahil untuk diwujudkan”.

Begitu pula yang terjadi pada Paypal, Tesla Motors, Space X, dan Solar City. Elon Musk tak pernah mempedulikan bahwa idenya dianggap mustahil oleh orang lain. Ia tetap akan mengatakan “bisa” dan berusaha mencetak sejarah.

2) MENANAMKAN VISI EKSPANSI BISNIS

Elon Musk selalu berpegang teguh akan visinya untuk selalu ekspansi bisnis. Ia tak pernah puas dengan satu bisnis saja.

Menjabat sebagai orang terkaya dari Paypal tentunya bakal dirasa cukup, bahkan berlebih bagi kebanyakan orang. Tapi tidak bagi Elon Musk. Ia terus memutar modalnya untuk mencoba peluang-peluang baru. Dan jadilah ia terlibat dalam beberapa perusahaan dengan proyek mega besar seperti Tesla Motors, Space X, dan Solar City.

3) MAMPU MEMBUAT ORANG LAIN YAKIN

Untuk menjalankan perusahaan dengan proyek-proyek besar, tentunya Elon Musk harus mampu merangkul banyak orang berkerja bersama dirinya. Untuk itu ia harus pandai dalam meyakinkan orang lain.

Dan terjadilah, sudah ratusan bahkan ribuan karyawan tergabung dalam perusahaannya mengembangkan proyek-proyek besar yang diimpi-impikan Elon Musk.

Bahkan ketika Falcon 1, pesawat luar angkasa hasil riset pertama dari Space X gagal mengudara dan menembus atmosfer bumi hingga menyebabkan kekhawatiran banyak karyawannya, Elon Musk justru berdiri tegap dan meyakinkan timnya bahwa seluruh dana riset Space X telah ditutup oleh investasi yang sangat besar.

Ini membuat timnya kembali lega dan bekerja seperti biasa. Hasilnya, Falcon 2 berhasil menembus orbit bumi.

4) TIDAK MENGENAL NEPOTISME

Jika memiliki bisnis, wajar bagi kita untuk memberikan jabatan-jabatan tertentu kepada anggota keluarga dengan posisi strategis dan gaji yang fantastis.

Begitu pula dengan Elon Musk. Ia memberikan beberapa kursi di perusahaannya untuk dikelola oleh anggota keluarga. Meskipun demikian, ia tidak mengenal nepotisme dan tetap menjaga profesionalitas dalam bekerja.

Anggota keluarganya ditempatkan di posisi-posisi yang memang menjadi keahlian anggota keluarganya. Jika keluarganya berbuat salah, Elon tak segan memberikan sanksi yang setara dengan karyawan-kaeyawan lainnya.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here