Ketika kita berbisnis, seringkali kita mendapatkan nasihat-nasihat beragam dari berbagai macam pihak. Dari sekian banyak nasihat, tentu tidak semuanya relevan dan bisa kita terapkan dalam kehidupan kita. Kita memang tidak dianjurkan untuk menolak nasihat-nasihat yang datang, begitu juga kita tidak dianjurkan juga untuk langsung mengeksekusi setiap nasihat yang menghampiri.

Karena dalam bisnis, ada beberapa jenis nasihat yang harus dihindari agar bisnis Anda tidak semakin kacau balau :

1) PENASIHAT YANG ADA MAUNYA

Terkadang ada tipe orang yang sengaja memberikan kita nasihat supaya kita terkesan dan merasa diperhatikan, padahal di balik itu semua ada maksud terselubung yang tidak diutarakan. Bisa jadi maksud tersebut jelek atau kurang menguntungkan bagi Anda dan bisnis Anda. Maka sebaiknya penasihat tipe ini Anda hindari.

Bagaimana caranya mengetahui seorang penasihat memiliki modus atau keinginan terselubung yang merugikan? Simpel saja, jika ada orang yang memberikan Anda perhatian berlebih dan Anda rasa kurang nyaman, Anda bisa menghindari orang tersebut dengan halus. Tidak ada di dunia ini manusia yang memberikan perhatian berlebih tanpa maksud tertentu. Apalagi jika penasihat tersebut terlalu mengusik kehidupan Anda dan bisnis Anda, sebaiknya hindari saja sebelum ada kejadian tidak menyenangkan terjadi.

2) PENASIHAT YANG TIDAK JELAS

Kadang ada juga orang yang menasihati kita tapi tidak jelas apa yang ia utarakan. Misalnya ketika tiba-tiba orang tersebut memberikan saran “Sudah kamu cari pemodal saja, tidak ada jalan lain!” dengan wajah tidak antusias. Sudah jelas orang tersebut sebenarnya tidak atau kurang peduli dengan kita.

Penasihat yang baik akan mendengarkan setiap masalah dan kesulitan Anda. Baru nantinya ia akan mencoba memberi saran sesuai dengan apa yang kira-kira bisa Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

3) PENASIHAT YANG APA-APA SETUJU

Salah satu ciri-ciri orang yang sebenarnya kurang peduli dengan Anda adalah ia akan menyetujui apapun yang Anda utarakan. Bukan karena orang tersebut terlalu baik atau karena ide Anda sudah benar. Melainkan orang tersebut selalu setuju karena ia malas memikirkan Anda. Ketika ia terus setuju dengan ide-ide Anda tanpa memberi masukan lebih lanjut, itu tandanya orang tersebut tidak memperhatikan Anda dan tidak peduli dengan bisnis Anda, ia hanya ingin cepat-cepat menyudahi pembicaraan dengan Anda.

4) PENASIHAT YANG PANDANGANNYA SEMPIT

Terkadang saat kita meminta nasihat kepada orang lain, kita akan menemukan orang yang pandangan dan pemikirannya sempit. Orang tipe ini biasanya kurang terbuka kepada hal lain dan tidak fleksibel menghadapi perubahan. Jika Anda bertemu dengan orang seperti ini, sebaiknya jangan bertukar pikiran terlalu jauh. Karena sudah pasti pemikirannya tidak akan bisa membantu Anda untuk maju dan rawan terjadi perdebatan yang tidak perlu.

5) PENASIHAT YANG TIDAK MAU MENDENGARKAN ORANG LAIN

Sebelum bisa memberikan nasihat yang berguna bagi orang lain, tentulah kita harus mendengarkan orang lain dengan antusias. Gunanya supayakita bisa memahami permasalahan yang diutarakan lawan bicara,baru memberi masukan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh lawan bicara kita.

Jika Anda bertemu dengan orang yang tidak mau mendengarkan Anda, sebaiknya jangan meminta nasihat kepada orang tersebut. Bagaimana ia bisa memberikan nasihat yangbaik kalau mendengarkan permasalahan Anda saja ia tidak mau?

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here