“You don’t decide your future. You decide your habits and your habits decide your future.”
Banyak orang yang ingin menjadi sukses. Tapi tidak semua orang ingin membayar harganya dengan waktu, tenaga dan investasi yang lebih besar. Sukses bukanlah jalan lurus tanpa hambatan. Tapi merupakan sebuah proses perjalanan panjang yang berliku dan naik turun. Banyak orang menyerah di tengah jalan sebelum sampai tujuan.
Itu karena mereka tidak menginginkan impian sebesar itu, sehingga tidak memiliki effort yang besar. Kata-kata motivasi tidak akan bisa mengubah diri Anda menjadi lebih baik jika dalam diri Anda sendiri tidak memiliki kesadaran untuk mengubah hidup ke arah yang lebih baik.
Seorang yang sukses dan pekerja keras memiliki beberapa kebiasaan positif yang dilakukan setiap hari, diantaranya:

 

1. Fokus Pada Perubahan Diri

Pekerja keras bukanlah orang yang membandingkan dirinya dengan orang lain, tapi dia lebih memiliki fokus untuk mengubah dirinya menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

 

2. Selalu Latihan & Kerja Keras

Malcolm Gladwell, dalam bukunya yang berjudul Outliers, menyatakan bahwa untuk menjadi ahli dalam suatu hal, Anda membutuhkan waktu sekitar 10.000 jam untuk melatih hal tersebut. Jika sudah melampaui waktu ini, Anda dijamin dapat mahir melakukan apa pun yang Anda latih.
Pernyataan ini merupakan hasil dari pengamatan sang penulis terhadap orang-orang yang dianggap sukses. Sudah berapa jam Anda melatih kemampuan diri untuk sukses di bidang yang Anda geluti? Belum mencapai 10.000 jam? Jangan menyerah untuk berlatih.

 

3. Jarang Membuka Sosial Media

Dalam sosial media sering kali berisi tentang berita negatif yang membanjiri timeline, dan tidak jarang membuat kita lupa waktu sehingga sejam atau dua jam tidak terasa telah berlalu. Berita negatif juga secara tidak langsung membanjiri alam bawah sadar kita dan membuat diri sulit produktif.
Oleh sebab itu orang sukses selalu mengurangi waktu yang tidak berguna. Membuka sosial media pun untuk keperluan produktif seperti beriklan dan mencari insight, sharing positif, dan keperluan untuk menghasilkan sesuatu.

 

4. Berbagi

Orang sukses dan pekerja keras selalu berbagi dalam kehidupannya, baik berupa uang, harta ataupun ilmu dan tenaga. Mereka sadar akan pentingnya berbagi yang dapat menyehatkan tubuh dan juga pikiran.
Menurut Tom Corley, seorang penulis buku Wealthy Habits : The Daily Success Habits of Wealthy Individuals, sebanyak 73% dari 233 orang sukses yang ditelitinya melakukan kegiatan volunteer selama sekitar 5 jam per bulannya.
Orang-orang ini termasuk Bill Gates, Oprah Winfrey, Mark Zuckerberg, yang masing-masing berdonasi dengan caranya sendiri.

 

5. Investasi Ilmu

Kebiasaan orang sukses yang terakhir adalah berinvestasi ilmu melalui workshop, seminar ataupun buku. Karena mereka sadar bahwa yang penting dari dirinya adalah memperkaya pikiran dengan ilmu.
Membaca adalah elemen yang paling penting dan rutin dilakukan oleh orang sukses. Elon Musk, seorang CEO dari SpaceX, menghabiskan waktunya paling tidak 4 jam dalam sehari untuk membaca buku. Sedangkan Bill Gates membaca buku 1 jam setiap harinya sebelum tidur.
Anda ingin sukses? Cobain 5 Pola ini. Good luck! 🙂
- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here