Bisnis online seringkali mengharuskan kita unutk menatap gadget dalam waktu lama, baik itu komputer, laptop, ataupun handphone. Dan bisnis online seringkali membuat kita stagnan di tempat kerja kita untuk mengurusi banyak hal mulai dari manajemen stok, pelayanan customer, hingga pengemasan produk.

Bagaimana tidak? Dengan bisnis online, kita tidak perlu menghabiskan dana puluhan juta rupiah untuk ekspansi ke wilayah lain. Cukup bekerja dari balik meja dengan budget yang jauh lebih hemat, kita sudah bisa memasarkan produk kita ke kota-kota lain.

Tapi efeknya, bisnis online yang membuat kita stagnan di tempat kerja seringkali cepat mendatangkan kejenuhan bagi pemilik bisnisnya. Apalagi jika Anda bekerja sebagai reseller/dropshipper bagi bisnis orang lain dan tidak memiliki karyawan yang bisa diajak ngobrol atau bercanda.

Nah, supaya Anda tidak jenuh, Anda bisa menerapkan beberapa cara berikut ini :

1) COBALAH UNTUK SESEKALI LIBURAN

Liburan itu penting untuk menyegarkan pikiran. Karenanya, jangan ragu untuk menganggarkan budget khusus untuk liburan ke suatu tempat yang bagus. Saat ini banyak beredar travel agency yang siap memberangkatkan Anda untuk liburan ke banyak tempat menarik dengan harga terjangkau. Bahkan dengan uang Rp 350 ribu setiap bulan, Anda sudah bisa diantarkan mengunjungi tempat menarik di Indonesia.

Tak punya travelmate, Anda bisa memilih untuk pulang kampung atau mudik ke rumah orang tua atau kakek nenek Anda di pedesaan. Hiruplah udara segar di sana dan bersantailah sejenak. Paling tidak, dalam sebulan luangkanlah waktu 1-3 hari untuk liburan.

2) UBAH LAY OUT TEMPAT KERJA ANDA

Tempat kerja Anda cenderung berantakan? Waktunya dirapikan. Sudah rapi dari kemarin-kemarin? Coba ganti lay outnya. Geserlah konfigurasi meja kursi dan komputer Anda ke dalam konfigurasi baru.

Anda juga bisa menempatkan beberapa elemen dekorasi baru untuk mempermanis ruang kerja Anda. Lay out ruang kerja yang baru bisa membantu pikiran Anda fresh dan enteng. Selanjutnya, Anda siap untuk fight berbisnis kembali.

3) SHARING DENGAN TEMAN SEPERJUANGAN

Teman seperjuangan tidak harus partner Anda atau teman sesama pebisnis online. Tapi bisa jadi juga sesama teman yang berprofesi sebagai pebisnis, walaupun berasal dari bidang bisnis yang lain.

Ajak teman Anda untuk bertemudan sharing tentang bisnis. Siapa tahu kejenuhan Anda berkurang dan Anda bisa mendapatkan wawasan baru untuk bisnis Anda.

4) BUAT CATATAN PERJUANGAN BISNIS ONLINE ANDA

Jangan segan untuk mendokumentasikan setiap jengkal perjalanan bisnis Anda. Mulai dari ketika Anda berjualan pertama kali, orderan pertama Anda, karyawan pertama Anda, kantor pertama Anda, hingga bisa berkembang jauh seperti sekarang.

Dokumentasikan dalam foto, cetak dan tempelkan dalam album khusus lalu beri keterangan seperlunya beserta tanggal. Ketika Anda jenuh, Anda bisa menilik kembali album bisnis Anda dan Anda akan menyadari, betapa besar perjuangan yang telah Anda lakukan. Ini bisa memicu semangat Anda lagi di kala down atau bosan.

5) COBALAH UNTUK BEREKSPERIMEN DENGAN BISNIS ANDA

Anda merasa jenuh dan bosan dengan bisnis Anda? Cobalah bereksperimen sedikit dengan bisnis Anda. Buat “Sudden Sale” atau Diskon Dadakan, buka open space penjualan di area-area ramai, buat giveaway, atau buatlah event kecil-kecilan yang sedikit berbeda dengan rutinitas bisnis Anda tapi masih bisa mendatangkan profit atau minimal menarik lebih banyak customer dan membangun engagement lebih lanjut dengan customer Anda.

6) BELILAH BARANG YANG INGIN ANDA BELI DARI HASIL JERIH PAYAH ANDA

 

Ada kalanya kita bermimpi memiliki barang A, B, C, D, dan seterusnya dari hasil bisnis kita. Nah, ada baiknya Anda baru membeli barang-barang impian tersebut di kala jenuh. Nantinya akan benar-benar terasa bahwa bisnis Anda benar-benar bisa menghasilkan sesuatu. Efeknya Anda akan menjadi semangat lagi dalam melanjutkan dan menjalankan bisnis Anda.

MA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here