Menjadi seorang entrepreneur juga dituntut untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Tidak hanya sekedar menjadi bos dan mengeluarkan perintah-perintah untuk anak buahnya, menjadi seorang pemimpin juga harus mampu membangkitkan motivasi serta memberikan contoh yang baik bagi anak buahnya.

Lalu, skill apa saja yang harus dikuasai oleh setiap pemimpin?

1) KEMAMPUAN NEGOSIASI YANG BAIK

Kemampuan negosiasi ini nantinya tidak hanya digunakan untuk bernegosiasi dengan klien atau customer. Tapi negosiasi ini juga bisa diterapkan kepada pegawai atau tim.

Misalnya, Anda memiliki anak buah yang sangat pandai dan memiliki potensi yang bagus. Sayangnya ia cenderung bertindak semaunya sendiri. Tidak mungkin Anda memecatnya, karena Anda membutuhkan kemampuan dan potensi yang dia miliki. Di sini, kemampuan negosiasi Anda akan diuji. Bagaimana Anda berbicara dan merangkul pegawai tersebut, sangat diperlukan untuk menjaga stabilitas bisnis Anda ke depannya.

2) KEMAMPUAN MENDENGAR YANG BAIK

Seorang pemimpin tidak hanya terbatas pada pekerjaan memerintah orang lain. Tapi seorang pemimpin juga harus menjadi pendengar yang baik. Bagaimana ia bisa memimpin orang lain jika ia tidak mau mendengarkan orang lain juga?

Contohnya Anda memiliki pegawai yang telah Anda beri sederetan perintah untuk memenuhi job desc-nya. Ternyata setelah beberapa hari, pegawai Anda kinerjanya buruk. Anda tidak bisa langsung menghakimi pegawai Anda tidak kompeten. Coba dengar dulu keluh kesahnya. Siapa tahu ada kendala yang memang benar-benar tidak bisa ia hadapi.

3) BISA MEMBANGKITKAN SEMANGAT ORANG LAIN

Jika hanya sekedar memberikan perintah, orang lain juga bisa. Tapi yang sulit adalah, bagaimana caranya bisa membangkitkan semangat orang lain. Sehingga orang lain rela bekerja untuk Anda, mau totalitas dalam berkarya, dan cukup loyal terhadap perusahaan Anda.

Belajarlah untuk menjadi seseorang yang bisa menginspirasi orang lain. Jika Anda tidak mampu menjadi motivator bagi orang lain, minimal Anda menjadi inspirator bagi orang lain.

4) TEGAS TAPI TETAP BIJAKSANA

Menjadi bijaksana dan tegas membutuhkan latihan dan proses yang cukup panjang. Anda harus bisa menempatkan diri kapan Anda harus tegas kepada orang lain, kapan harus menegakkan peraturan di perusahaan Anda, namun Anda juga tidak boleh menghilangkan sisi kebijaksanaan dalam diri Anda.

Baik dan dekat kepada pegawai itu bisa memberikan keuntungan bagi bisnis Anda. Tapi jangan lupa untuk memberikan batas-batas yang jelas, supaya wibawa Anda sebagai pemimpin tidak hilang.

5) MAMPU MENGAMBIL KEPUTUSAN DI SAAT SULIT

Tidak semua orang mampu melakukan ini. Tantangannya, seringkali ketika kita mengerjakan bisnis, kita akan dihadapkan dengan situasi-situasi sulit yang mengharuskan kita untuk mengambil keputusan secepat mungkin. Di sinilah skill Anda akan teruji.

6) DISIPLIN & VISIONER

Seorang pemimpin juga harus disiplin. Baik terhadap diri sendiri maupun kepada timnya. Selain itu, seorang pemimpin juga dituntut untuk visioner, mampu melihat ke depan bisnisnya akan jadi seperti apa. Tak hanya itu, ia juga harus mampu mengajak timnya untuk bekerja bersama-sama meraih visi tersebut.

7) MAMPU MENEMPATKAN ORANG DI PEKERJAAN YANG TEPAT

Dan yang tak kalah pentingnya, seorang pemimpin harus mampu menempatkan orang di tempat-tempat yang tepat. Seorang pemimpin harus mampu menganalisa kemampuan dan potensi karyawannya, lalu menempatkan mereka di bidang yang sesuai.

Jika Anda memiliki karyawan yang teliti, senang menghitung, dan disiplin, tempatkanlah ia di bagian finance, audit, atau kasir. Jika Anda memiliki karyawan yang ceria, suka bicara, dan mampu memukau orang lain, tempatkanlah ia di bagian penjualan atau public relation. Jika Anda memiliki karyawan yang punya bakat menggerakkan orang lain, jadikan ia manager atau supervisor, dan seterusnya.

MA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here