Menjadi workaholic alias pecinta kerja itu gak salah sih, selagi hasilnya sepadan, bisa membuat Anda bahagia, anda bisa atasi tekanan yang ada

Sebenarnya melakukan pekerjaan yang overload (terlalu banyak) bisa membuat Anda menjadi stres juga

kalau sudah ditahap ini langkah tepatnya adalah mencari cara sederhana atasi stres

Ini gak tertuju sama satu bidang pekerjaan ya, karena stress bekerja itu pasti dialami sama semua orang dan alasan dibalik stress itu gak cuma uang

Pasti Anda pernah merasakan stres karena dituntut untuk bisa selesaikan banyak pekerjaan padahal kerjaan sebelumnya belum kelar

Anda stress karena kurangnya Anda istirahat, hari-hari Anda dipenuhi dengan tugas yang belum terselesaikan, alhasil waktu Anda hanya habis di karir tanpa bisa menikmati hal baru kaya piknik misalnya

Stress faktornya banyak sih gak cuma dari kantor, bisa saja diluar kantor ada yang bikin anda stress, misalnya berantem sama pacar, jarang hangout sama teman atau masalah keluarga

Dan terakhir alasan stress juga bisa dari diri Anda sendiri loh, misalnya kondisi fisik dan mental Anda mulai lemah

Oke, kita langsung aja bahas cara sederhana atasi stres :

1. Jam tidur yang cukup

Cara sederhana atasi stres yang oaling mudah adalah punya jam tidur yang baik

Tuntutan pekerjaan yang mewajibkan Anda bekerja keras dan tepat waktu dalam menyelesaikan tugas membuat Anda harus korban salah satu waktu terpenting di hidup anda yaitu istirahat atau tidur

Kenapa tidur?

karena tidur bisa bantu anda lupa sejenak sama pekerjaan, ya walaupun pas bangun harus balik lagi ke real life, ketemu lagi sama kerjaan

Tidur yang berkualitas bermanfaat untuk merefresh otak Anda dan menjaga stamina tubuh, 

Menurut penelitian National Sleep Foundation, jam tidur berkualitas untuk orang dewasa kaya gini

  • Dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam setiap hari. 
  • Dewasa (26-64 tahun): 7-9 jam setiap hari. 
  • Lansia (65 tahun ke atas): 7-8 jam setiap hari.

Tips dapatkan pola tidur yang nyenyak

  • Olahraga secara rutin, lakukan olahraga minimalnya 30 menit perhari
  • Jangan kelamaan tidur siang apalagi bablas sampai sore
  • Kurangi minum konsumsi kafein di malam hari
  • Matikan ponsel minimal 30 menit sebelum waktu tidur karena cahaya yang berasal dari ponsel dapat merangsang otak sehingga membuat kita menjadi sulit untuk terlelap.

2. Sisihkan waktu luang

Banyak orang saking ambisius untuk dapatkan hasil yang WAH sampai rela banget korbankan waktunya cuma untuk urusan karir, sampai lupa kalau hidup itu ada istilah me time untuk memanjakan diri sendiri

Kalau udah mulai kerasa capek sama urusan kerjaan gak ada salahnya kok, karena hidup gak cuma soal karir jadi jangan cuek sama sekitar Anda terutama diri sendiri 

Coba deh luangin waktu untuk me time sebentar sekitar 30 menit untuk ngopi/ngeteh, makan, nonton TV/drama, dengar lagu, dan lainnya

INGAT ya, me time bukan berarti Anda seenaknya!

Jangan lebih dari 30 menit karena bikin Anda malas untuk mulai kerja lagi

Gunakan waktu luang Anda dengan baik untuk balikin semangat dan fokus Anda, kelar me time  baru deh lanjut lagi ngurusin kerjaan kantor

3. Ciptakan ruang kerja yang nyaman

Tempat yang nyaman mendukung produktivitas Anda, Anda akan setiap saat berada disana dengan waktu yang cukup lama

Apalagi kalau kerjaan Anda lagi numpuk dan gak bisa ditinggal, makin lama lagi Anda disana, belum lagi kalau ruangan Anda gak ada jendela jadinya minim pemandangan gak bisa cuci mata

Jadi pastikan kalau ruang kerja Anda sudah nyaman, atur aja sesuai selera Anda dari : 

  • Warna cat tembok dan aksesoris
  • Perlengkapan menulis 
  • Lampu ruangan
  • Rak kecil untuk berkas
  • Pengharum ruangan
  • Meja, kursi dan lainnya

Biar tambah semangat bisa juga loh pasang foto idola, keluarga atau teman, 

Anda juga bisa kok sediakan satu rak khusus untuk cemilan dan minuman biar gak repot keluar masuk ruang pas lagi laper, karena kerja juga butuh asupan guys

4. Banyak berdoa

Kadang orang mulai stress itu karena jiwanya mulai jauh dari si pencipta

Maksudnya kewajiban seperti beribadah dan berdoa sudah mulai berkurang bahkan jarang dilakukan

Percaya atau enggak karir yang sukses harus diimbangi dengan doa bukan cuma usaha

Misalnya Anda seorang pebisnis pemula 

Anda mengalami krisis keuangan dalam waktu cuma 2 bulan modal bisnis mulai nipis

Belum lagi banyak pelanggan yang cancel orderan yang bikin keuntungan ikutan nipis

2 hal ini yang suka bikin anda stress sendiri sampai berpikir untuk ninggalin dunia bisnis karena usaha yang anda keluarkan terasa sia-sia

Padahal usaha Anda buat dapat keuntungan besar sudah sangat maksimal

Coba usaha Anda ini diselingi sama doa, siapa tahu doanya kurang maksimal kaya usaha yang Anda lakukan

Selain prosesnya berjalan lancar jiwa Anda juga bisa lebih tenang, bisa berpikir lebih positif dan tenang saat ada masalah datang

5. Cara Sederhana atasi stres dengan berbagi cerita

Dikenal dengan istilah curhat (curahan hati) udah gak asing pasti di telinga Anda

Sesi curhat ini bisa anda lakukan kepada orang terpercaya dan bikin Anda nyaman untuk cerita bahkan gak malu untuk cerita aib sekalipun

Anda bisa cerita sama keluarga, kalau canggung bisa ke teman tongkrongan, teman kantor atau pacar

Bebas deh cerita sama siapa tapi pastikan orang tersebut bisa mendengarkan dengan baik, lebih enak lagi kalau kasih solusi

Cerita keluh kesah anda bukan berarti Anda terlihat lemah ya, mengutarakan isi hati dan pikiran itu wajar dan gak ada larangan

Bahkan ada yang bilang “lebih baik diceritakan daripada dipendam sendiri, nanti bisa stress sendiri”

Kelar Anda cerita emang gak bikin masalah itu selesai, tapi seenggaknya bikin beban di hati anda berkurang, perasaan Anda bisa lebih lega dan tenang sedikit

6. Jaga kesehatan

Percaya deh, kerja yang dipaksa saat sakit itu gak enak banget

Jangan kerja, mau bangun dari ranjang pas sakit pasti udah malas duluan

“Sorry gue gak lemah, gue bisa kok lagi sakit tetap kerja”

Maksimal gak hasil kerjaannya? Enggak kan? 

Pasti keteteran dan gak selesai tepat waktu karena banyak nunda akibat nahan sakit

Itulah kenapa menjaga pola hidup yang sehat merupakan cara sederhana atasi stres

karena saat fisik dan mental Anda sehat akan lebih mudah menjalani aktifitas sehari-hari

Caranya dengan konsumsi makanan bergizi, olahraga yang teratur, istirahat bahkan berlibur dengan baik dan juga banyak tersenyum.

7. Tetap optimis

Untuk mendapatkan karir yang bersinar harus punya sikap optimis

“Gua optimis kok, tapi kalau gagal, yaudah terima aja”

Gak salah sih, tapi bisa jadi salah kalau anda pasrah

Anda terima kegagalan tapi gak mau coba merubah kapan mau suksesnya

Harusnya anda bangkit, coba lagi, belajar lagi, optimis kalau kegagalan ini bisa jadi batu loncatan anda biar sukses

8. Jangan usik hari minggu Anda

Terlalu fokus bekerja sampai hari minggu jadi korban? 

INI PERLU DIHINDARI

Terlalu nyaman bekerja sampai anda berpikir hari minggu dengan hari biasanya itu gak ada bedanya

Kerja maksimal boleh, tapi kalau sudah mengganggu waktu libur Anda itu udah gak sehat

Pastikan kalau hari minggu adalah hari untuk Anda menikmati hari libur dan istirahat

Manfaatkan hari minggu Anda dengan olahraga, piknik, kumpul sama teman dan lainnya, atau tidur juga boleh kok

Jadi gimana mau stress berkepanjangan atau coba atasi stress Anda dengan tips diatas tadi?

Coba saja Anda terapkan cara sederhana atasi stres diatas, siapa tahu stress Anda bisa berkurang bahkan pikiran Anda bisa lebih positif setelah ini

Selamat mencoba dan jangan lupa untuk share artikel ini ke semua sosial media yang Anda punya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here