Usia 20-an adalah usia transisi dari remaja menuju dewasa. Di usia sekian juga menjadi penentu, apakah Anda berhasil menemukan jati diri Anda atau tidak. Di usia 20-an juga Anda mulai meninggalkan bangku pendidikan dan mulai memiliki penghasilan sendiri. Usia 20-an juga menjadi usia di mana Anda harus bertanggung jawab atas diri Anda sendiri, orang tua tak lagi mengawasi. Justru di usia 20-an Anda sudah mulai bertanggung jawab kepada orang lain (anak/istri).

Jika Anda ingin menjadi pribadi yang sukses di usia 30-an, sebaiknya lakukan 8 hal berikut saat usia Anda masih 20-an. Ke delapan hal di bawah ini adalah saran yang dilontarkan oleh banyak CEO perusahaan besar dari seluruh dunia. Menuruti saran mereka dijamin tidak akan membuat Anda menyesal di usia tua nantinya.

1. LAKUKAN SEGALA CARA YANG HALAL UNTUK MENCAPAI IMPIAN ANDA, MUMPUNG BELUM BANYAK TANGGUNGAN

Meskipun Anda telah menikah dan berkeluarga di usia 20-an, tapi Anda belum memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Anak-anak Anda masih kecil dan kebutuhan hidup belum melambung tinggi. Manfaatkan usia 20-an Anda untuk bekerja keras, belajar ke banyak orang, dan meraih apapun impian Anda.

2. BUAT BUDGET KEUANGAN YANG KETAT DAN MENABUNGLAH

Usia 20-an merupakan usia awal produktif. Di usia ini Anda mulai menghasilkan uang Anda sendiri. Baik dari bekerja , freelance, atau berbisnis. Meskipun itu adalah uang Anda, sebaiknya perketat pengeluaran Anda. Gunakan uang Anda secara bijak, hanya untuk kebutuhan pokok. Sisanya gunakan untuk menabung atau investasi.

3. TEMUKAN PASSION ANDA DAN JADILAH YANG TERHEBAT DI SANA

Mumpung masih muda, temukan jati diri Anda. Temukan apa yang menjadi passion Anda, apa yang membuat Anda sangat bergairah dan bersemangat untuk berkarya. Ketika sudah menemukan passion Anda, asahlah kemampuan Anda di bidang itu, tekunilah, dan jadilah orang yang terhebat di sana.

4. TEMUKAN MENTOR UNTUK MENGANTAR ANDA SUKSES

Tidak ada orang sukses/berhasil tanpa didampingi mentor. Mumpung masih muda, carilah orang yang bisa menjadi mentor Anda. Bergurulah sebanyak mungkin kepada mereka, dan jadilah murid yang lebih sukses daripada mentor Anda sendiri.

5. BERKAWANLAH DENGAN SEBANYAK MUNGKIN ORANG SUKSES DAN BELAJARLAH SUKSES DARI MEREKA

Jangan terlalu menghabiskan waktu dan uang Anda untuk bermain bersama orang-orang kebanyakan. Carilah kenalan orang sukses sebanyak mungkin, berkawanlah dengan mereka. Lalu gali isi otak mereka dan tirulah kebiasaan baik mereka. Niscaya, Anda akan terbawa sukses seperti mereka juga.

6. KELUARLAH DARI ZONA NYAMAN DAN CARI PENGHASILAN SEBANYAK-BANYAKNYA

Usia 20-an rawan membuat Anda terlena di zona nyaman. Mulai mendapatkan pekerjaan dengan gaji cukup tinggi membuat Anda ingin bersantai dan menikmati hidup. Itu kurang benar. Justru di usia 20-an Anda harus bergerak cepat dan sangat produktif untuk mencari penghasilan dan pengalaman sebanyak-banyaknya.

7. MULAILAH BISNIS ANDA SENDIRI

Mumpung masih muda, mumpung tanggungan belum banyak, mumpung masih ada kesempatan, Anda harus memulai bisnis Anda sendiri, meskipun berawal dari bisnis kecil-kecilan. Jangan takut untuk gagal. Karena kesuksesan dan kegagalan adalah satu paket yang tidak bisa dibeli terpisah.Mumpung masih muda, habiskan jatah gagal Anda sekarang.

8. TRAVELING-LAH UNTUK BELAJAR MEMAHAMI DUNIA

Bagi kebanyakan orang, travelling adalah aktifitas pemborosan. Namun sebenarnya tidak. Seringkali uang yang Anda keluarkan untuk biaya perjalan tidak akan ada artinya dibandingkan dengan pengalaman yang Anda dapatkan. Travelling akan membuka wawasan Anda, membuat Anda jadi bergaul dengan beragam jenis manusia, dan membuat Anda makin bijaksana dalam berpikir.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here