Menjadi anak muda bukan halangan untuk sukses. Banyak entrepreneur muda yang berhasil meraih sukses di bawah usia 30 tahun. Lihat saja Yasa Singgih yang sukses dengan Mens Republic-nya, Dian Pelangi yang sukses dengan bisnis baju muslimnya, atau DeaValencia yang sukses dengan bisnis batiknya. Semuanya berhasil meraih sukses di usia 20 tahunan.

Lalu apa rahasia sukses para anak muda tersebut? Sejatinya anak muda yang memiliki bakat sukses juga memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1) DISIPLIN DAN BEKERJA KERAS

Anda masih memiliki sifat suka menunda-nunda? Sebaiknya segera hilangkan sifat tersebut jika ingin sukses di usia muda. Para pebisnis yang sukses sangat pandai memanfaatkan waktu mereka untuk bekerja dan berbuat sesuatu yang produktif. Mereka juga sangat disiplin terhadap waktu.

Jika Anda ingin meraih sukses secepat mungkin, jadilah pribadi yang pekerja keras, pandai memanfaatkan waktu, dan juga disiplin terhadap waktu dan target-target kerja.  Mulai sekarang biasakan diri untuk mengatur prioritas kerja. Isi waktu-waktu Anda dengan kegiatan-kegiatan yang produktif. Set up goal Anda dan biasakan diri Anda untuk memenuhi target kerja yang telah Anda rencanakan.

2) BERANI MENGAMBIL RESIKO

Semua bisnis identik dengan resiko. Semakin tinggi penghasilan yang ingin Anda dapatkan, semakin tinggi resiko yang harus Anda hadapi. Ketika Anda memutuskan untuk terjun di dunia bisnis, maka Anda harus memberanikan diri Anda untuk bisa mengambil resiko yang ada. Tidak usah takut gagal, karena di setiap kegagalan pasti ada pelajaran yang bisa Anda ambil.

3) TERBUKA TERHADAP KRITIK DAN  SARAN

Salah satu media pembelajaran seorang entrepreneur adalah lewat kritik dan saran. Jika ada orang yang mengkritik Anda, cobalah untuk mendengarkan dan menerima. Siapa tahu kritikan tersebut bisa membangun Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Membiasakan diri untuk selalu terbuka terhadap saran dan kritik juga bisa melatih Anda menjadi pribadi yang rendah hati. Pebisnis yang sombong tidak akan bisa menerima masukan dari orang lain. Kalau sudah begitu, mereka tidak akan tahu kapan bisnis mereka bisa berkembang.

4) MEMILIKI KEMAMPUAN ANALISA YANG BAIK

Kemampuan analisa seorang pebisnis menentukan seberapa tepat dan akurat sebuah keputusan bisa Anda ambil. Jika Anda ingin lihai mengambil keputusan yang tepat dan menguntungkan bagi bisnis Anda, latihlah diri Anda untuk bisa menganalisa situasi dan data.

Bagaimana caranya agar Anda memiliki kemampuan analisa yang baik? Biasakan diri Anda untuk membaca data dan laporan. Misalnya data audience targeting iklan di Facebook, data laporan laba rugi, dan cashflow, dsb. Selain itu Anda juga harus terus menambah pengetahuan Anda dengan banyak belajar, baik dari mentor, seminar, ataupun buku.

5) MUDAH BERADAPTASI

Semua entrepreneur sukses pasti memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Bisnis adalah hal yang penuh dengan ketidakpastian. Kita memang harus membuat perencanaan di awal supaya kinerja kita ada pedomannya. Tapi terkadang perubahan mendadak bisa membuat kita harus berpikir keras dan feksibel. Jika Anda tidak bisa fleksibel dan stagnan di tempat, maka bisnis Anda akan sulit berkembang.

6) CEPAT BELAJAR

Semua entrepreneur sukses adalah pribadi yang senang belajar dan cepat menyerap pelajaran baru. Tidak ada orang yang dilahirkan langsung sukses. Semuanya pasti perlu melewati proses belajar dan trial error. Yang terpenting Anda adalah pribadi yang senang mengisi otak Anda dengan pelajaran baru dan cepat mengambil pelajaran dari setiap kegagalan yang ada.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here