Punya bisnis dan sudah punya kantor sendiri? Saatnya untuk menata kantor Anda agar nyaman digunakan oleh Anda dan seluruh staff Anda.

Menata kantor tidak perlu anggaran mahal. Anda cukup menghindari 5 hal berikut ini agar tidak mengganggu produktifitas tim Anda :

1. MEMBUAT SHIFT KERJA YANG FLEKSIBEL

Jika jenis bisnis Anda memerlukan karyawan dengan pergantian shift kerja (misalnya restoran atau toko 24 jam), sebaiknya Anda membakukan jam pergantian pegawai (shift). Jangan memberikan jam yang fleksibel. Karyawan Anda bisa bingung dan nantinya rawan terjadi kecurangan dan gesekan dengan sesama pegawai.

2. MENUNTUT MULTITASKING UNTUK SETIAP JENIS PEKERJAAN

Tidak semua karyawan Anda bisa multitasking. Sebaiknya, fokuskan mereka bekerja pada apa yang menjadi keahlian mereka. Namun jika terpaksa ada beberapa jenis pekerjaan digabung menjadi satu, tidak masalah. Asalkan Anda juga menunjuk orang yang sanggup bekerja multitasking untuk menyelesaikan pekerjaan itu juga.

3. MENGGUNAKAN OPEN SPACE UNTUK PEKERJAAN YANG MEMBUTUHKAN PENGGALIAN IDE

Pekerjaan seperti riset dan desain membutuhkan penggalian ide yang sangat banyak. Jika Anda memiliki karyawan/staff yang bekerja di posisi kreatif, riset, maupun  desain, jangan tempatkan mereka di area terbuka (open space).

Open space justru akan mengganggu konsentrasi mereka, karena lalu lalang orang yang bebas membuat ia akan kehilangan banyak fokus. Alhasil, ide yang mereka keluarkan juga sedikit dan tidak berkualitas. Sebaiknya berikan mereka ruang sendiri atau berikan sisi yang sedikit lebih privat di kantor Anda.

4. MEMBIASAKAN  LEMBUR UNTUK MENGHASILKAN UANG TAMBAHAN

Semua karyawan tentunya ingin mendapatkan uang tambahan. Namun jangan terbiasa memberlakukan sistem lembur. Tidak semua karyawan suka lembur dan berlama-lama di kantor.

Jika Anda sudah memiliki rasa saling percaya, Anda bisa mencoba membiarkan staff Anda untuk membawa pulang pekerjaan mereka yang belum selesai. Tapi, jangan lupa untuk tetap membayar produktifitas mereka.

Bisa jadi dengan memberi kesempatan tim Anda untuk melanjutkan pekerjaan di rumah justru membuat pekerjaan jadi lebih cepat selesai dan berkualitas daripada harus memaksa mereka lembur di kantor.

5. MACET-MACETAN DALAM PERJALANAN BERANGKAT KANTOR

Terlalu lama terjebak dalam kemacetan membuat staff Anda bisa kehilangan mood baik. Di era digital saat ini, di mana setiap manusia terkoneksi dengan internet dan teknologi, seharusnya kemacetan tidak perlu jadi penghalang seseorang untuk bekerja. Toh macet juga membuat waktu tim Anda banyak yang terbuang di jalan.

Jika tidak bisa memindahkan lokasi kantor ke area yang lebih aman dari kemacetan, Anda bisa mencoba untuk me-remote kinerja tim Anda dari jauh. Bisa jadi ke depannya tim Anda tidak perlu pergi ke kantor lagi, mereka bisa bekerja dari rumah. Yang penting, komunikasi dengan Anda sebagai pemilik bisnis tidak terputus.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here