Siapa di sini yang tidak mengenal Warren Buffet? Semua pasti mengenalnya. Warren Buffet selain sebagai pengusaha kelas dunia, beliau juga terkenal sebagai investor yang lihai. Banyak perusahaan-perusahaan yang ia danai tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan besar dan berpengaruh.

Berpikir tentang Warren Buffet, tentunya akan mengaitkan kita tentang investasi. Bagi kita, investasi juga penting untuk melipatgandakan uang kita. Apakah investasi hanya milik orang dewasa saja? Anak muda seperti kita ternyata juga harus melek investasi loh.

Investasi tidak serumit yang kita bayangkan. Anda pun bisa berinvestasi dengan memakai cara yang biasa dipakai Waren Buffet :

  1. JANGAN MENUNGGU KAYA BARU BERINVESTASI, INVESTASILAH SEKARANG

Kebanyakan orang menunda berinvestasi karena menunggu kaya. Jika mereka merasa belum kaya, mereka tidak akan mengeluarkan uangnya untuk berinvestasi. Pada kenyataannya, investasi tidak harus menunggu kaya duluan. Di saat Anda masih menjadi golongan ekonomi menengah pun, Anda bisa mulai belajar berinvestasi, meskipun dengan nominal kecil.

2. INVESTASI TIDAK PERLU BANYAK, BISA DIMULAI DARI YANG KECIL DAN BERISIKO RENDAH

Banyak juga orang berpikir bahwa investasi itu harus dimulai dengan dana yang besar. Kenyataannya tidak. Anda dapat mulai berinvestasi walaupun dengan dana yang kecil. Justru jika Anda masih baru belajar berinvestasi, mulailah dengan yang nominalnya kecil dan resikonya juga kecil. Gunanya supaya Anda terbiasa dengan berinvestasi. Jadi jika suatu saat Anda berinvestasi dalam jumlah besar, Anda tidak akan mudah tertipu atau rugi.

3. BELILAH BISNISNYA, BUKAN SEKEDAR SAHAMNYA

Jika Anda berinvestasi pada sebuah bisnis, jangan terlalu fokus membeli sahamnya. Pelajari juga bagaimana profil perusahaan tersebut. Jika perusahaannya memiliki kinerja yang bagus, tentunya akan membawa keuntungan bagi Anda. Tapi jika perusahaannya buruk, tentunya investasi Anda akan berpotensi rugi.

4. JANGAN BERHUTANG UNTUK BERINVESTASI

Hindari berhutang untuk berinvestasi, terutama hutang kepada bank. Sebab, Anda harus membayar bunga atas pinjaman Anda kepada bank. Selain itu, kita tidak bisa memastikan investasi kita pasti untung. Tetap ada resiko kerugian yang menyertai. Padahal, hutang adalah kepastian yang harus kita bayar setiap bulan. Kita tidak seharusnya membayar sesuatu yang pasti dengan sesuatu yang tidak pasti.

5. ALOKASIKAN UANG SECARA EFISIEN

Misalnya saat ini Anda sedang berinvestasi di perusahaan A dengan cara membeli saham di perusahaan tersebut. Jika suatu saat nilai saham tersebut menurun, segera saja jual saham tersebut kepada orang lain sebelum mendatangkan kerugian. Jangan menunggu hingga harga saham naik lagi.

6. HIDUPLAH SEDERHANA

Meskipun uang Anda semakin banyak karena investasi Anda menghasilkan keuntungan, tetaplah hidup sederhana dan jangan boros. Lebih baik uang Anda gunakan untuk memperbanyak asset Anda daripada untuk membiayai hidup mewah. Gaya hidup manusia tidak aka nada habisnya jika terus menerus dituruti.

7. POLA PIKIR HARUS TERBUKA DAN TERUS BELAJAR

Berinvestasi sama seperti berbisnis. Anda harus terus belajar supaya pengetahuan dan kemampuan Anda bertambah. Anda tidak bisa merasa jumawa sendiri. Anda tetap harus memiliki pemikiran yang terbuka dan terus belajar dari investor lain yang lebih sukses.

8. BERSEDEKAHLAH

Bersedekah dipercaya mampu melipatgandakan uang kita dengan carayang misterius. Setiap agama pasti menganjurkan umatnya untuk berbagi kepada sesama. Bahkan Tuhan pun berjanji dalam kitab-kitab-Nya akan membalas orang-orang yang bersedekah dengan harta berkali-kali lipat lebih banyak daripada yang mereka keluarkan. Jadi, sudahkah Anda beramal hari ini?

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here