Sama-sama berkecimpung di dunia online tapi PEBISNIS online dengan PENJUAL online memiliki perbedaan yang mendasar. Anda mau jadi apa? Sekedar jadi penjual online atau sekalian menjadi pebisnis?

Bedanya apa sih? Kan sama-sama memasarkan produk via internet?

Tentu berbeda, paling tidak ada beberapa perbedaan mencolok bagi PEBISNIS online dengan PENJUAL online. Bedanya apa?

1) PENJUAL ONLINE HANYA SEKEDAR BERDAGANG, PEBISNIS MEMBANGUN SISTEM

Penjual online tugas dan rutinitas mereka setiap hari hanyalah berdagang, berdagang, dan berdagang. Penjual online bisa saja memiliki karyawan, tapi mereka tetap terlibat dalam proses perdagangan setiap hari.

Bagaimana jika penjual online berhalangan bekerja karena sakit atau ada keperluan mendesak lainnya? Maka proses perdagangan akan terhambat, atau bisa jadi malah berhenti total karena si penjual tidak bekerja.

Sedangkan pebisnis online fokus pada pembangunan sistem. Mereka membentuk SOP yang jelas, membagi pekerjaan dalam job desc – job desc tertentu, dan mencari orang untuk mengerjakan job desc – job desc tersebut. Pebisnis online berfokus pada bagaimana caranya agar sistem tersebut berjalan. Sehingga tanpa kehadiran pemiliknya pun, proses jual beli tetap berjalan dan terus memberikan pemasukan ke rekening pemiliknya.

2) PENJUAL ONLINE KERJA TERUS, PEBISNIS ONLINE MENDAPATKAN KEBEBASAN FINANSIAL

Karena penjual tidak membangun sistem, maka penjual online harus bekerja terus sepanjang hari selama hidupnya. Jika ia tidak bekerja, maka ia tidak akan mendapatkan penghasilan.

Pebisnis online, karena telah membangun sistem dan telah menguji sistemnya, maka tanpa kehadiran pemiliknya pun, bisnis tetap berjalan. Bisnisnya dijalankan oleh timnya dengan peraturan dan standar kerja yang jelas.

Pebisnis online nantinya akan mendapatkan financial freedom. Di mana ada masanya mereka tidak perlu harus bekerja lagi setiap hari tapi pemasukan terus masuk ke rekening mereka.

3) PENJUAL ONLINE MENGEJAR UNTUNG DAN RUGI, PEBISNIS ONLINE MENGEJAR MANFAAT BAGI ORANG BANYAK

Ketika pedagang hanya berfokus pada mengejar keuntungan dan takut dengan kerugian, pebisnis memiliki mental yang berbeda. Mereka tak hanya berfokus pada profit semata. Tapi pebisnis juga berfokus menebarkan manfaat sebanyak mungkin kepada sesama.

Minimal pebisnis memiliki tujuan untuk mengembangkan bisnisnya, sehingga mereka bisa membuka lapangan pekerjaan semakin banyak. Sedangkan penjual online, tidak ada waktu untuk memikirkan kapan menambah karyawan dan sebagainya. Mereka terlalu sibuk dengan kegiatan berdagang mereka setiap hari.

4) PEDAGANG ONLINE BEKERJA SENDIRI, PEBISNIS ONLINE BEKERJA DALAM TIM

Jika pedagang online sebagian besar menjadi single fighter alias bekerja sendirian, maka pebisnis online lebih memilih untuk bekerja dalam tim.

Tahukah Anda mengapa pebisnis online bisnisnya terus berkembang sedangkan penjual online cenderung stagnan dengan omset dan profit segitu-segitu saja? Karena pebisnis memiliki tim, sedangkan penjual tidak memiliki tim.

Ketika Anda memiliki tim, Anda bisa mendelegasikan tugas-tugas Anda kepada tim Anda. Anda bisa menggunakan waktu dan tenaga Anda untuk mengerjakan hal lain yang lebih penting untuk bisnis Anda. Sedangkan penjual, karena semuanya dilakukan sendiri mulai dari promosi, melayani customer, hingga pengemasan produk, tentu saja tidak ada waktu dan tenaga untuk memikirkan pengembangan bisnis.

Jika Anda ingin berkembang dan mendapatkan financial freedom, segera bangun bisnis Anda. Seorang pebisnis online dulu awalnya juga banyak yang berangkat dari seorang penjual online. Tapi itu bisa dinaikkan levelnya menjadi pebisnis online. Caranya : segera bangun sistem dan delegasikan tugas-tugas Anda ke karyawan Anda.

Di awal Anda bisa mendelegasikan satu tugas dulu kepada orang lain. Misalnya tugas maintenance social media Anda serahkan kepada karyawan. Setelah profit meningkat, mulai delegasikan tugas Anda yang lain kepada karyawan Anda yang lain, misalnya tugas mengemas barang untuk dikirim. Begitu terus hingga sistem bisnis Anda berjalan secara total dan Anda tidak perlu ikut bekerja lagi di dalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here