Di era digital seperti saat ini, semua orang pasti mengenal Jack Ma, si pendiri Alibaba.com dan kini menjadi salah satu orang terkaya di China. Kesuksesan Jack Ma dalam membangun bisnisnya tidak diraih dalam waktu singkat. Diperlukan kerja keras dan konsistensi untuk menciptakan Alibaba yang sehebat sekarang.

Belajar dari Jack Ma, kita bakal belajar bagaimana mengalahkan rasa malas yang sering menjadi momok bagi setiap orang yang ingin berusaha. Jack Ma sendiri sangat tidak suka dengan orang-orang malas. Menurut dia, ciri-ciri berikut ini harus kita hindari jika tidak ingin menjadi orang yang malas dan gagal :

  1. MERASA TIDAK PANDAI BICARA

Kemampuan bicara adalah kemampuan yang mutlak diperlukan oleh pengusaha, baik berbicara di depan karyawan, berbicara di depan public, ataupun bernegosiasi. Sayangnya banyak orang yang enggan berusaha karena merasa tidak pintar bicara, punya sifat pendiam, atau introvert.

Kenyataannya, semua manusia tidak dilahirkan dalam kondisi pintar bicara. Semua memerlukan proses belajar yang tidak sebentar. Bahkan motivator kelas dunia pun senantiasa belajar dan melatih kemampuan bicaranya hingga saat ini.

Menurut Jack Ma, kepintaran dan ilmu bisa membuat seseorang jadi pandai bicara, selain berlatih terus-menerus. Karenanya, kita harus senantiasa menambah ilmu pengetahuan kita setiap hari.

2. MENYERAH KARENA TIDAK PUNYA MODAL

Banyak orang yang melewatkan peluang karena tidak memiliki modal atau uang. Ini hanyalah alasan yang dilontarkan oleh orang yang tidak mau berusaha mencari uang. Banyak uang tersedia di muka bumi, baik dengan pinjam teman, pinjam ke bank, mengajak investor untuk mendanai bisnis Anda, dan masih banyak lagi. Tergantung bagaimana cara kita untuk mencari dan mendapatkannya saja.

3. MERASA TIDAK MEMILIKI KEMAMPUAN

Ini juga alasan yang sering dilontarkan oleh orang malas. Tidak semua orang sukses memiliki kemampuan yang hebat seperti sekarang. Semuanya berawal dari tidak bisa dan tidak tahu. Tapi mereka terus belajar, berlatih, dan  menambah pengetahuan agar bisa berhasil. Konsistensi untuk berusaha dan terus belajar adalah kunci sukses untuk memiliki kemampuan yang hebat.

4. MERASA TIDAK PUNYA BANYAK WAKTU

Semua orang memiliki waktu yang sama di muka bumi, yakni 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 30 hari dalam sebulan. Bedanya, orang rajin akan mengutamakan waktunya untuk melakukan hal-hal yang produktif. Kalau perlu, ia juga akan memotong jatah waktu istirahat dan liburannya demi bekerja mencapai impiannya.

Sedangkan orang malas lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur, bermalas-malasan, nongkrong, atau liburan menghabiskan uang. Tetapi giliran diajak mengerjakan sesuatu yang berpeluang bagus, selalu menjawab “tidak ada waktu”.

5. MERASA TIDAK “MOOD”

Mood itu diciptakan, bukan ditunggu. Kebanyakan orang menjadikan mood sebagai alasan pembenaran untuk kegiatan yang akan ditunda pengerjaannya. Misalnya hari ini adalah waktunya Anda untuk presentasi ke klien, tapi Anda justru membatalkan presentasi karena merasa tidak mood. Padahal mood itu hanya alasan yang keluar dari rasa malas manusia.

Jangan menunggu mood yang bagus untuk bekerja atau melakukan sesuatu. Tapi ciptakan mood yang bagus untuk hari-hari Anda, sehingga Anda bisa bekerja dengan giat. Menciptakan mood yang bagus bisa dengan mendengarkan musik yang berirama cepat dan ceria, membaca kisah motivasi orang yang telah sukses, atau mendengarkan seminar dari motivator.

Hindari hal-hal negatif yang dapat merusak mood positif Anda, seperti pergunjingan, gossip, berita-berita provokatif, berita negatif, musik yang sedih, teman yang negatif, dan segala hal negatif yang dapat merusak mood baik Anda. Hindari juga scrolling social media terlalu lama, karena dapat membuat Anda ketagihan dan jadi malas untuk beraktifitas.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here