Mengapa di dunia ini banyak brand yang menjadi besar dan terkenal? Bahkan tanpa kita melihat iklannya pun selama berulang-ulang, kita bersedia membeli produknya dan memakainya untuk kehidupan kita sehari-hari?

Seperti ketika kita butuh air minum kemasan yang sehat, kita langsung membeli Aqua. Kita membutuhkan sabun mandi yang sehat, kita membeli Dettol. Kita membutuhkan peralatan elektronik yang terjangkau tapi bagus, kita langsung membeli Maspion. Kita membutuhkan handphone berkamera bagus langsung membeli Oppo, dan masih banyak lagi.

Mengapa brand-brand di atas mampu membuat kita bersedia membelinya tanpa pikir panjang lagi? Rahasianya adalah karena mereka menarik perhatian kita lebih baik daripada brand-brand pesaing mereka.

Dari mana mereka mendapatkan perhatian kita? Dari iklan mereka yang berjibun dan ditayangkan berulang kali? Dari baliho-baliho yang mereka pasang di pinggir jalan? Ternyata bukan Cuma iklan saja yang mampu menarik perhatian orang lain.

Ada beberapa teknik yang harus dipadukan supaya bisnis atau brand Anda bisa menarik perhatian orang lain. Tanpa perpaduan teknik-teknik berikut ini, Anda hanya akan sibuk mencari perhatian saja tanpa menimbulkan perhatian orang lain dan membuat mereka tertarik untuk membeli atau minimal mengingat brand Anda. Teknik apa saja itu?

1) CIPTAKAN SEBUAH CERITA UNTUK MENJUAL BISNIS ANDA

Saat ini Anda masih sajamenggunakan sistem hard selling untuk menjualkan produk Anda? Masih sering promo secara gamblang menyatakan “Jual produk XXX hanya seharga Rp YYY dan dapatkan diskon ZZ%”? Wah sudah waktunya harus diganti.

Cobalah menjual lewat cerita kepada konsumen. Cerita lebih mudah diingat oleh konsumen Anda ketimbang promo secara hard selling. Coba lihat iklan brand besar di Indonesia. Mereka selalu mempromosikan produk mereka lewat cerita yang dirangkai dalam iklan berdurasi singkat. Mereka menyampaikan value (nilai) yang terkandung dalam produk mereka dalambentuk cerita. Alhasil, masyarakat sekarang lebih mengingat value produk tersebut daripada promo-promo yang ditawarkan.

2) PELAYANAN YANG BAIK TERHADAP KONSUMEN

Pelayanan tidak hanya saat proses berjualan saja. Pelayanan yang baik juga harus diterapkan untuk customer yang telah membeli (purna jual). Tetap terus perhatikan mereka dengan tetap mengirimi informasi-informasi yang menarik dan bermanfaat untuk mereka. Anda juga bisa memberikan pelayanan purna jual dengan memberikan servis yang mudah jika produk yang Anda jual mengalami kerusakan.

3) GUNAKAN MODEL YANG MUDAH DIKENALI TARGET MARKET

Salah satu cara ampuh untuk menarik perhatian target market adalah dengan menggunakan model (brand ambassador) yang mudah dikenali. Jika Anda belum mampu membayar seorang artis untuk menjadi brand ambassador Anda, Anda bisa memanfaatkan jasa orang biasa /model lain yang namanya cukup dikenal di lingkungan target market Anda. Biaya yang harus Anda keluarkan jadi tidak terlalu banyak.

Atau cara gampang lainnya jika bisnis Anda masih kecil, Anda cari orang yang kira-kira bisa mewakili target pasar Anda tapi memiliki follower yang banyak (minimal 5.000). Ajak mereka untuk mempromosikan produk Anda di akun mereka masing-masing. Kadang,tipe orang seperti ini juga tidak masalah jika tidak dibayar. Yang penting berikan mereka produk Anda secara gratis.

4) KONSISTEN

Ketiga poin di atas haruslah Anda kerjakan secara konsisten. Jangan jalan-berhenti-jalan. Kerja yang konsisten akan menunjukkan hasil yang memuaskan pula. Banyak brand yang semula kecil kini menjadi besar karena mereka konsisten untuk menarik perhatian konsumen. Mereka rutin promo, mereka membuat campaign (iklan) yang menarik, dan mereka juga terus meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Jika mereka tidak konsisten, pastilah bisnis mereka tidak akan sebesar sekarang.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here