Google Keyword Planner atau bisa disingkat GKP adalah sebuah tools yang membantu Anda untuk meriset kata kunci yang dibutuhkan untuk konten
Dimana kata kunci ini nanti berpeluang agar konten mudah ditemukan audiens dan membawa konten Anda berada dihalaman pertama Google
Contohnya seorang blogger memposting artikel tapi posisi artikelnya hanya bertahan di halaman 2 pencarian google, dengan kata lain artikel berada di antara urutan 11 – 20
Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kata kunci yang dipakai jumlah pencariannya sedikit atau memakai kata kunci yang jumlah pencariannya tinggi
Cara mengatasinya dengan memanfaatkan fitur Google Keyword Planner dengan tujuan menemukan ide kata kunci dengan harapan berpeluang tinggi untuk mendatangkan audiens
Google Keyword Planner ini termasuk kedalam layanan Google ads
Tapi bukan berarti kegunaan GKP ini hanya untuk kebutuhan iklan saja, GKP (Google Keyword Planner) dapat digunakan untuk mencari kata kunci ideal yang nantinya bisa diterapkan pada website
Manfaat dari Google Keyword Planner
- GRATIS!
Tools dari Google ini bisa digunakan tanpa bayar di awal pemakaian, Anda bisa mengakses langsung dengan akun gmail
- Bisa temukan kata kunci baru
Google Keyword Planner akan memberikan saran kata kunci yang terkait dengan produk, layanan, atau situs Anda.
- Bisa mengetahui penelusuran bulanan
Anda akan tahu berapa estimasi jumlah penelusuran yang diperoleh kata kunci setiap bulan.
Berapa banyak kata kunci tertentu diketik/dicari oleh audiens
- Bisa tentukan biaya sesuai budget
Anda akan mengetahui berapa banyak budget yang harus dikeluarkan untuk 1 keyword yang digunakan untuk mengiklan
- Bebas atur kata kunci
Google Keyword Planner membebaskan Anda menentukan kata kunci di awal percobaan
Nanti kata kunci Anda akan dimasukkan ke berbagai kategori yang terkait dengan merek, bisnis, jasa atau konten Anda
Ide kata kunci baru ini merupakan saran dari Google
Cara menggunakan google keyword planner
Penggunaan Google Keyword Planner cukup mudah, yang penting Anda sudah punya akun gmail lalu ikuti step dibawah ini
Akses Google Keyword Planner dengan tulis di kolom pencarian google, klik linknya
Tunggu sampai Anda berada di halaman utama Google Keyword Planner
Klik “Buka Keyword Planner” lalu daftarkan akun Anda dengan pilih “New Google Ads Account” (daftar dengan gmail Anda)
Setelahnya Anda akan disuruh pilih tujuan dari penggunaan Google Keyword planner
Pilih sesuai kebutuhan Anda, kalau contoh di atas menunjukkan masalah karena sepi audiens, maka pilih yang terakhir yaitu “take an action on your website” lalu klik “pick goal”
Setelah itu Anda diarahkan untuk masukkan informasi tentang bisnis seperti nama bisnisnya apa dan link bisnis
Lalu Anda akan disuruh membuat headline dan deskripsi
Kalau sudah klik “Berikutnya”, lalu Anda diarahkan untuk tentukan kata kunci yang cocok dengan bisnis Anda
Setelah tentukan kata kunci berikutnya Anda tentukan letak penayangan iklan
Lalu tentukan budget yang mau dikeluarkan untuk iklan
TAPI, kalau Anda tidak berniat beriklan di Google Ads Anda bisa tidak mengaktifkan iklan yang sudah Anda buat dengan memilih metode pembayaran Manual dan Transfer Bank.
Catatan, jika Anda tidak melakukan pembayaran, iklan yang sudah Anda buat sebelumnya (headline & deskripsi) otomatis tidak akan aktif.
Jadi Anda bisa gunakan Google Keyword Planner tanpa harus beriklan di Google Ads
Setelah itu akun Anda akan terdaftar ke Google Ads dan Anda bisa langsung menggunakan Google Keyword Planner
Cara menggunakan Google Keyword Planner, klik menu “Alat” lalu pilih keyword planner di sebelah kiri urutan ke 2
Nanti akan muncul 2 cara pencarian kata kunci, pilih yang “Temukan Kata Kunci Baru”
Karena yang dicari adalah ide kata kunci yang bisa membantu Anda menjangkau orang yang tertarik dengan produk, konten atau layanan Anda
Ketikkan kata kunci yang mau dicari jumlah peluangnya lalu klik “Dapatkan Hasil”
Nanti akan muncul data berupa ide kata kunci yang bisa Anda gunakan, jumlah pencarian, tingkat persaingan
Keterangan data di atas seperti ini :
- Penelusuran bulanan rata-rata
Jumlah pencarian kata kunci tertentu yang diketikkan dan berapa banyak dicari oleh audiens setiap bulannya
Pilih kata kunci dengan jumlah pencariannya dari 100 – 1000 keatas, karena kata kunci ini sudah dipastikan banyak dicari
Kata kunci dengan jumlah pencarian 0 – 10 bukan berarti jelek atau tidak banyak yang cari, hanya saja tidak banyak/tidak sering diketik dalam pencarian google
- Persaingan
Tingkat kesulitan untuk memenangkan keyword tersebut, ada 3 tingkatan persaingan yaitu rendah, sedang dan tinggi
Ini dilihat dari siapa kompetitor Anda, kompetitor lama atau baru, kompetitor yang sudah punya banyak traffic & audiens
Semakin tinggi tingkat persaingannya
Semakin tinggi jumlah persaingannya berarti kompetitor yang Anda hadapi adalah kompetitor lama di dunia internet, sudah dikenal banyak audiens dan punya trafik tinggi
Agak sulit untuk mengalahkan tapi bukan berarti gak mungkin, bisa saja Anda mengalahkan kompetitor ini tapi harus berdarah-darah dan butuh waktu lama
Makanya disarankan ambil yang tingkat persaingannya dari rendah – sedang, agar traffic Anda naik secara bertahap
- Perluas penelusuran/ide kata kunci
Saran-saran kata kunci yang berkaitan dengan keyword yang Anda masukkan sebelumnya
Misalnya dari 5 kata kunci yang Anda cari akan muncul beberapa opsi ide kata kunci yang sudah dirangkai seperti headline yang siap Anda pakai langsung
Hasil yang Anda dapatkan bisa berjumlah 1000 lebih ide kata kunci untuk sekali pencarian, INGAT, jumlah ide kata kunci ini tidak tetap/bisa berubah
Data yang Anda butuhkan adalah ide kata kunci, penelusuran bulanan rata-rata dan persaingan
Catatan, kalau Anda creator pemula disaran pakai kata kunci dengan tingkat persaingan sedang/sedikit,
Jika langsung pakai tingkat persaingan yang tinggi akan sulit untuk mengalahkan kompetitor yang posisinya sudah diatas
Tips menggunakan google keyword planner
Kalau dilihat fitur Google keyword planner sedikit ya, tapi bukan berarti tools ini gak bermanfaat
Ada beberapa cara lain untuk memaksimalkan fitur GKP saat meriset kata kunci
- Manfaatkan filter kata kunci
Penggunaan Google Keyword Planner dibatasi maksimal 10 kata kunci dalam satu kali riset
Tapi Anda bisa mencari lebih banyak keyword dengan menggunakan fitur filter, cara klik tambahkan filter > kata kunci
Masukkan filter kata kunci lalu klik terapkan
Contoh dibawah ini tambah kata “cara” dan hasilnya seperti ini
Lalu tinggal seleksi mana kata kunci yang cocok dengan bisnis, konten atau jasa Anda
- Riset keyword kompetitor
Bertujuan untuk mengetahui kata kunci apa saja yang dipakai kompetitor sehingga berpeluang kontennya menarik banyak audiens
Caranya klik alat > keyword planner
Lalu klik temukan kata kunci baru
Setelah itu pilih mulai dengan situs
Masukkan link website kompetitor yang mau Anda riset kata kuncinya lalu klik dapatkan hasil
Setelah dapat datanya tinggal seleksi mana kata kunci yang sesuai dengan bisnis/jasa Anda, perhatikan juga jumlah penelusuran dan tingkat persaingan
Optimasi dengan Google Keyword Planner diharapkan dapat Membantu Anda untuk menemukan kata kunci ideal yang sesuai dengan bisnis/jasa Anda
Sehingga bisnis, jasa bahkan konten Anda dapat ditemukan dengan mudah oleh target audiens ideal
Semoga artikel ini membantu
Dan jangan lupa share ke semua sosial media yang Anda punya