Google Keyword Planner atau bisa disingkat GKP adalah sebuah tools yang membantu Anda untuk meriset kata kunci yang dibutuhkan untuk konten

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Dimana kata kunci ini nanti berpeluang agar konten mudah ditemukan audiens dan membawa konten Anda berada dihalaman pertama Google

Contohnya seorang blogger memposting artikel tapi posisi artikelnya hanya bertahan di halaman 2 pencarian google, dengan kata lain artikel berada di antara urutan 11 – 20

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kata kunci yang dipakai jumlah pencariannya sedikit atau memakai kata kunci yang jumlah pencariannya tinggi

Cara mengatasinya dengan memanfaatkan fitur Google Keyword Planner dengan tujuan menemukan ide kata kunci dengan harapan berpeluang tinggi untuk mendatangkan audiens

Google Keyword Planner ini termasuk kedalam layanan Google ads

Tapi bukan berarti kegunaan GKP ini hanya untuk kebutuhan iklan saja, GKP (Google Keyword Planner) dapat digunakan untuk mencari kata kunci ideal yang nantinya bisa diterapkan pada website

Manfaat dari Google Keyword Planner

  • GRATIS! 

Tools dari Google ini bisa digunakan tanpa bayar di awal pemakaian, Anda bisa mengakses langsung dengan akun gmail

  • Bisa temukan kata kunci baru

Google Keyword Planner akan memberikan saran kata kunci yang terkait dengan produk, layanan, atau situs Anda.

  • Bisa mengetahui penelusuran bulanan

Anda akan tahu berapa estimasi jumlah penelusuran yang diperoleh kata kunci setiap bulan.

Berapa banyak kata kunci tertentu diketik/dicari oleh audiens

  • Bisa tentukan biaya sesuai budget

Anda akan mengetahui berapa banyak budget yang harus dikeluarkan untuk 1 keyword yang digunakan untuk mengiklan 

  • Bebas atur kata kunci

Google Keyword Planner membebaskan Anda menentukan kata kunci di awal percobaan

Nanti kata kunci Anda akan dimasukkan ke berbagai kategori yang terkait dengan merek, bisnis, jasa atau konten Anda

Ide kata kunci baru ini merupakan saran dari Google

Cara menggunakan google keyword planner

Penggunaan Google Keyword Planner cukup mudah, yang penting Anda sudah punya akun gmail lalu ikuti step dibawah ini

Akses Google Keyword Planner dengan tulis di kolom pencarian google, klik linknya 

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Tunggu sampai Anda berada di halaman utama Google Keyword Planner

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Klik “Buka Keyword Planner” lalu daftarkan akun Anda dengan pilih “New Google Ads Account” (daftar dengan gmail Anda)

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Setelahnya Anda akan disuruh pilih tujuan dari penggunaan Google Keyword planner

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Pilih sesuai kebutuhan Anda, kalau contoh di atas menunjukkan masalah karena sepi audiens, maka pilih yang terakhir yaitu “take an action on your website” lalu klik “pick goal”

Setelah itu Anda diarahkan untuk masukkan informasi tentang bisnis seperti nama bisnisnya apa dan link bisnis

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Lalu Anda akan disuruh membuat headline dan deskripsi 

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Kalau sudah klik “Berikutnya”, lalu Anda diarahkan untuk tentukan kata kunci yang cocok dengan bisnis Anda

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Setelah tentukan kata kunci berikutnya Anda tentukan letak penayangan iklan

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Lalu tentukan budget yang mau dikeluarkan untuk iklan

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

TAPI, kalau Anda tidak berniat beriklan di Google Ads Anda bisa tidak mengaktifkan iklan yang sudah Anda buat dengan memilih metode pembayaran Manual dan Transfer Bank.

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Catatan, jika Anda tidak melakukan pembayaran, iklan yang sudah Anda buat sebelumnya (headline & deskripsi) otomatis tidak akan aktif. 

Jadi Anda bisa gunakan Google Keyword Planner tanpa harus beriklan di Google Ads

Setelah itu akun Anda akan terdaftar ke Google Ads dan Anda bisa langsung menggunakan Google Keyword Planner

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Cara menggunakan Google Keyword Planner, klik menu “Alat” lalu pilih keyword planner di sebelah kiri urutan ke 2

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Nanti akan muncul 2 cara pencarian kata kunci, pilih yang “Temukan Kata Kunci Baru” 

Karena yang dicari adalah ide kata kunci yang bisa membantu Anda menjangkau orang yang tertarik dengan produk, konten atau layanan Anda

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Ketikkan kata kunci yang mau dicari jumlah peluangnya lalu klik “Dapatkan Hasil”

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Nanti akan muncul data berupa ide kata kunci yang bisa Anda gunakan, jumlah pencarian, tingkat persaingan

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Keterangan data di atas seperti ini :

  • Penelusuran bulanan rata-rata

Jumlah pencarian kata kunci tertentu yang diketikkan dan berapa banyak dicari oleh audiens setiap bulannya

Pilih kata kunci dengan jumlah pencariannya dari 100 – 1000 keatas, karena kata kunci ini sudah dipastikan banyak dicari

Kata kunci dengan jumlah pencarian 0 – 10 bukan berarti jelek atau tidak banyak yang cari, hanya saja tidak banyak/tidak sering diketik dalam pencarian google

  • Persaingan 

Tingkat kesulitan untuk memenangkan keyword tersebut, ada 3 tingkatan persaingan yaitu rendah, sedang dan tinggi

Ini dilihat dari siapa kompetitor Anda, kompetitor lama atau baru, kompetitor yang sudah punya banyak traffic & audiens 

Semakin tinggi tingkat persaingannya 

Semakin tinggi jumlah persaingannya berarti kompetitor yang Anda hadapi adalah kompetitor lama di dunia internet, sudah dikenal banyak audiens dan punya trafik tinggi

Agak sulit untuk mengalahkan tapi bukan berarti gak mungkin, bisa saja Anda mengalahkan kompetitor ini tapi harus berdarah-darah dan butuh waktu lama

Makanya disarankan ambil yang tingkat persaingannya dari rendah – sedang, agar traffic Anda naik secara bertahap

  • Perluas penelusuran/ide kata kunci

Saran-saran kata kunci yang berkaitan dengan keyword yang Anda masukkan sebelumnya

Misalnya dari 5 kata kunci yang Anda cari akan muncul beberapa opsi ide kata kunci yang sudah dirangkai seperti headline yang siap Anda pakai langsung

Hasil yang Anda dapatkan bisa berjumlah 1000 lebih ide kata kunci untuk sekali pencarian, INGAT, jumlah ide kata kunci ini tidak tetap/bisa berubah

Data yang Anda butuhkan adalah ide kata kunci, penelusuran bulanan rata-rata dan persaingan

Catatan, kalau Anda creator pemula disaran pakai kata kunci dengan tingkat persaingan sedang/sedikit,

Jika langsung pakai tingkat persaingan yang tinggi akan sulit untuk mengalahkan kompetitor yang posisinya sudah diatas

Tips menggunakan google keyword planner

Kalau dilihat fitur Google keyword planner sedikit ya, tapi bukan berarti tools ini gak bermanfaat 

Ada beberapa cara lain untuk memaksimalkan fitur GKP saat meriset kata kunci

  • Manfaatkan filter kata kunci

Penggunaan Google Keyword Planner dibatasi maksimal 10 kata kunci dalam satu kali riset

Tapi Anda bisa mencari lebih banyak keyword dengan menggunakan fitur filter, cara klik tambahkan filter > kata kunci

Masukkan filter kata kunci lalu klik terapkan

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Contoh dibawah ini tambah kata “cara” dan hasilnya seperti ini

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Lalu tinggal seleksi mana kata kunci yang cocok dengan bisnis, konten atau jasa Anda

  • Riset keyword kompetitor

Bertujuan untuk mengetahui kata kunci apa saja yang dipakai kompetitor sehingga berpeluang kontennya menarik banyak audiens

Caranya klik alat > keyword planner 

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Lalu klik temukan kata kunci baru 

Cara Optimasi Keyword Dengan Google Keyword Planner Tanpa Beriklan

Setelah itu pilih mulai dengan situs

Masukkan link website kompetitor yang mau Anda riset kata kuncinya lalu klik dapatkan hasil

Setelah dapat datanya tinggal seleksi mana kata kunci yang sesuai dengan bisnis/jasa Anda, perhatikan juga jumlah penelusuran dan tingkat persaingan

Optimasi dengan Google Keyword Planner diharapkan dapat Membantu Anda untuk menemukan kata kunci ideal yang sesuai dengan bisnis/jasa Anda

Sehingga bisnis, jasa bahkan konten Anda dapat ditemukan dengan mudah oleh target audiens ideal 

Semoga artikel ini membantu 

Dan jangan lupa share ke semua sosial media yang Anda punya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here