Apa profesi Anda saat ini? Karyawan, PNS, dokter, TNI, wartawan, penulis, atau penyanyi? Apakah yang memiliki bakat entrepreneur itu hanya orang-orang yang bekerja sebagai pengusaha?

Belum tentu. Anda bekerja di bidang profesi lain pun, bisa jadi juga Anda memiliki bakat untuk menjadi enterprenur jika Anda memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini :

1) MUDAH BOSAN

Salah satu sifat seorang entrepreneur adalah, mereka mudah sekali bosan. Mereka tidak bisa hidup dalam kehidupan yang monoton dan selalu menginginkan perubahan.

Banyak karyawan yang resign dan banting setir menjadi pengusaha karena bosan dengan pekerjaan mereka yang monoton. Tidak salah. Karena tidak setiap orang bisa bekerja dan hidup dalam kondisi yang sama setiap hari.

2) KREATIF

Kreatif di sini tidak harus dalam hal seni. Kreatif di sini adalah watak. Ketika Anda memiliki keterbatasan, tapi Anda mampu mengubah keterbatasan Anda menjadi kelebihan atau solusi, itu bisa disebut kreatif.

Misalnya Anda ingin sekali menjadi penari ballet terkenal tapi Anda tidak memiliki uang untuk mengikuti kursus ballet dan berkompetisi di ajang ballet internasional yang notabene membutuhkan dana cukup besar. Anda hanya memiliki sebuah HP. Anda lalu memiliki inisiatif dengan belajar ballet dari Youtube, merekam tarian Anda, dan mengunggahnya ke YouTube sesering mungkin. Akhirnya lama-kelamaan, Anda mulai terkenal lewat YouTube dan impian Anda untuk menjadi penari ballet terkenal tercapai. Maka inisiatif Anda mengubah keterbatasan Anda menjadi solusi ini bisa dikatakan “kreatif”.

3) MENYUKAI TANTANGAN

Pengusaha menyukai tantangan. Karena bisnis itu penuh tantangan. Orang yang memiliki bakat pengusaha, tidak takut terhadap tantangan dan mampu menyelesaikan tantangan itu dengan baik. Ia juga lekas bangkit jika mengalami kegagalan.

4) TIDAK PUAS DENGAN KEHIDUPAN SAAT INI

Seorang entrepreneur tidak pernah puas dengan hidupnya saat ini. Ia selalu berusaha meningkatkan taraf hidupnya dari hari ke hari dan selalu berusaha mendapatkan lebih banyak.

5) MEMILIKI BAKAT MENJUAL

Salah satu bakat penting dari seorang entrepreneur adalah ia pandai menjual dan mencari uang. Denyut nadi sebuah bisnis ditentukan oleh seberapa banyak produk atau jasa yang Anda tawarkan dibeli oleh konsumen. Karena itu, biasanya orang yang berbakat menjual, biasanya ia juga bisa menjadi seorang entrepreneur.

6) TAHAN BANTING

Menjadi  entrepreneur itu memiliki banyak tantangan. Anda harus siap bekerja keras dan cekatan menyelesaikan setiap masalah-masalah yang ada. Jika Anda mudah menyerah ketika diterpa kegagalan, bagaimana mungkin Anda bisa membawa bisnis Anda menjadi sukses?

7) MAMPU MEMIMPIN ORANG LAIN

Menjadi seorang entrepreneur berarti Anda harus siap menjadi seorang pemimpin bagi beberapa atau banyak orang, tergantung seberapa besar skala bisnis Anda.

Jika Anda memiliki bakat memimpin orang lain sejak lahir, mungkin Anda memang ditakdirkan menjadi seorang pengusaha. Tak masalah jika Anda tidak memiliki keahlian di bidang penjualan, produksi, atau administrasi. Anda bisa memimpin dan mendelegasikan tugas tersebut kepada orang lain.

PROMO AMELIA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here