Siapa di sini yang tidak menginginkan kebebasan finansial? Tentu semuanya ingin. Anda tidak perlu capek-capek bekerja 8 jam setiap hari, sudah ada sistem yang membuat uang masuk ke rekening Anda dengan sendirinya.

Bagaimana caranya mendapatkan kebebasan finansial? Bisa dengan membuat bisnis, berinvestasi, atau mengikuti pemasaran  jaringan (MLM).

Jika Anda ingin meraih kebebasan finansial dalam hidup Anda, ada baiknya Anda mengikuti tips dari Robert Kiyosaki, salah satu pakar perekonomian dan bisnis duniaberikut ini :

1) KENDALIKAN PENGELUARAN

Jangan suka menghabiskan pendapatan Anda untuk hal-hal yang konsumtif. Perhatikan jenis barang yang akan Anda beli atau kegiatan apapun yang Anda lakukan yang menyedot keuangan Anda. Pikirkan kembali apakah hal tersebut sangat Anda perlukan? Jika tidak, maka sebaiknya hapus saja dari daftar pengeluaran Anda.

Lebih baik Anda mengeluarkan uang untuk hal-hal yang produktif seperti berbisnis kecil-kecilan atau mengikuti pelatihan tertentu yang dapat menambah pengetahuan Anda.

2) AMBILLAH TANGGUNG JAWAB PENUH

Setiap orang memiliki tanggung jawab sendiri-sendiri terhadap pengeluaran dan masa depan mereka. Apa yang Anda keluarkan sekarang dapat mempengaruhi bagaimana Anda di masa depan. Mulai sekarang, ambillah tanggung  jawab atas setiap keputusan finansial yang Anda ambil. Jangan terlalu menuruti saran atau arahan orang lain. Karena belum tentu cocok dengan kehidupan Anda.

3) BUAT ANGGARAN PENGELUARAN

Membuat anggaran pengeluaran bulanan memang perlu untuk mencegah Anda terjerumus dalam kehidupan yang boros dan konsumtif. Paling tidak dalam setiap bulan, bagilah penghasilan Anda menjadi pos-pos pengeluaran tertentu seperti : biaya makan & belanja kebutuhan pokok, biaya tempat tinggal, biaya transportasi dan komunikasi, tabungan, dan sebagainya.

4) MENABUNGLAH

Jika selama ini Anda menabung dari sisa penghasilan Anda setelah dikurangi beragam biaya pengeluaran, sekarang coba dibalik mindset Anda. Dalam sebulan paling tidak anggarkan 30% dari penghasilan Anda untuk ditabung. Sisanya baru Anda pakai untuk pengeluaran sehari-hari.

5) JANGAN SUKA BERHUTANG

Jika Anda ingin mencapai kebebasan finansial, hindarilah berhutang (leasing, kartu kredit, atau jenis pinjaman dari bank lainnya). Berhutang mungkin bisa menjadi solusi jika Anda membutuhkan dana dalam waktu mendesak. Tapi jangan biasakan diri Anda untuk berhutang, karena nantinya sepanjang hidup Anda akan habis untuk membayar bunga pinjaman.

6) PERSIAPKAN DANA KHUSUS UNTUK DARURAT

Dalam sebulan, anggarkan budget khusus untuk dana darurat. Dana darurat ini berfungsi jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana cukup besar untuk kepentingan mendadak, seperti sakit, dsb. Jika dalam bulan ini dana darurat tersebut belum terpakai, Anda bisa akumulasikan dalam bulan berikutnya. Sehingga lama kelamaan Anda memiliki dana darurat yang cukup besar.

7) JANGAN BERHENTI BELAJAR

Dalam hidup ada banyak hal yang bisa kita pelajari. Jangan malas untuk terus menambah pengetahuan Anda dalam banyak hal. Terutama finansial.

8) BUATLAH TUJUAN KEUANGAN

Tujuan keuangan dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan kemampuan Anda. Tanpa tujuan yang jelas, hidup Anda akan rawan terombang-ambing tanpa arah yang jelas. Jika tujuan Anda jelas, Anda dapat mengoptimalkan kemampuan Anda untuk meraih apa yang Anda inginkan.

9) BERGABUNGLAH DENGAN MLM ATAU BANGUN BISNIS ANDA SENDIRI

Jika Anda belum mampu berinvestasi untuk menghasilkan passive income, bangunlah bisnis Anda sendiri. Buat sistem yang teruji mampu membuat uang mengalir sendiri ke rekening Anda tanpa Anda perlu bekerja setiap hari.

Tapi jika Anda tidak mampu membangun bisnis sendiri, bergabunglah dalam MLM atau multilevel marketing. Di sana Anda tidak perlu keluar modal banyak dan repot-repot membangun sistem dari awal. Anda cukup fokus pada membangun jaringan pemasaran yang nantinya akan memberikan passive income bagi Anda.

10) SEDERHANAKAN HIDUP ANDA

Banyak orang gagal meraih kebebasan finansial karena terjebak dalam gaya hidup boros. Semakin tinggi penghasilan mereka, semakin tinggi pula gaya hidup mereka. Akibatnya seberapapun besarnya uang yang mereka miliki akan selalu terasa kurang dan cepat habis. Jika ingin mendapatkan kebebasan finansial, biasakan untuk menyederhakan hidup Anda. Tinggalkan gengsi dan tuntutan gaya hidup mewah.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here