Patungan bareng teman untuk membuka usaha adalah ide yang cukup cemerlang untuk mendapatkan modal usaha. Ketika Anda patungan bareng sahabat, otomatis sahabat Anda akan menjadi partner bisnis Anda.

Tapi patungan bareng sahabat juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Supaya bisnis Anda lancar ke depannya, sebaiknya pertimbangkan hal berikut ini sebelum memutuskan untuk patungan :

  1. BUAT PERJANJIAN KERJA SAMA YANG JELAS DAN SAH

Perjanjian ini mencakup job desription Anda dan sahabat Anda, jabatan atau posisi kalian dalam bisnis, serta hak dan kewajiban yang harus dipenuhi dalam bisnis tersebut. Membuat perjanjian jangan sekedar gentle agreement. Sebaiknya tuliskan secara sah dan bermaterai sehingga memiliki kekuatan hukum yang mengikat.

2. SAMAKAN VISI DAN MISI KALIAN

Sebelum memulai bisnis dan menggabungkan modal, pastikan bahwa visi dan misi kalian sudah selaras. Perbedaan visi dan misi akan menyebabkan perpecahan dalam bisnis dan efeknya malah bisa menimbulkan kerugian.

3. PAHAMI KEPRIBADIAN SAHABAT ANDA

Sebelum patungan dan memulai usaha, Anda juga harus benar-benar memahami karakter sahabat Anda dulu. Apakah karakter sahabat Anda bisa melengkapi kekurangan pada diri Anda, apakah karakter sahabat Anda cocok untuk menjalankan bisnis Anda, dan apakah karakter sahabat Anda cukup tangguh dan bertanggung jawab untuk menjalankan bisnis berdua bersama Anda?

4. TETAPKAN JOB DESCRIPTION YANG JELAS

Saat Anda memutuskan untuk berbsinis bersama sahabat Anda, tetap harus ada job desc yang jelas. Usahakan job desc kalian berdua berbeda namun saling melengkapi satu sama lain. Misalnya sahabat Anda di jago produksi, dan Anda jago di marketing. Biarkan sahabat Anda mengurus produksi dan Anda fokus saja dalam hal pemasaran produk. Hindari mendapatkan job desc yang sama atau berdekatan. Jika Anda berdua memiliki kemampuan marketing tapi tidak dalam produksi, tentunya akan mengganggu proses bisnis Anda. Begitu pula sebaliknya.

5. BIASAKAN UNTUK BERDEBAT

Ke depan akan banyak muncul hal yang memicu perbedaan pendapat dalam berbisnis. Sebelum Anda memutuskan untuk memulai usaha dengan sahabat Anda, biasakan diri Anda untuk berdebat dengannya. Berdebat mampu memunculkan karakter asli dan memperlihatkan jalan pemikiran sahabat Anda. Dengan terbiasa berdebat pula, Anda nantinya akan terbiasa untuk mengatasi perbedaan pandangan dengan orang lain.

6. BIASAKAN UNTUK MENJAGA KEPERCAYAAN SATU SAMA LAIN

Kepercayaan di sini tidak hanya sekedar kepercayaan atau kinerja yang harus Anda dan sahabat Anda tanggung berdua. Kepercayaan juga menyangkut soal uang yang akan Anda berdua terima. Cobalah Anda cek apakah sahabat Anda adalah tipe orang yang bisa berhemat terhadap uang, apakah dia termasuk orang yang serakah jika mendapat uang banyak, dan bisakah sahabat Anda jujur terhadap uang yang ia dapatkan?

7. BISAKAH KALIAN MENJAGA PROFESIONALITAS SAAT BEKERJA?

Meskipun kalian berdua adalah sahabat, tapi dalam ranah bisnis kalian harus menjaga profesionalitas. Jangan segan untuk menegur teman Anda jika ia berbuat kesalahan. Sebaliknya, teman Anda pun tidak boleh marah jika ditegur.

Bila salah satu dari Anda menjadi atasan, maka harus saling mematuhi kebijakan yang diambil. Tidak boleh ada rasa tidak enakan. Anda boleh bersahabat dengan teman Anda di luar. Tapi saat berbisnis, Anda adalah teman kerja yang professional.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here