Penolakan bisa menjadi momok yang menakutkan bagi entrepreneur. Maksud hati ingin menawarkan produk ke calon buyer, malah batal karena takut ditolak. Maksud hati mau mengajak kerja sama dengan investor, juga batal karena paranoid terhadap penolakan.

Takut akan penolakan tidak ada jeleknya sih. Karena dengan takut, kita akan mempersiapkan banyak hal sebelum mempresentasikan sesuatu kepada lawan bicara. Tetapi jika ketakutan Anda dibiarkan terus sehingga membuat Anda tidak berbuat apa-apa, itu yang gawat.

Jangan takut menghadapi penolakan. Karenasebenarnya 5 entrepreneur ini mendulang kesuksesan setelah ditolak berkali-kali. Coba contoh kegigihan hati mereka. Siapa saja?

1. COLONEL SANDERS

Wajahnya sering terpampang di reklame KFC. Beliau memang pendiri KFC. Uniknya Colonel Sanders ini memulai bisnis KFC-nya di usia senja. Awalnya beliau membuat resep ayam goreng dan menawarkannya ke restoran-restoran di Amerika. Namun bukannya diterima, beliau justru ditolak lebih dari 1.000 kali sebelum akhirnya sukses mendirikan restoran KFC yang franchise-nya tersebar di puluhan Negara seperti saat ini.

2. SOICHIRO HONDA

Awalnya Soichiro Honda memproduksi prototip piston yang ia tawarkan kepada Toyota. Namun bukannya diterima, Toyota justru menolak mentah-mentah prototip tersebut karena dianggap tidak memenuhi standar. Namun penolakan dari Toyota tak membuatnya putus asa meskipun sempat dilanda stress dan sakit. Ia pun bangkit dan terus mencoba membuat piston berkualitas. Setelah berhasil ia pun menambahkan produknya menjadi velg ruji dari logam. Kesuksesannya membuat Honda berinisiatif untuk memulai bisnis otomotifnya sendiri.

3. JACK MA

Salah satu orang terkaya di China ini juga memulai bisnisnya dalam kondisi terbatas dan serba kesulitan. Namun siapa sangka sebelum ia memulai bisnis internetnya, ia harus mengecap pahitnya ditolak 30 perusahaan dan 3 universitas untuk melamar kerja?

Tak hanya itu, saat ia membuka Alibaba.com untuk pertama kali, ia pun gagal mencetak laba selama 3 tahun. Akibatnya, tidak ada investor yang mau berinvestasi di Alibaba.

Tak menyerah, ia pun membuat Alipay, portal pembayaran untuk setiap transaksi online di China (mirip Paypal pada USA). Tak disangka, Alipay justru menuai kesuksesan dan mampu mendongkrak kesuksesan Alibaba hingga saat ini.

4. J.K. ROWLING

Seorang ibu rumah tangga, pengangguran, dan tanpa penghasilan tetap. Itulah JK Rowling dahulu kala sebelum serial Harry Potternya diterima masyarakat. Untuk mengusir kejenuhan, JK Rowling pun menuangkan imajinasinya dalam sebuah tulisan.

Tapi siapa sangka, sebelum Harry Potter sukses diterbitkan dan digandrungi anak-anak era 1990-an, JK Rowling harus merasakan pahitnya penolakan oleh 12 penerbit? Tak tanggung-tanggung, 12 penerbit yang ia tawari naskahnya menolak karena menganggap Harry Potter tidak akan mendapat tempat di hati anak-anak.

Dua tahun kemudian, yakni di 1997, barulah Bloomsburry berani menerbitkan Harry Potter. Dan siapa sangka bahwa Harry Potter akan sepopuler sekarang? JK Rowling pun sukses mencetak keuntungan berlipat bagi Bloomsburry dan mendapatkan royalty cukup banyak dari hasil kerja kerasnya.

5. MICHAEL JORDAN

Jagoan Slam Dunk dunia, Michael Jordan pun ternyata tak lepas dari penolakan. Ia pernah ditolak masuk ke tim basket sekolahnya karena tinggi badan. Tak hanya itu, sebelum menjadi ahli basket seperti sekarang, Michael Jordan harus mengecap pahitnya gagal slam dunk 9.000 kali lebih dan harus kalah dalam lebih dari 300 kali pertandingan.

Setelah sukses pun, Michael masih harus menerima penolakan. Ia mencoba menawarkan diri menjadi brand ambassador Adidas, namun perusahaan sportwear tersebut menolaknya dengan alasan tinggi badannya di bawah brand ambassador sebelumnya (198 cm).

Michael Jordan pun terpaksa menerima tawaran Nike untuk menjadi brand ambassador, meskipun sebenarnya ia menyukai Adidas. Nike pun mendulang kesuksesan. Nama Michael Jordan yang sedang naik daun berhasil mendongkrak branding Nike dan menghasilkan keuntungan berlipat ganda dibanding Adidas. Michael Jordan sendiri bertransformasi menjadi atlet basket dengan bayaran termahal kala itu.

Demikianlah sekelumit kisah orang yang sukses dari penolakan. Karir mereka memang tak mudah, penuh penolakan dan kegagalan. Tapi usaha yang gigih dan tanpa hentilah yang membuat mereka sukses sampai sekarang. Semoga contoh di atas mampu memicu semangat Anda supaya bisa bangkit dan tidak takut dengan kegagalan/penolakan.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here