Sebelum Anda terjun menjadi pengusaha, ada beberapa mindset atau pola pikir yang harus Anda terapkan dulu ke dalam otak Anda. Yang pastinya, mindset ini berbeda dengan pola pikir orang kebanyakan. Nah, apa saja yang harus tertanam dalam otak Anda?

1) ANDA HARUS BERPEGANG TEGUH PADA TUJUAN AKHIR

Tujuan akhir ini bisa disamakan dengan impian besar Anda. Anda harus berpegang teguh pada impian Anda. Gambarkan dengan jelas tujuan akhir bisnis Anda. Jika perlu print out gambarnya, beri keterangan lengkap, dan simpan di dalam buku khusus atau tempel di dinding kamar Anda. Jika Anda berpegang teguh pada impian Anda, masalah apapun tidak akan menghantam Anda untuk mundur dan menyerah.

2) WAJIB TERBIASA DENGAN SUASANA TIDAK NYAMAN

Menjadi entrepreneur itu tidak bisa lepas dari “zona tidak nyaman”. Akan ada banyak hal yang membuat Anda deg-degan sepanjang hari, membuat Anda senantiasa kepikiran, atau membuat Anda benar-benar tidak nyaman dan tenang. Jika Anda bukan pribadi yang cukup kuat mengatasi ketidaknyamanan tersebut, say good bye for being an entrepreneur.

3) BERTANGGUNG JAWABLAH ATAS SETIAP KEPUTUSAN ANDA

Ketika Anda menjadi entrepreneur, akan ada banyak keputusan yang harus Anda buat. Anda dituntut untuk bisa bertanggung jawab atas keputusan yang telah Anda ambil, baik benar maupun salah. Hindari kebiasaan menutupi kesalahan diri sendiri dan menyalahkan orang lain.

4) HINDARI TERPERANGKAP DALAM KOTAK

Ketika Anda masih menjadi karyawan, Anda terbiasa untuk mengerjakan apa yang telah menjadi tugas Anda dan cuek akan pekerjaan orang lain. Ketika menjadi entrepreneur, Anda dituntut untuk mengetahui banyak hal. Bahkan Anda harus rela terjun langsung jika tim Anda mengalami kendala dengan pekerjaannya.

5) BELAJAR MEMBACA DATA

Ketika Anda menjadi entrepreneur, Anda akan dihadapkan dengan banyak data. Mulai data finansial, hingga data audience customer atau target market Anda. Biasakan diri untuk membaca data-data tersebut. Karena data itu berguna sebagai acuan bagi Anda untuk menentukan keputusan bisnis Anda.

6) MILIKI VISI JANGKA PENDEK DAN JANGKA PANJANG

Ketika Anda memiliki impian, pecah impian tersebut menjadi tujuan-tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Ini berguna untuk memudahkan kinerja Anda dalam mencapai tujuan akhir bisnis Anda.

7) LEBIH FLEKSIBEL DALAM SEGALA HAL, TERUTAMA PERATURAN

Banyak faktor X yang membuat rencana bisnis Anda nanti sedikit bergeser. Misalnya, Anda menarget pembayaran customer lunas di akhir bulan, ternyata customer baru bisa melunasi di bulan berikutnya. Di sini Anda harus bisa flexible, bukannya marah-marah dan kecewa dengan si customer. Anda harus mencari opsi lain untuk menutup kekurangan yang belum terbayarkan supaya keuangan bisnis Anda lancar.

8) TERBIASA LEMBUR DAN JANGAN MENGELUH

Jam kerja seorang entrepreneur bisa lebih gila daripada karyawan. Jika karyawan lembur hanya ketika pekerjaan sedang overload, maka seorang entrepreneur bisa jadi lebur di hampir setiap hari selama tahun-tahun awal bisnisnya berdiri. Jangan mudah mengeluh, karena keluhan dapat mengendorkan mental dan semangat Anda.

9) JAGA HUBUNGAN BAIK DENGAN SEMUA REKAN BISNIS

Baik itu rekan bisnis dekat atau jauh, tetap jaga hubungan baik dengan mereka. Jangan sampai Anda putus komunikasi. Jika perlu sesekali ajaklah meet up untuk menyambung silaturahmi dan bertukar pikiran.

10) CINTAI BISNIS ANDA, TAPI HARUS TETAP RASIONAL

Jika Anda mencintai bisnis Anda, maka Anda akan totalitas dalam mengerjakannya. Tapi jangan sampai kecintaan Anda membutakan rasionalitas Anda. Anda harus tetap terbuka dengan setiap saran dan kritikan, plus mampu menyaring masukan mana yang bisa membantu bisnis Anda untuk berkembang lebih baik.

2 COMMENTS

  1. Salut!
    Kenyataannya banyak sekali orang yang takut menjadi entrepreneur. Memang sih, saya rasakan sendiri, membangun kesuksesan itu tidak mudah, tapi saya yakin itu mungkin. Butuh kekonsistenan dan komitmen yang kuat.

    Salam kenal, Ko Rico 😀
    Hepy Kusuma Wijaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here