Mengikuti pameran bisa menjadi salah satu alternatif pemasaran yang bisa Anda pakai untuk memasarkan bisnis Anda serta mengenalkan produk Anda ke konsumen. Tapi perlu diketahui bahwa mengikuti pameran tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena ketika Anda mengikuti pameran, setidaknya Anda harus menyediakan budget berlebih untuk dekorasi booth dan jasa SPG , di luar anggaran untuk menyewa stand itu sendiri.

Agar pameran Anda berhasil dan uang yang telah Anda keluarkan untuk pameran tidak terbuang percuma, coba terapkan 7 prinsip berikut :

1) PERHATIKAN LOKASI PAMERAN DAN LOKASI BOOTH

Sebelum Anda mengikuti pameran, cari tahu dulu di mana lokasi pameran Anda diselenggerakan beserta di mana lokasi booth Anda nantinya. Lokasi pameran bisa mengidentifikasikan siapa yang bakal mengunjungi pameran tersebut. Sedangkan lokasi booth Anda menentukan seberapa mudah orang melihat booth Anda sehingga mereka bisa mampir untuk melihat-lihat atau pembeli.

Jika Anda berbisnis produk mewah yang pangsa pasarnya menengah ke atas, cek juga apakah lokasi pamerannya juga di tempat-tempat yang biasa jadi ajang berkumpulnya orang-orang dari kalangan menengah ke atas tersebut. Jangan sampai Anda berbisnis barang mewah, tapi pameran di tempat yang pengunjungnya dari kalangan menengah ke bawah. Tentu saja akan sulit untuk mendapatkan customer.

2) CARI TAHU PROFIL PENYELENGGARA PAMERAN

Selain lokasi, perhatikan juga profil penyelenggara pameran. Lokasi yang strategis tapi jika penyelenggaranya kurang cakap, tentu pameran yang mereka buat juga sulit berhasil. Pastikan dulu bahwa penyelenggaranya memiliki track record yang memuaskan dalam menyelenggarakan pameran. Indikasinya, Anda bisa cek apakah pameran-pameran mereka terdahulu itu ramai pengunjung atau tidak.

3) KENALI PROFIL PENGUNJUNG PAMERAN

Setelah itu Anda juga harus mengecek kembali profil pengunjung pameran Anda. Mereka datang dari kalangan mana, kira-kira menyukai produk seperti apa, danbagaimana kebiasaan mereka saat membeli barang. Apakah mereka suka membeli jika ada bonus/diskon, apakah mereka suka membeli jika tempatnya private atau benar-benar menjaga privasi pembeli, dan sebagainya.

4) BUAT DESAIN BOOTH YANG MENARIK

Booth yang menarik adalah senjata utama Anda untuk menarik pengunjung pameran mendatangi boothAnda. Anda ikut pameran tapi booth Anda kurang menarik perhatian akan sulit membuat orang mau mendatangi booth Anda.

Jika Anda tidak mampu membuat booth yang menarik, Anda bisa meminta tolong pihak ketiga untuk medesainkan booth Anda selama pameran. Jika menurut Anda biaya mendekorasi booth sendiri terlalu boros, Anda bisa menyewa booth-booth kepada jasa persewaan booth yang ada. Anda bisa mencari infonya di Google.

5) BUAT PROMO KHUSUS BAGI ORANG YANG MEMBELI SELAMA PAMERAN

Supaya orang mau membeli produk Anda selama pameran, buatlah diskon khusus atau promo lain yang menarik supaya mereka mau membeli.

6) SEWA SPG YANG CAKAP DAN BERPENAMPILAN MENARIK

SPG (Sales Promotion Girl) ini perlu Anda rekrut untuk membantu Anda selama pameran. Jangan melulu mengandalkan tenaga sendiri karena Anda pasti akan kelelahan. Jangan lupa juga untuk menyewa SPG yang berpenampilan menarik dan juga memiliki kemampuan menjual yang bagus. SPG yang menarik bisa memukau orang untuk mendatangi booth Anda. Sedangkan SPG yang pandai menjual bisa membantu Anda menawarkan produk Anda kepada pengunjung.

7) CATAT DATABASE PENGUNJUNG

Agar lebih efektif, jangan lupa manfaatkan kesempatan pameran untuk mendapatkan database pengunjung. Meskipun mereka belum membeli saat itu juga, paling tidak Anda sudah menyimpan kontak mereka sehingga bisa difollow up setelah pameran selesai.

MA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here