Bisnis start up adalah bisnis yang masih baru yang usianya di bawah 5 tahun dan masih berada dalam tahap rintisan. Membuka start up menjadi tren baru di generasi milenial. Beragam bisnis start up dengan ide yang unik saat ini bermunculan. Dan semuanya berlomba-lomba untuk menarik perhatian konsumen dan masyarakat luas.

Agar start up yang Anda bangun bisa bersaing di tengah semaraknya ribuan start up baru yang bermunculan, pemilihan nama untuk start up memegang peranan penting bagi Anda. Ke depannya nanti orang akan lebih mudah mengenal dan mengingat bisnis Anda jika nama start up Anda mudah diingat dan unik.

Sebelum Anda membuka bisnis Anda, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini untuk memberikan nama yang tepat :

1) NAMA START UP ANDA HARUSLAH UNIK DAN CATCHY

Nama bisnis Anda bisa menjadi brand untuk produk Anda. Karenanya nama yang Anda pilihkan haruslah benar-benar unik dan catchy. Catchy di sini maksudnya nama bisnis Anda haruslah mudah menarik perhatian orang saat pertama kali diucapkan. Jika penyebutan nama bisnis Anda saja sudah menarik perhatian orang, maka tahap selanjutnya akan mudah bagi orang lain untuk mengingat dan menumbuhkan rasa penasaran mereka terhadap bisnis/produk Anda.

2) BUAT NAMA YANG MUDAH DIINGAT OLEH ORANG

Kadang saat kita membuka bisnis, kita bakal berpikir bahwa nama bisnis kita haruslah sangat-sangat keren. Saking kerennya bahkankita memberikan nama yang sulit sekali dieja dan dilafalkan. Akibatnya orang jadi susah mengingat brand Anda. Cobalah pilih nama yang lebih simple dan mudah diingat orang.

3) BUAT NAMA START UP YANG NYAMBUNG DENGAN BISNIS ANDA

Nama start up Anda juga harus nyambung dengan bisnis Anda. Contohnya DELIHOME yang mengusung ide bisnis aplikasi pemesanan makanan khusus masakan homemade yang enak, GOJEK yang merepresentasikan ojek, TVONE yang merepresentasikan saluran televisi, dsb. Anda juga bisa menambahkan jenis bisnis Anda pada nama start up Anda untuk merepresentasikan bisnis Anda. Seperti Malika Batik (bisnis baju batik), Passo Apparel (bisnis pakaian), Berry Kitchen (bisnis kuliner), Jimbaran Resto, Gaia Jewelry (bisnis perhiasan), dan masih banyak lagi.

4) BUAT NAMA YANG BISA BERTAHAN DALAM JANGKA WAKTU PANJANG

Trend dan selera manusia itu selalu berubah-ubah seiring dengan perkembangan waktu. Karenanya Anda harus pintar-pintar memilih nama bisnis yang sekiranya bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Banyak loh bisnis yang akhirnya harus berganti nama untuk mengikuti perkembangan pasar. Jika bisnis Anda ganti nama, butuh waktu bagi customer Anda untuk mengenali brand baru Anda lagi.

5) BUAT NAMA YANG MUDAH DIUCAPKAN

Nama sebuah start up haruslah simpel dan mudah dilafalkan. Jadi orang lain juga tidak kesulitan menyebut nama bisnis Anda saat sedang menceritakannya kepada orang lain. Sebaiknya jangan memberikan terlalu banyak huruf konsonan pada nama start up Anda. Dan jangan terlalu banyak memberikan huruf yang berulang sehingga orang jadi susah menuliskan nama bisnis Anda.

6) CEK APAKAH NAMA START UP ANDA MIRIP DENGAN BISNIS LAIN

Ini adalah hal terpenting. Sebelum Anda memulai bisnis Anda, cek dulu apakah bisnis Anda memiliki kemiripan dengan bisnis lain. Atau jangan-jangan bisnis Anda sudah pernah dipakai namanya oleh orang lain.

7) LAKUKAN BRAINSTORMING  YANG BANYAK

Sering-seringlah melakukan brainstorming. Memilih nama start up itu tidak bisa asal-asalan. Nama bisnis Anda akan memegang faktor kesuksesan bisnis Anda juga. Karenanya buatlah sebuah nama bisnis yang unik, tapi mudah diingat dan diucapkan.

 

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here