Usia terkadang bisa jadi kendala seseorang untuk berbisnis. Merasa terlalu muda, terlalu tua, merasa kurang pengalaman, merasa fisik sudah tidak kuat, dan masih banyak lagi.

Sering kita melihat orang tua dengan usia 40 tahun ke atas merasa minder saat ingin berbisnis. Entah karena usia mereka yang sudah terlalu tua, takut dikalahkan oleh generasi muda, atau merasa too late to start.

Jika anda menemukan orang seperti itu, beritahu artikel ini kepada mereka supaya termotivasi, karena keenam orang di bawah ini juga memulai bisnis mereka di usia senja dan sukses!

  1. ARIANA HUFFINGTON (HUFFINGTON POST)

Sebagai salah satu media terbesar di Amerika, siapa sangka jika Ariana, si pendiri Huffington Post, baru menuai kesuksesan di usia 54 tahun? Jika di usia tersebut banyak orang yang mulai pensiun, Ariana justru baru berhasil mencicipi manisnya hasil kerja kerasnya selama puluhan tahun.

Ariana memang aktif dalam dunia jurnalistik sejak muda dan sempat mengeluarkan buku best seller. Sempat gagal di dunia politik, Ariana justru baru sukses di usia senja dengan bisnis surat kabarnya.

2. SUICHIRO HONDA

Baru mengenyam kesuksesan di usia 42 tahun tak membuat Suichiro Honda patah semangat. Setelah mengalami penolakan besar oleh Toyota, ia pun berinisiatif untuk berbisis otomotif sendiri. Produk utamanya adalah piston dan velg ruji dari logam.

Berkutat di industri otomotif tidak mudah. Selain ada raksasa otomotif Jepang bernama Toyota, Suichiro Honda juga harus merelakan masa mudanya habis untuk membangun bisnis dan bekerja.

3. ADOLF DASSLER (ADIDAS)

Adolf Dassler juga baru mendulang kesuksesan di usia 49 tahun, tepat setahun sebelum teman-teman seangkatannya memilih untuk pensiun.

Sejak kecil Adolf Dassler memang sudah menyukai pembuatan sepatu. Ia pun berlatih membuat sepatu sejak kecil. Namun siapa sangka kerja kerasnya membutuhkan waktu puluhan tahun untuk membuat brand Adidas sebesar sekarang?

4. JOHN PEMBERTON (COCA COLA)

Siapa sangka jika formula minuman Coca Cola baru ditemukan saat usia John Pemberton 55 tahun? Usia di mana seharusnya ia pensiun dari dunia kerja!

Jangan dikira setelah formula Coca Cola ditemukan, John Pemberton langsung sukses. Perlu waktu lama dan kerja ekstra keras untuk membuat Coca Cola diterima masyarakat, mengingat Coca Cola adalah jenis minuman baru. Sudah menjadi rahasia umum jika dulu Coca Cola hanya terjual beberapa botol saja di tahun pertama penjualannya.

5. RAY KROC (MC DONALD’S)

Meskipun profesi awalnya adalah penjual susu keliling, tak membuat Ray Kroc minder dan menjadi pengusaha franchise sukses.

Pembentukan franchise Mc Donald’s berawal saat ia bertemu Richard dan Maurice Mc Donald yang sedang membuka bisnis restoran ayam di California. Ia berhasil membujuk mereka berdua untuk mem-franchisekan restoran mereka.

Tepat di usia ke-52 tahun Ray Kroc, Mc Donald’s sukses menjadi franchise restoran ayam yang terkenal di Amerika.

6.  COLONEL SANDERS (KFC)

Kisah Colonel Sanders tentang usahanya menawarkan resep ayam goreng ke restoran-restoran dan ditolak menjadi inspirasi banyak pengusaha. Di usia senjanya, yakni 65 tahun, ia baru sukses mendirikan restoran KFC dan resep ayam gorengnya disukai banyak kalangan.

Padahal seharusnya di usia tersebut ia sudah harus di rumah dan menikmati masa tua dengan beristirahat, tapi Colonel Sanders tidak. Ia meneguhkan diri untuk membangun bisnis ayam gorengnya hingga sukses.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here