Anda ingin memiliki bisnis tapi pusing mencari ide bisnis apa yang pas untuk Anda? Coba ambil sedikit waktu Anda dan merenung sejenak. Anda bisa menemukan ide bisnis yang cemerlang berangkat dari hal-hal berikut ini :

1) HOBBY

Banyak bisnis yang sukses berawal dari hobby. Mengapa bisnis yang berawal dari hobby itu bisa sukses? Karena hobby adalah passion Anda. Ketika Anda mengerjakan sesuatu berdasarkan passion, Anda akan fight dan bekerja keras untuk itu. Kalaupun Anda mengalami kegagalan, Anda akan cepat bangkit dan memulainya kembali. Karena Anda mengerjakan hal yang Anda sukai.

Nah, Anda memiliki hobby tertentu? Coba evaluasi, siapa tahu ada ide bisnis yang bisa dikembangkan dari situ.

Misalnya saat ini Anda hobby travelling. Cobalah membuat bisnis paket tour berdasarkan pengalaman travelling Anda. Anda hobby memasak? Anda bisa kembangkan kemampuan memasak Anda menjadi bisnis kafe atau restoran.

2) KEAHLIAN

Anda memiliki keahlian tertentu yang jarang dimiliki oleh orang kebanyakan? Berbahagialah. Karena Anda bisa menuai potensi bisnis dari keahlian Anda tersebut.

Misalnya Anda memiliki keahlian dalam hal public speaking. Buatlah seminar atau kursus berbayar tentang public speaking. Mengingat saat ini jumlah entrepreneur dan eksekutif muda terus bertambah, tentu bakal menjadi pangsa pasar yang menarik bagi Anda. Mengapa? Karena mereka pasti membutuhkan kemampuan berbicara di depan umum yang baik.

3) MELIHAT PELUANG

Semua bisnis pasti tercipta karena ada peluang di dalamnya. Dalam hal ini diperlukan kemampuan dan kejelian Anda dalam menganalisa kondisi market (pasar). Misalnya dalam waktu dekat Ramadhan dan Lebaran akan tiba. Anda bisa melihat ada banyak peluang bagus di dalamnya.

Mulai dari kebutuhan akan snack, makanan dan minuman cepat saji untuk berbuka puasa di jalan, peningkatan kebutuhan akan busana muslim dan alat ibadah, serta masih banyak lagi. Anda dapat mengambil peluang ini untuk dijadikan ide bisnis.

Contoh lain misalnya sekarang bisnis online mulai menjamur. Saking banyaknya minat masyarakat dalam berbelanja online hingga membuat banyak pebisnis kewalahan dalam mengurus website dan social media mereka. Anda bisa membuat bisnis jasa maintenance website dan social media untuk membantu mereka merampungkan tugas-tugas mereka.

4) ADANYA PERMINTAAN

Misalnya Anda sedang berteman dengan pemilik restoran seafood. Ternyata rekan Anda tersebut membutuhkan tambahan pasokan ikan laut sebesar 3 kuintal setiap bulan. Anda dapat melihat bahwa di sini ada permintaan. Anda bisa segera mencarikan ikan laut di nelayan untuk dipasok ke restoran tersebut. Anda sendiri berhak mendapatkan keuntungan dari distribusi ikan tersebut, sah-sah saja dalam berbisnis.

Akhirnya jadilah bisnis distribusi ikan laut Anda terbentuk. Di awal Anda sudah memiliki customer tetap, karena dia sudah memberikan permintaan terlebih dahulu. Jadilah bisnis Anda tercipta karena sudah ada permintaan yang harus dipenuhi.

5) MENCIPTAKAN KEBUTUHAN

Ini biasanya terjadi pada bisnis produk herbal atau produk elektronik jenis terbaru. Contohnya iPad dan Tablet.

Ketika awal iPad tercipta, manusia mungkin tidak mengira bahwa sebenarnya mereka membutuhkan iPad, atau tablet. Bentuk layar 8 hingga 10 inchi yang terlalu besar untuk handphone pasti membuat sebagian besar masyarakat bingung di awal tentang fungsinya. Untuk difungsikan sebagai notebook juga tidak mumpuni karena tidak ada prosesor yang memadai dan keyboard+mouse untuk operasional.

Tapi kemudian manusia sadar bahwa mereka membutuhkan tablet/iPad. Kebutuhan presentasi di sembarang tempat, kebutuhan membaca berita dan artikel di internet dengan leluasa, serta kebutuhan bermain game dengan luas bisa dipenuhi oleh iPad, tanpa kini perlu repot-repot lagi membawa notebook yang berat. Akhirnya saat ini orang mulai sadar bahwa mereka membutuhkan iPad, dan popularitas notebook mulai tergeser.

Begitu juga dengan produk herbal. Di awal orang tidak akan sadar bahwa mereka membutuhkan herbal untuk kesehatan tubuh. Setelah diedukasi, barulah muncul kesadaran bahwa mereka sebenarnya butuh herbal untuk tubuh mereka sendiri.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here