Kabar gembira datang dari Indonesia. Di saat ekonomi dunia mengalami perlambatan, Indonesia saat ini justru mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup bagus, mencapai 5.1% di trimester pertama 2017. Indonesia kini berada di urutan ketiga soal Negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat setelah China dan India.

Ini pertanda bahwa daya beli masyarakat Indonesia semakin meningkat, sehingga banyak perputaran uang yang terjadi di Negara kita. Nah, sudahkah Anda memanfaatkan moment ini?

Di antara Anda, adakah yang masih bingung mau buka bisnis apa? Coba simak tips berikut ini ya dalam menganalisa kondisi pasar di Indonesia :

1) INDONESIA MEMILIKI JUMLAH PENDUDUK LEBIH DARI 250 JUTA JIWA, ANGKA YANG  SANGAT BESAR  SEBAGAI TARGET MARKET

Indonesia adalah Negara yang termasuk ke dalam 5 besar Negara berpenduduk terbanyak di dunia. Dengan 250 juta lebih penduduknya, Anda bisa menemukan beragam peluang untuk dijual. Tidak ada kata tidak bisa untuk berbisnis saat ini. Tugas Anda adalah temukan peluangnya, riset pasarnya apakah masih potensial atau tidak, lalu juallah produk yang mampu memenuhi kebutuhan pasar tersebut.

2) JUMLAH PANGSA PASAR GOLONGAN MENENGAH DI INDONESIA CUKUP BANYAK

Saat ini UMR di Indonesia mengalami kenaikan gila-gilaan. Hal ini juga berdampak kepada kesejahteraan karyawan yang meningkat. Akibatnya muncullah golongan-golongan menengah baru yang memiliki daya beli cukup tinggi. Terlebih saat ini transaksi perbankan elektronik  semakin digalakkan, sehingga hampir setiap orang dari golongan mengah ke atas memiliki kartu debit atau kartu kredit yang bisa dipakai untuk transaksi jual beli online.

3) BISNIS FASHION DAN KULINER MENEMPATI URUTAN TERATAS DENGAN PEMINAT PALING BANYAK

Orang Indonesia suka nongkrong dan makan. Karena itulah bisnis kuliner saat ini menjadi primadona banyak orang untuk digarap. Selain biaya produksi yang kecil, peminat kuliner juga menempati urutan teratas di Indonesia, bahkan di dunia. Sedangkan untuk fashion sendiri jelas, setiap orang butuh baju. Fashion juga tidak akan mati. Hanya trennya saja yang berubah-ubah.

4) JUMLAH PENGUSAHA DI INDONESIA MASIH KECIL

Artinya, persaingan bisnis di Indonesia masih belum terlalu ketat. Karena itu, mumpung masih sepi saingan, segeralah membuka bisnis Anda sekarang juga.

5) JUAL BARANG DENGAN HARGA MIRING BISA MEMBANTU BISNIS ANDA SUKSES

Indonesia ini penduduknya banyak. Namun jika Anda ingin sukses, berbisnislah barang yang harganya cukup miring, mengingat Indonesia sangat  menyukai barang murah, apalagi diskonan.

Bagaimana jika Anda ingin berbisnis barang branded dengan harga selangit? Tetap saja bisa. Yang terpenting, Anda berhasil riset pasar dengan benar dan proses branding produk Anda tersampaikan dengan baik ke konsumen, sehingga produk Anda ramai dibeli.

6) ORANG INDONESIA SANGAT “GADGET MINDED”

Ini yang membuat bisnis online di Indonesia yang terus mengalami kenaikan. Orang Indonesia suka sedikit-sedikit mengecek gadget mereka. Dan saat ini semua gadget pasti terkoneksi dengan internet. Maka ini bisa memudahkan Anda untuk membuka bisnis online Anda sendiri. Tidak perlu mahal-mahal menyewa toko di pusat perbelanjaan, Anda dapat menekan biaya dengan berbisnis online.

7) ORANG INDONESIA SANGAT “SOCIAL MEDIA MINDED”

Akibatnya, sedikit-sedikit orang bakal posting di social media. Efeknya, banyak toko online atau bisnis online yang melejit hanya bermodalkan social media saja. Selain pangsa pasar mereka banyak terdapat di social media, mereka juga terbantu oleh customer mereka yang suka memposting foto atau video tentang produk yang telah mereka beli, sehingga ada efek viral yang bisa tercipta di dalamnya.

Melihat fakta di atas, masih bingung mau berbisnis apa? Segera buka bisnis Anda sekarang, yuk. Mumpung masih belum banyak pesaing. Coba dulu dibuka, masalah gagal atau sukses nanti bisa dievaluasi kembali.

21 Hari Kuliah Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here