Menjadi entrepreneur itu artinya Anda harus siap bekerja ekstra 24 jam seminggu untuk meraih kesuksesan. Ada banyak hal yang harus Anda korbankan, terutama hal-hal yang sifatnya berasal dari zona nyaman.

Sudah banyak pebisnis sukses dan motivator kelas dunia yang menganjurkan Anda untuk meninggalkan zona nyaman Anda untuk meraih kesuksesan. Dengan keluar dari zona nyaman, Anda bisa lebih fokus dan bergerak cepat membesarkan bisnis Anda dan meraih kesuksesan.

Siapkah Anda untuk mengorbankan beberapa hal di bawah ini demi menjemput kesuksesan?

1) KEBEBASAN ANDA HILANG UNTUK SEMENTARA WAKTU

Ketika Anda memutuskan untuk berjuang menjadi entrepreneur dari nol, maka Anda harus siap kehilangan kebebasan Anda, paling tidak sampai bisnis Anda stabil. Jika dulu pulang kerja Anda bebas nongkrong, setelah gajian bebas shopping, sekarang tidak bisa semudah itu. Waktu Anda akan menjadi semakin sedikit, Anda harus berhemat ekstra, dan Anda harus ekstra disiplin dalam mengatur keuangan dan waktu.

2) JAM ISTIRAHAT ANDA BERKURANG BANYAK

Jika dulu jam 10 malam Anda bisa langsung tidur, mungkin Anda sekarang jadi berkurang tidurnya. Bisa jadi jam 12 baru bisa tidur. Atau bisa jadi juga menjelang subuh Anda baru tidur. Dulu Anda kerja hanya sampai jam 5 sore, sekarang bisa jadi Anda harus bekerja hingga menjelang subuh.

Semua butuh perjuangan. Pastikan Anda makan makanan bergizi agar kesehatan Anda tetap terjaga.

3) TIDAK ADA WAKTU LIBURAN HINGGA ANDA MERASAKAN HASILNYA

Jangan berharap Anda bisa liburan jika bisnis Anda belum stabil, daripada Anda harus menanggung resiko bisnis Anda menjadi kacau balau karena Anda tinggal. Lebih baik Anda fokus dulu untuk sementara waktu. Tetapkan jangka waktu kapan Anda bisa mencapai semua target-target Anda. Setelahnya Anda bisa meluangkan waktu untuk liburan sejenak.

4) PERTENTANGAN DENGAN KELUARGA/PASANGAN

Ketika kita memutuskan menjadi pengusaha dan terjun ke dunia bisnis yang serba tidak pasti, tentulah ada pihak yang tidak setuju dan menentang. Bagaimana jika pertentangan tersebut datang dari keluarga atau pasangan Anda sendiri?

Anda bisa mencoba menjelaskan potensi bisnis Anda dan apa yang bisa Anda dapatkan jika bisnis Anda sukses. Tapi jika mereka tetap tidak bisa menerima, ya sudah sabar saja. Hindari perdebatan, dan berusahalah lebih cepat lagi membangun bisnis Anda sampai sukses.

5) KEHILANGAN KEHIDUPAN SOSIAL

Ketika Anda fight menjadi seorang entrepreneur, ada kalanya Anda harus meninggalkan lingkungan sosial Anda yang kurang mendukung untuk sementara waktu dan mencari pergaulan baru yang bisa mendukung Anda.

Tapi berpindah dari lingkungan sosial lama ke lingkungan sosial baru tentunya tidak semudah yang Anda bayangkan. Pasti ada masa di mana Anda mengalami culture shock, di mana dulu Anda terbiasa berteman dengan lingkungan tipe A, sekarang harus meninggalkan mereka dan mencari teman baru dari lingkungan tipe P. Di sini Anda dituntut untuk pandai bergaul, berkomunikasi, dan cepat beradaptasi.

6) KEHILANGAN UANG DAN TABUNGAN

Anda harus siap kehilangan uang sebagai resiko Anda dalam berbisnis. Jika dulu Anda mungkin terbiasa memegang uang jutaan rupiah per bulan, sekarang Anda harus siap jika harus kehilangan uang sewaktu-waktu jika bisnis Anda gagal.

Tapi jangan khawatir, kegagalan adalah sumber pembelajaran bagi entrepreneur. Anggap saja kerugian yang Anda alami adalah biaya yang Anda harus keluarkan untuk mempelajari pelajaran hidup yang penting.

7) MENTAL DAN HARGA DIRI

Ketika Anda terjun menjadi pengusaha, Anda juga harus siap mental jika dicaci maki orang atau dilecehkan orang lain. Entah orang yang tidak suka dengan bisnis Anda, customer yang kecewa, dan masih banyak lagi. Jadikan ini ajang untuk melatih mental Anda. Tidak ada pengusaha bermental lembeng. Semua pengusaha sukses memiliki mental sekuat baja.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here