Ngga semua bisa jadi pebisnis.

Pebisnis itu cuma dilakukan oleh orang-orang yang pantang menyerah.

Kalau dalam hal kecil saja Anda sering mengeluh gimana hal besar terjadi?

Apa yang akan Anda lakukan?

Apakah akan tetap konsisten dengan bisnis yang sedang Anda jalankan apa malah menyudahinya begitu saja?

Menjadi konsisten itu memang tak mudah.

Setuju?

Namun, lagi, lagi, sebagai seorang pebisnis Anda harus memiliki pendirian tersebut.

Kenapa?

  • Agar bisnis Anda bisa berhasil
  • Semua goal yang sudah Anda buat tercapai
  • Menambah banyak konsumen
  • Mendapatkan kepercayaan dari konsumen
  • Salah satu cara meningkatkan omset bisnis online Anda
  • Reputasi toko online Anda menjadi baik

Banyak perubahan yang akan Anda alami setiap harinya jika Anda bisa menjaga konsistensi Anda dengan baik.

Siapa sih yang ngga mau hidupnya jadi lebih baik?

Pasti mau kan?

Ada beberapa mindset yang perlu Anda tanamkan sebelum memulai bisnis hingga tips-tips agar selalu konsisten.

Pasti penasaran kan?

Inilah mindset yang wajib Anda miliki, diantaranya:

1. Berfikir Positif

Mungkin kelihatannya mudah.

Namun, berfikir positif itu tidak susah-susah gampang loh.

Apalagi dalam berbisnis, akan timbul pikiran-pikiran negatif.

Seperti:

“ah modal gue kurang”

“nanti kalau gue bangkrut, gimana ya?”

“kalau jualan ini ngga akan laku”

Dan pikiran negatif lainnya.

Ubahlah mindset Anda menjadi lebih positif.

Seperti:

“gue harus coba lagi”

“besok gue harus ini, itu”

“besok pagi, gue harus lebih semangat dari hari ini, harus lebih baik dari sekarang”

Dan sebagainya.

2. Percaya Diri

Dalam memulai bisnis maupun mengembangkannya, ada pengaruh terbesar atas keberhasilan seorang pebisnis.

Apa itu?       

Yap, tentu saja rasa kepercayaan diri.

Jika Anda ingin sukses, Anda harus percaya bahwa diri bahwa Anda layak untuk mendapatkannya.

3. Optimis

Setelah berfikir positif dan percaya diri, Anda harus optimis.

Rasa optimis merupakan kekuatan besar dalam memulai bisnis bahkan ketika Anda sedang mempertahankan bisnis Anda.

Kenapa?

Karena, dari rasa optimis tersebut Anda tidak akan mudah goyah dengan pendirian Anda.

Nah, itulah pentingnya memiliki rasa optimis dalam mencapai apa yang Anda inginkan.

4. Berani

Berani mengambil resiko memang berat.

Akan banyak pertimbangan yang Anda pikirkan sebelum mengambil keputusan tersebut.

Namun, inilah yang menjadi ketakutan setiap pebisnis.

Padahal mengambil resiko tidak selalu berujung menyakitkan.

Tapi bisa saja berbuah manis.

Ingat! Semua ada pengorbanannya.

Yakinkan diri Anda bahwa pengorbanan yang Anda lakukan akan membawa Anda menjadi lebih baik.

5. Pantang Menyerah

Banyak faktor yang menghambat dalam memulai bisnis.

Yap, lagi, lagi, semua berawal dari rasa takut.

Memang tak bisa dipungkiri, rasa takut akan mendatangi setiap orang.

Namun, semua keputusan ada ditangan Anda.

Apakah Anda akan tetap tinggal dengan rasa takut tersebut atau bahkan Anda meninggalkannya.

Tapi hal ini tidak berlaku untuk seorang pebisnis.

Seorang pebisnis dituntut untuk pantang menyerah dan menghilangkan rasa takut.

Jika Anda bersungguh-sungguh dalam menjalankan bisnis Anda, mulailah menanamkan mindset yang ada diatas.

Agar cara jualan online Anda tidak salah.

Nah, seiring berjalannya waktu pola pikir dan sudut pandang Anda berubah.

Agar perubahan yang Anda alami tidak melenceng.

Maka Anda wajib menjaga semuanya agar tetap di koridor yang sudah ditentukan.

Gimana cara untuk menjaganya?


1. Fokus

Untuk tetap fokus, Anda hanya perlu mengingat kembali apa tujuan Anda, apa mimpi Anda, apa yang Anda inginkan dan sebagainya.

Selain itu, dengan fokus Anda memberikan perhatian lebih dan segala upaya untuk mencari jalan keluar jika ditengah jalan bisnis Anda mengalami pasang surut.

2. Lakukan Secara Maksimal

Dalam berbisnis semua yang Anda kerjakan harus maksimal dan totalitas.

Mulai dari, penggunaan sosial media, halaman website Anda, email, strategi, manajemen, waktu, tenaga, pikiran, kualitas produk, pemasarannya dan sebagainya.

Jangan anggap sepele semua yang Anda kerjakan apalagi sampai menundanya.

Ingat! Penyesalan selalu datang belakangan.

Ngga mau itu sampai terjadi kan?

Karena itu semua akan berefek pada bisnis Anda.

3. Berinovasi

Berfikirlah kreatif agar bisnis Anda cepat berkembang.

Mulailah dengan berinovasi pada produk Anda.

Tawarkan hal yang berbeda kepada konsumen Anda.

Semakin berbeda produk yang Anda tawarkan, semakin membuat konsumen Anda penasaran.

Eitss tapi pastikan kualitasnya juga mendukung.

4. Mengembangkan Diri

Nah, ini tidak kalah penting.

Selain melakukan perubahan dengan produk Anda, Anda perlu mengembangkan diri Anda.

Kuncinya adalah teruslah belajar.

Terutama belajar dari yang sudah berpengalaman.

Lalu, Anda juga bisa mengikuti kelas mentoring ataupun workshop.

5. Berteman Dengan Pebisnis Lain

Bergaulah dengan teman yang sefrekuensi.

Apakah Anda sering mendengar istilah “Kalau berteman dengan tukang minyak wangi, pasti ikutan wangi?”.

Nah, sama halnya dengan berbisnis.

Jika Anda berteman dengan pebisnis maka Anda akan ikutan ingin seperti mereka.

Tapi bukan untuk Anda jadikan saingan ya, tapi Anda ajak untuk bekerjasama dalam mengembangkan bisnis Anda.

Kalau mau bisnis Anda sukses, bertemanlah dengan yang bisnisnya juga sudah sukses.

Selain itu, Anda harus menjaga hubungan baik dengan mereka.

Sering-seringlah bertemu dan bertukar pikiran dengan mereka.

6. Bekerja Keras

Bekerja keraslah jika omset Anda belum meningkat.

Kesuksesan tidak bisa didapatkan tanpa adanya perjuangan.

Salah satunya dengan cara bekerja keras.

Apalagi jika bisnis Anda baru dimulai, butuh kerja yang ekstra bahkan hingga begadang untuk mengelola semuanya.

7. Sabar

Selain bekerja keras, Anda harus sabar.

Karena kesuksesan juga butuh waktu.

Semua ngga ada yang instant.

Mie instant saja harus dimasak dulu baru bisa dimakan.

Gimana bisnis?

Mau sukses tapi kok dengan cara instant bahkan sampai pakai cara ilmu hitam.

Wah kalau gitu bukannya untung malah jadi buntung.

Ngga mau kan?

Jadi bersabarlah!

8. Berkomitmen

Anda telah bersepakat terhadap diri Anda sendiri.

Jangan sampai mengingkarinya.

Contohnya, udah janji sehidup semati eh tapi nikahnya sama yang lain.

Sakitnya tuh disini!

Nah, begitulah rasanya.

Kalau Anda saja bisa mengingkari diri Anda sendiri, gimana bisnis Anda bisa berlanjut?

Berkomitmen tuh ngga bisa main-main.

Sekalinya bermain dengan komitmen, penyesalannya seumur hidup.

Waduh, serem ya!

Jadi masih mau main-main sama komitmen?

Pada dasarnya dengan komitmen bisnis Anda akan lebih terarah untuk mencapai tujuan Anda.

9. Fleksibel

Menjadi seorang pebisnis harus fleksibel.

Harus kuat lahir batin dalam situasi apapun.

Ketika badai menerjang, tidak goyah.

Ketika kesuksesan berdatangan, tidak cepat merasa puas, namun tetap terus belajar.

Itulah jiwa pebisnis yang sesungguhnya.

10. Rutin Dan Disiplin

Anda wajib mengecek semua lapak bisnis Anda dan rutin dalam membuat konten untuk setiap platform yang Anda gunakan dalam mempromosikan produk Anda.

Agar bisnis Anda dapat berjalan lancar dan dapat meminilasir terjadinya kesalahan.

Selain itu, pastikan Anda selalu disiplin.

Dengan menjadi seseorang yang disiplin, kepercayaan konsumen pada Anda akan semakin meningkat.

Jika Anda baru terjun di dunia bisnis, banyak hal yang perlu Anda pelajari.

Pada umumnya berupa tips-tips yang baik dan benar.

Tapi jangan sampai Anda melewatkan kesalahan-kesalahan yang kapan saja bisa terjadi.

Mulai dari kesalahan yang dianggap sepele sampai yang serius.

Ada banyak cara untuk menghindari kesalahan-kesalahan tersebut, diantaranya:

1.Rasa Takut

“gue takut dagangan gue ngga laku”

“gue takut bisnis gue ngga berjalan lancar”

“gue takut ngga bisa sukses”

Dan ketakutan lainnya.

Nah, ini yang menjadi faktor utama terhambatnya bisnis Anda.

Baru mau mulai aja udah punya pikiran dan rasa takut yang begitu tinggi, gimana kedepannya?

Mulai sekarang hindari rasa takut yang berlebihan.

Karena kesuksesan didapatkan oleh jiwa yang berani.

2. Terlalu Terburu-Buru

Terlalu terburu-buru untuk cepat kaya dalam memulai bisnis kemungkinan besar hanya membuat Anda kecewa jika terjadi kegagalan.

Salah satu resiko yang harus dihadapi oleh para pebisnis adalah kegagalan.

Maka dari itu fokuslah pada tujuan utama Anda, karena usaha tidak mengkhianati hasil.

Jika Anda fokus dan bersungguh-sungguh maka hasil yang diperoleh juga sangat menakjubkan.

3. Merasa Pintar

Merasa tau segalanya membuat Anda berhenti belajar dan mengembangkan diri.

Nah, itu merupakan salah satu kesalahan besar.

Karena sampai kapanpun Anda harus terus belajar agar tidak berhenti ditempat.

Anda perlu melihat dunia yang lebih luas, agar Anda mendapatkan ide-ide yang bisa Anda kembangkan untuk bisnis Anda.

4. Cepat Puas

Anda merasa bisnis Anda sudah sukses, tapi ingat diatas langit masih ada langit.

Jangan cepat puas dengan apa yang sudah ada dapatkan, cobalah untuk melihat keatas, lihatlah bagaimana mereka terus belajar, bekerja keras, berjuang agar bisnis yang mereka jalankan dapat terus berkembang.

5. Membuang Waktu

Waktu adalah uang.

Istilah tersebut memang teruji kebenarannya.

Manfaatkan waktu Anda sebaik mungkin bahkan walau hanya 1 detik pun.

Buatlah list waktu agar tidak keteteran.

Agar kualitas diri Anda dan juga bisnis Anda seimbang.

Jika ada waktu luang, bisa Anda gunakan untuk liburan agar otak Anda kembali fresh.

6. Hanya Ikut-Ikutan

Nah, dari awal memulai saja sudah salah.

Bisnis bukan perkara yang mudah.

Anda harus memiliki persiapan yang matang dan keseriusan.

Kalau cuma ikut-ikutan karena orang sekitar Anda membangun bisnis, dijamin bisnis Anda tidak akan pernah maju.

Jadi Anda harus mantapkan hati Anda sebelum berbisnis.

7. Iri

“Iri ngeliat temen-temen udah sukses bisnisnya, tapi gue masih stuck disini aja”.

Iri diperbolehkan saja asal membuat Anda termotivasi untuk lebih dari dari mereka tapi jika iri membuat Anda menjadi minder atau pesimis itu yang salah.

8. Menelantarkan Masalah

Sebagai seorang pebisnis Anda harus bisa memecahkan masalah sendiri, baik masalah internal maupun eksternal.

Hidup itu penuh masalah, jadi hadapilah!

Jangan malah menghindar bahkan hingga menelantarkannya.

Kalau terus dihindari, masalah yang muncul akan semakin banyak.

9. Tidak Sesuai Dengan Keahlian

Bekerja sesuai dengan passion itu pasti asik bukan?

Nah, sama halnya dengan berbisnis.

Berbisnis juga harus sesuai dengan keahlian Anda.

Misalnya Anda ahli dalam bidang fashion, Anda bisa berbisnis pakaian, lalu Anda ahli dalam bidang kuliner, Anda bisa berbisnis makanan dan sebagainya.

Kalau sesuai dengan keahlian Anda, maka Anda bisa menikmati perjalanan bisnis Anda.

10. Perencanaan Yang Kurang Matang

Dan yang terakhir adalah perencanaan yang kurang matang.

Dari semua cara-cara untuk menghindari kesalahan berbisnis yang ada diatas, ini merupakan hal yang fatal jika Anda kurang dalam perencanaan bisnis Anda.

Mulai dari tujuan Anda dalam membangun bisnis, produk apa yang ingin Anda jual, strategi dan pemasarannya seperti apa dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa tips-tips yang bisa Anda langsung terapkan ya.

Belajar bisnis online memang tidak mudah.

Tetapi untuk menjadi konsisten itu lebih tidak mudah.

Jika Anda memiliki niat yang kuat untuk merubah hidup Anda menjadi lebih baik, bisa dipastikan Anda dan juga bisnis Anda akan mencapai kesuksesan.

Sebisa mungkin lakukan dengan secara maksimal agar hasil yang diperoleh pun sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

So, selamat mencoba 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here