Berapa banyak di sini yang ingin menjadi entrepreneur tapi ditentang oleh orang tua? Siapa yang bisnisnya sudah dibuka tapi masih belum mendapat restu dari orang tua?

Kita memang tidak diajarkan untuk menentang orang tua. Tapi terkadang menjalankan bisnis yang menjadi passion kita itu lebih menyenangkan daripada harus menekuni profesi lain.

Lebih menyenangkan lagi jika orang tua sudah merestui bisnis kita. Jika belum, coba ikuti tips ini supaya orang tua yakin dan mau mendukung bisnis Anda :

1. SETTING GOAL JANGKA PENDEK

Anda punya impian memiliki perusahaan level nasional dari bisnis Anda tapi orang tua justru menentang dan meremehkan? Ya jangan memaksakan memberikan penjelasan panjang lebar tentang impian besar Anda tersebut.

Pecah impian besar Anda menjadi goal kecil-kecil. Misalnya, dalam waktu 6 bulan Anda harus memiliki omset sekian puluh juta dalam sebulan, atau profit sekian puluh juta dalam sebulan.

Buat goal pendek yang realistis, dan capailah goal tersebut. Tunjukkan bahwa Anda berhasil mencapai goal Anda dan katakana bahwa ke depannya, Anda bisa meraih goal-goal Anda yg lain.

2. TUNJUKKAN PERKEMBANGAN BISNIS

Perkembangan bisnis apapun, mulai dari penambahan jenis produk, peningkatan jumlah pelanggan, atau peningkatan omset, coba ceritakan kepada mereka. Siapa tahu lama-kelamaan orang tua jadi luluh dan ikut mendukung karena yakin Anda pasti sukses.

3. PENUHI IMPIAN ORANG TUA LEWAT BISNIS ANDA

Orang tua Anda ingin umroh atau membeli kendaraan baru? Atau mereka punya impian yg lain? Penuhi impian mereka dengan hasil dari bisnis Anda. Yakin, orang tua Anda pasti luluh.

4. CIPTAKAN PRESTASI, TUNJUKKAN PADA ORANG TUA

Ketika Anda menjadi entrepreneur, ada banyak kesempatan untuk mengukir prestasi. Mulai dari mencoba mendapatkan penghargaan dari pemerintah atas keberhasilan bisnis ANda, mengikuti lomba entrepreneur, bisnis Anda diliput di Koran, dsb. Tunjukkan prestasi itu kepada orang tua. Lama kelamaan, mereka bakal menyadari bahwa bisnis Anda bagus, dan bisa turut mengharumkan nama orang tua. Lama kelamaan, mereka akan turut mendukung bisnis Anda.

5. DOAKAN ORANG TUA ANDA

Cara terakhir yang juga cukup ampuh. Doakan orang tua Anda setiap hari selepas ibadah rutin. Mintalah kepada Tuhan supaya mengetuk hati orang tua Anda agar mereka mau ikut serta mendukung Anda dan mendoakan kesuksesan Anda.

Salah satu faktor langit yang mampu menunjang kesuksesan dan keberlimpahan rezeki Anda adalah adanya keterlibatan dukungan orang tua pada bisnis Anda. Selain ibadah dan sedekah, doa orang tua terkenal sangat manjur dalam mengantarkan kesuksesan anak-anaknya.

Jika orang tua belum menyetujui Anda berbisnis, jangan ngotot memaksa mereka mendukung Anda saat itu juga. Kerja, kerja, kerja, dan tunjukkan progress-progress positif Anda kepada mereka.

Bisa jadi saat ini orang tua tidak menyetujui karena takut Anda bangkrut. Takut Anda merugi. Atau takut bisnis tidak berkembang. Tapi coba tunjukkan angka kenaikan omset dan profit Anda pada mereka. Orang tua pasti tidak takut lagi dan berubah mendukung Anda.

Selamat berjuang mendapatkan restu orang tua, yah. Kerja, kerja, kerja, lalu tunjukkan hasilnya.

MA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here