Mungkin saat Anda membaca judul diatas, Anda akan melakukan denial dan menolak pendapat saya. Hal itu tidak apa-apa, karena perbedaan pendapat itu indah bukan?
Tapi yang saya alami adalah, modal bisnis yang utama memang bukanlah sekedar “uang” saja. Anda tidak percaya?
Jika saya tanyakan kembali kepada Anda, saya akan memberikan modal 100 juta kepada Anda. Bisnis apa yang ingin Anda tawarkan kepada saya? Bagaimana sistem kerja bisnisnya? Berapa lama modal akan kembali? Berapa perkiraan profitnya? Model bisnisnya seperti apa? Marketnya bagaimana? Produk apa yang ingin dijual?
Kalo pertanyaan diatas tidak bisa Anda jawab, berarti memang modal bisnis bukanlah sekedar uang saja. Karena saya pribadi memulai bisnis bukan dengan modal uang yang berlimpah. Karena modal utama adalah sesuatu yang tidak terlihat tapi bisa menggerakan pikiran dan tubuh untuk bergerak memulai.
Sesuatu yang tidak terlihat itu bisa berbagai macam, diantaranya adalah:

 

1. Tujuan Hidup

Saya pribadi memulai bisnis, karena tahu sulitnya saat harta benda hilang dilahap api, sehingga muncul keinginan dalam diri saya agar bisa hidup nyaman dan bahagia tanpa ada kesulitan di masa depan. Walaupun saat itu modal sangat minim, tapi saya tetap memulainya karena saya tahu betul apa tujuan saya.
Mulailah bisnis dari apa yang bisa Anda mulai, ngga perlu banyak alasan hanya karena modal uang. It’s bullshit!. Saat Anda punya keinginan yang kuat, disitu akan terbuka jalannya satu persatu.

 

2. Mimpi Besar

Banyak orang besar yang saya temui menemukan jalan suksesnya karena memiliki mimpi yang lebih besar daripada alasan keadaan saat ini. Saat mereka gaptek, mereka akan belajar agar menjadi hi tech, saat tidak memiliki modal uang yang cukup mereka belajar membuat ide bisnis dan menawarkannya pada investor. Mereka sadar bahwa mimpi besar akan didapatkan dengan action yang besar juga, bukan dengan banyak alasan!

 

3. Keyakinan yang Tinggi

Walaupun keadaan Anda saat ini kekurangan modal uang, jangan sampai memiliki ketidakpercayaan diri untuk bertumbuh lebih besar. Karena ketidakpercayaan diri itulah yang menimbulkan banyak sekali alasan. Sedangkan orang yang memiliki keyakinan tinggi akan melihat suatu masalah sebagai tantangan yang harus diselesaikan tanpa harus mengeluh.
Belajar, belajar, dan action. Itulah mental orang memiliki keinginan untuk sukses terhadap dirinya.

 

4. Kreatif

Saya sering menyebut kreatif sebagai “kere aktif” hehehe… Bisa juga diartikan walaupun kere (miskin) kita tetap harus kreatif agar bisa menghasilkan income yang lebih besar. Saat SMA saya membeli nasi uduk didekat rumah dan menjualkan kembali di sekolah dengan sistem Pre Order. Jadi hari sebelumnya, teman-teman saya pesan + kasih uang. Keesokan harinya barulah saya belikan nasi uduk yang telah dipesan.
Enak bukan?
Tanpa modal uang tapi bisa dapat untung. Di era online sekarang Anda bisa menerapkan sistem tersebut dalam model bisnis Dropship. Peluang ini bisa Anda cek di dropshipaja.com. Walaupun kere, kita tetap harus aktif, jangan pasif!

 

5. Kejujuran dan Kredibilitas

Walaupun tidak memiliki modal uang, tapi Anda memiliki karakter yang jujur dan bertanggung jawab. Maka kredibilitas Anda di mata teman-teman Anda akan tinggi, hal itu akan mudah menarik teman-teman Anda untuk percaya kepada Anda.
Jika mereka percaya pada kinerja Anda, modal uang pun akan sangat mudah didapat. Karena “kepercayaan” itu mahal harganya. Jangan pernah menggadaikan hal tersebut hanya untuk uang.
Saya pribadi memulai bisnis bukan dengan modal uang yang besar, tapi dengan ke 5 modal yang tidak tampak yang telah saya jelaskan diatas. Dan setelah saya banyak bertemu orang sukses, modal mereka pun juga sama dengan saya.
Jadi, masih menganggap modal uang adalah kendala? Berarti main Anda kurang jauh dan ngopinya kurang kentel.
- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here