Ada penyakit yang susah sekali disembuhkan, tidak ada obat medisnya di dunia ini, dan tidak ditanggung oleh asuransi manapun. Tapi penyakit ini terus menggerogoti dompet Anda. Semakin akut, semakin habis uang Anda. Penyakit ini adalah GENGSI. Dan biasanya penyakit ini dimiliki oleh kaum BPJS (Budget Pas-pasan, Jiwa Sosialita).

Gaji cuma 5 juta, sudah memaksakan buat nyicil mobil Rp 3.5 juta per bulan. Sisa Rp 1.5 juta habis untuk transportasi, beli pulsa, sewa kos, dan biaya makan. Kadang malah tidak makan karena uang habis untuk bayar cicilan. Yang penting kelihatan “wah”, ke mana-mana naik mobil.

Profit usaha cuma Rp 10 juta per bulan sudah ngotot beli rumah baru, mobil baru, motor baru, dan sebagainya. Cicilan rumah Rp 5 juta, cicilan mobil Rp 3.5 juta, sisanya buat nafkah anak istri, tidak ada sisa untuk menabung.

Padahal, motor yang lama masih bisa dibuat ke mana-mana. Rumah kontrakan juga masih cukup bagus untuk ditinggali. Tapi maksain buat beli, demi menghindari “Juragan kok rumahnya kecil? Juragan kok ke mana-mana naik motor?”

Punya teman liburan ke luar negeri, menginap di hotel mewah, geregetan langsung booking tiket pesawat dan hotel. Sampai sana segera foto dan upload ke sosmed biar dapat komentar “Wah, keren banget liburannya.”

Giliran tagihan kartu kredit datang, sulit melunasi. Uang habis tak bersisa, tabungan pun tidak ada. Giliran ada keperluan mendadak, terpaksa ngutang. Bulan depan, gaji habis untuk bayar cicilan hutang yang menumpuk.

Penyakit gengsi, nggak akan sembuh jika dituruti. Justru makin parah. Jika penghasilan Anda cumaRp 5 juta, tidak usah memaksakan gaya hidup lebih. Hidup sederhana saja. Sisanya ditabung lalu diinvestasikan ke sektor lain yang lebih produktif.

Buat apa kita maksain hidup “wah” jika sebenarnya tidak mampu? Lebih malu mana dapat sindiran “Eh ternyata situ BPJS, yah?” daripada harus naik motor ke mana-mana, tinggal di kontrakan, atau liburan di rumah saja? Mending hidup sederhana tapi tabungan nambah terus, daripada terbelit utang terus dapat sindirian “Situ BPJS yah?”.

Mentoring Online Gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here