Kartu kredit bisa memiliki banyak manfaat untuk kita sebagai entrepreneur. Tak hanya berfungsi sebagai sarana untuk membayar Facebook Ads, membeli tools dari luar negeri, berbelanja bahan online di luar negeri, atau membeli barang-barang di Indonesia. Kartu kredit juga bisa menjadi sarana alternatif untuk permodalan, terutama jika plafon yang disediakan besar.

Kartu kredit bisa menguntungkan tapi juga bisa merugikan. Agar Anda tidak terjerat kerugian saat menggunakan kartu kredit, sebaiknya pahami dulu 4 hal ini sebelum mengajukannya ke bank.

1) PAHAMI FUNGSI KARTU KREDIT

Selama ini kita mengenal kartu kredit sebagai kartu untuk membayar transaksi dengan metode penagihan di akhir bulan. Dengan membayar menggunakan kartu kredit, kita biasanya akan mendapatkan beberapa promo seperti diskon, bonus, dan sebagainya.

Tapi di sini harus Anda pahami. Ketika Anda melakukan transaksi jual beli, maka pihak bank akan membayari pembelian Anda kepada pihak penjual. Anda bisa membayarnya setelah (biasanya) jangka waktu 30 hari berupa tagihan kepada bank yang menyediakan layanan kartu kredit Anda.

Jadi sebenarnya, kartu kredit adalah kartu yang memfasilitasi Anda untuk berhutang. Ketika Anda sudah menggunakan kartu kredit Anda untuk transaksi jual beli, maka di saat itulah Anda memiliki hutang yang harus dibayar kepada bank. Dan jangan lupa, ada bunga yang mengintai ketika Anda terlambat membayar tagihan.

2) PAHAMI MEKANISME PEMBAYARAN KARTU KREDIT

Pembayaran kartu kredit dapat dilakukan setelah tagihan terbit. Setelah itu Anda bisa membayarnya dalam waktu beberapa hari setelah tagihan diterbitkan. Pembayarannya pun bisa dilakukan di ATM atau cabang bank terdekat.

Untuk pembayarannya sendiri ada dua pilihan. Anda bisa membayar sebagian cicilan tagihan Anda (biasanya ada dana minimum yang harus dibayarkan) atau Anda juga bisa membayar penuh tagihan Anda.

Tapi sangat disarankan Anda membayar lunas tagihan Anda. Karena jika tidak, sisa cicilan Anda akan diakumulasikan di tagihan bulan berikutnya dan dikenai bunga.

3) KETAHUI MANFAAT KARTU KREDIT

Manfaat di sini berbeda dengan fungsi. Anda bisa mendapatkan promo-promo khusus dan diskon lebih dibandingkan dengan pembayaran tunai atau lewat kartu debit. Selain itu ketika Anda sedang memiliki kartu kredit, sesungguhnya Anda sedang berada dalam tahap membangun reputasi kredit.

Jangan pernah terlambat membayar tagihan kartu kredit, apalagi sampai mangkir dan lari. Jika catatan kredit Anda lancar dan tepat waktu, maka bisa memudahkan Anda untuk mengajukan pinjaman ke pihak lain, seperti leasing atau kredit usaha.

4) PASTIKAN ANDA DISIPLIN DALAM MENGATUR KEUANGAN

Ini hal terpenting yang benar-benar harus bisa Anda cek dan Anda pastikan. Ketika Anda memiliki kartu kredit, Anda dituntut untuk sangat disiplin dalam mengelola keuangan.

Jangan mentang-mentang tagihan kartu kredit bisa dibayar belakangan, Anda jadi bersantai dan tidak teliti dalam mengelola uang.

Sebaiknya, sebelum Anda menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran, Anda siapkan dulu dana untuk membayar tagihannya. Atau minimal, Anda sudah memastikan sumber dana yang akan Anda pakai untuk melunasi tagihan

Misalnya jika Anda ingin membeli handphone seharga Rp 3 juta, pastikan Anda memiliki uang Rp 3 juta untuk melunasi tagihannya. Sehingga ketika Anda menggunakan kartu kredit untuk pembayarannya, Anda bisa mendapatkan potongan diskon (jika ada) dan Anda tidak perlu pusing memikirkan membayar cicilan dan bunga ketika tagihan datang. Karena sebenarnya uangnya atau minimal sumber dananya sudah Anda persiapkan.

Tips lain : jika Anda menggunakan kartu kredit untuk urusan bisnis, sebaiknya pisahkan dari dompet pribadi Anda. Jangan sekali-sekali Anda menggunakan kartu kredit untuk keperluan pribadi Anda seperti makan di restoran, belanja di mall, dsb. Ini berguna untuk mencegah kehidupan Anda menjadi konsumtif dan tagihan menjadi membengkak.

Kartu kredit bisa menjadi produktif dan menguntungkan jika kita pandai mengelolanya. Tapi bisa jadi juga merugikan jika kita konsumtif, serakah, tidak disiplin, dan tidak teliti dalam mengelola keuangan. Karena itu kelolalah uang Anda dengan bijak, dan hindari menggunakan kartu kredit untuk kepentingan konsumtif berlebihan.

PROMO AMELIA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here