Selama menjalankan bisnis, apakah Anda sudah efektif dan efisien dalam menggunakan waktu? Atau jangan-jangan selama ini Anda hanya terlihat sibuk tanpa menghasilkan sesuatu yang signifikan?

Karena saat Anda serius membangun sebuah bisnis, waktu 24 jam mungkin akan terasa kurang cukup. Karena didalam bisnis Anda harus bertindak lebih cerdas dibandingkan profesi sebagai karyawan. Alokasi waktu harus tertata dengan baik agar pekerjaan Anda bisa selesai tepat pada waktu yang ditentukan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebagai pengusaha / pebisnis untuk meningkatkan produktivitas. Saya telah menerapkan cara ini dan terbukti berhasil pada diri saya sendiri, sekarang giliran Anda mengetahuinya.

1. Dekorasi Tempat Kerja

Tata ruang kerja yang baru dapat meningkatkan keinginan Anda untuk bekerja lebih fokus dan lebih giat, hal ini sudah pasti bisa meningkatkan produktivitas Anda sebagai pengusaha. Saya pribadi memiliki beberapa cara dalam hal ini, yaitu membersihkan meja kerja saya dirumah, sehingga lebih bersih sehingga membuat diri lebih fokus.

Dan cara kedua adalah bekerja di luar, bisa berupa café atau tempat ngopi. Karena bisnis saya online dan bisa dilakukan dimana saja, saya lebih sering menggunakan cara kedua saat membutuhkan banyak ide dan menyelesaikan pekerjaan. Karena suasana café yang berbeda membuat saya lebih produktif dalam bekerja. Anda bisa mencobanya.

2. Fokus

Cara kedua dalam meningkatkan produktivitas Anda sebagai pebisnis adalah fokus pada satu hal yang akan diselesaikan. Hal ini berarti Anda harus membuat skala prioritas berdasarkan nomor, dan menyelesaikan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu.

Tanpa adanya skala prioritas, pekerjaan Anda tidak akan selesai karena Anda akan bekerja seolah multitasking padahal tidak ada yang selesai sama sekali.

3. Memulai Lebih Awal

Pengusaha sukses didunia memulai hari dengan pagi, sehingga bisa menyelesaikan tugas jauh lebih awal dibandingkan kebanyakan orang pada umumnya. Saat mayoritas orang masih tertidur lelap di kasurnya yang empuk, seorang pengusaha sejati sudah memulai hari sebelum matahari terbit. Itu yang membuat mereka lebih produktif dibandingkan kebanyakan orang.

4. Bangun Team

Mungkin saat memulai bisnis Anda bekerja sendirian, dari marketing, selling, strategi, copywriting, iklan, packing, dan lain lain Anda kerjakan sendiri. Perlahan serahkan pekerjaan yang menyita waktu Anda kepada orang lain. Bangunlah team agar yang Anda lakukan lebih kearah strategis, tidak disibukan terus dengan hal hal teknis.
Dengan membangun team, waktu Anda akan lebih produktif dan efektif.

5. Buat Tujuan dengan Jelas

Buatlah tujuan jangka pendek dan panjang secara jelas, kemudian komunikasikan hal ini kepada team Anda agar mereka bisa menangkap visi dan misi Anda. Dengan tujuan yang jelas, secara otomatis break down sesuatu yang harus dikerjakan juga akan lebih jelas dan produktif.

Dengan berkomunikasi dengan team dalam mencapai tujuan tersebut, Anda akan mendapatkan banyak feedback positif dan ide-ide segar untuk dieksekusi bersama.

6. Tulis Jadwal Kerja

Anda bisa mencatat jadwal yang akan Anda lakukan di gadget atau dalam buku jurnal Anda, hal ini lebih efektif dan tidak memberatkan kerja otak. Karena otak didesain untuk berpikir, bukan untuk mengingat. Dengan menulis flow kerja Anda, akan membuat waktu Anda lebih efektif dan efisien.

7. Ubah Pola Pikir

Saat menemukan masalah, ubahlah hal tersbut sebagai tantangan dalam pikiran Anda, dengan adanya pola pikir seperti itu maka Anda tidak akan cepat menyerah dan pikiran akan terasah untuk mencari solusi dari sebuah masalah. Dengan begini rasa optimis akan tertanam dalam alam bawah sadar dan menjadi habit keseharian yang mengantarkan Anda selalu lebih maju dari waktu ke waktu.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here