Meningkatkan traffic website butuh upaya yang banyak karena traffic gak bisa naik hanya berbekal konten/artikel yang diposting
Mau Anda rajin posting dan sebanyak apapun artikel yang sudah diposting akan jadi sia-sia kalau tidak mau belajar cara efektif optimasi SEO
SEO (Search Engine Optimization) adalah cara untuk mengoptimasi sebuah artikel pada website sehingga artikel tersebut lebih mudah untuk dicari oleh audience, keuntungan lainnya bisa Anda baca di Pentingnya SEO untuk Konten
Karena optimasi SEO membantu artikel untuk berada di posisi halaman 1 Google, dimana halaman 1 ini adalah halaman yang pertama kali dilihat oleh audiens
Ini akibatnya kalau artikel Anda tidak di optimasi SEO
Contohnya seperti artikel ini yang berada di urutan 17 pencarian Google, dengan kata lain artikel Anda kecil kemungkinannya akan dilihat oleh audiens
Agar artikel Anda bisa naik ke posisi teratas pencarian Google setidaknya peringkat 1 – 10 lakukan cara efektif optimasi SEO berikut ini
Cara efektif optimasi SEO dengan mudah :
1. Letakan keyword di 100 kata pertama & terakhir
Kalimat pertama pada artikel adalah sebuah pancingan yang diperlukan untuk menarik audiens, selain itu kalimat pertama diharapkan dapat memberikan poin besar dari artikel
Anda harus meletakkan keyword di kalimat pertama & terakhir artikel (100 kata pertama & terakhir) ini adalah langkah awal dari cara efektif optimasi SEO
Keyword adalah sebuah kata kunci yang diketikkan oleh pengguna internet untuk melakukan pencarian sebuah informasi yang mereka perlukan
Ada 2 alasan kenapa keyword itu penting untuk di optimasi SEO :
- Bagi mesin pencarian : kata kunci memudahkan mesin pencari menemukan dan menampilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna
- Bagi blog : kata kunci yang tepat dan tertarget memungkinkan artikel bisa berada di peringkat teratas pencarian Google, selain itu artikel berkualitas yang berisi kata kunci tertarget dapat bertahan di peringkat teratas pencarian Google
Contoh, artikel ini fokus pada keyword “cara membuat konten” tapi keywordnya belum ada di kalimat pertama artikel
Catatan, sebelum memasukkan keyword di 100 kata pertama & terakhir, pastikan dulu keyword dan kalimatnya cocok, nyambung dan enak dibaca
Karena tidak semua keyword bisa diletakkan pada 100 kata pertama & terakhir
Maksudnya setelah ditambahkan keyword pada 100 kata pertama harus Anda baca ulang, lalu dilihat apakah kalimatnya terkesan maksa dan tidak enak dibaca
Ada 2 cara untuk atasi ini
Pertama, letakkan keyword pada 100 kata pertama dengan catatan buat kalimat yang menarik, jelas dan masih enak dibaca setelah ditambahkan keyword
Kedua, letakkan fokus keyword pada paragraf selanjutnya setelah 100 kata pertama, dengan catatan yang masih sama yaitu tulisan masih enak dibaca dari awal sampai akhir
Ini contoh kalimat pertama artikel yang sudah diberi fokus keyword
Untuk diakhir kalimat bisa Anda selipkan sebelum ucapan terima kasih dan tindakan untuk share artikel ke sosmed audiens
2. Letakan keyword di title H1, H2, H3
Struktur artikel termasuk dalam optimasi SEO karena struktur artikel mempermudah pembaca untuk memahami dan memperjelas isi konten artikel
Cara untuk membuat struktur artikel adalah dengan memanfaatkan heading dan subheading
Heading dan subheading adalah cara untuk memecah artikel menjadi beberapa bagian
Contohnya seperti buku yang terdapat bab dan sub bab dengan tujuan agar pembaca lebih mudah untuk menemukan poin-poin penting yang dibutuhkan
Sebagai contoh kita pakai WordPress untuk prakteknya, wordpress menyediakan Heading 1 sampai 6
Tapi biasanya Anda hanya memerlukan Heading 1 sampai Heading 3 dengan ketentuan poin ini adalah poin terpenting dari artikel
Memakai Heading WordPress harus sesuai urutan heading dan subheading harus berurutan seperti H1, H2 & H3, lalu disetiap Heading 1 sampai Heading 3 terdapat fokus kata kunci
Heading 1 atau H1 dipakai untuk headline atau judul artikel
Heading 2 atau H2 adalah subheading berupa poin terpenting artikel yang akan dibahas pertama kali
Heading 3 atau H3 adalah subheading yang berisi poin penting kedua yang mau dibahas selanjutnya
Pastikan urutan Headingnya berurutan karena ini akan membantu konten Anda terlihat lebih rapih dan mudah dibaca datanya oleh bot crawl Google
3. Cara efektif optimasi SEO dengan isipkan internal link
Internal link adalah link yang disisipkan di paragraf tertentu dengan tujuan untuk mengarah pembaca dari 1 artikel ke artikel lain yang ada di website Anda
Selain itu internal link membantu bot crawl Google untuk memastikan apakah website tersebut berkualitas atau tidak
Jika berkualitas, secara otomatis web Anda akan terlihat di mesin pencarian Google
Cara kerja bot crawl Google dengan menelusuri website untuk memeriksa dan mengumpulkan data informasi apakah internal link yang Anda pakai bisa menunjukkan keterhubungan antar konten di website
Disarankan untuk gunakan maksimal 3 link internal
Anda bisa memuat internal link di awal, tengah dan akhir artikel
Ada 3 cara sisipkan internal link yang bisa Anda lakukan
Pertama, letakkan internal link pada fokus keyword yang ada di isi artikel, misalnya keyword Anda “beriklan di Instagram Ads” lakukan seperti ini
Kedua, Anda sisipkan internal link pada kata atau kalimat paragraf
Ketiga, letakkan keyword pada nama platform tertentu (webinar, marketplace, sales page dan lainnya)
Catatan, pastikan link platform dengan isi artikel saling berkaitan
4. Instal plugin pendukung cara efektif optimasi SEO
WordPress terkenal dengan penggunaan plugin yang dapat membantu memaksimalkan sebuah website
Plugin adalah software bawaan dari WordPress yang memiliki fungsi dan cara kegunaan yang berbeda-beda
Selain memaksimalkan kinerja sebuah website, plugin juga membantu menjalankan beberapa fitur tambahan agar website semakin menarik
Contohnya seperti Anda menambahkan fitur pop up untuk chatting dengan customer service, pop up subscribe dan lainnya
TAPI untuk kebutuhan cara efektif optimasi SEO Anda bisa fokus dan memanfaatkan beberapa rekomendasi plugin dibawah ini
Ingat setiap plugin yang ada memiliki jenis dan fungsi yang berbeda, untuk mencari plugin yang dibutuhkan dan beberapa rekomendasi plugin bisa Anda ikuti cara dibawah :
- Akses atau login ke akun WordPress Anda
- Setelah berada di Dashboard WordPress buka Plugin
Plugin berada di urutan 8 menu Wordpres dan berada di kiri dashboard WordPress
Bisa Anda klik Plugin atau hanya g
- Pilih Add New
- Ketik nama plugin yang di cari di kolom pencarian plugin, contohnya “fastest cache” nanti akan muncul beberapa pilihan plugin
Lalu klik tombol Instal Now pada plugin yang dibutuhkan
Setelah diinstal klik tombol Active untuk mengaktifkan plugin tersebut
WP Fastest Cache yaitu plugin cache yang membantu loading website Anda berjalan lancar dan cepat
Kecepatan website dibutuhkan agar memudahkan pengunjung untuk mengakses artikel yang ada di website
- Cek Installed Plugins untuk mengecek plugin yang Anda instal tadi
- setelah terinstal plugin tersebut bisa langsung digunakan
Sedangkan untuk plugin optimasi SEO Anda bisa memanfaatkan beberapa plugin berikut ini :
- Yoast SEO
Yoast SEO adalah plugin gratis yang sering digunakan pemilik website untuk optimalkan pencarian website di mesin pencarian google
Nanti Anda install plugin ini, caranya sama kaya Anda instal plugin sebelumnya
buka plugin wordpress > add new
ketik Yoast SEO di kolom pencarian, setelah muncul klik
Note, karena di akun wordpress kami sudah dipasang Yoast SEO kotak install berubah jadi Update Now,
Untuk Anda yang belum Instal, tulisan di kotak samping nama plugin akan tetap sama yaitu Instal lalu Anda klik kotak Instal
Setelah klik kotak Instal berubah jadi Kotak Active, jangan lupa diklik, gunanya untuk mengaktifkan plugin, hasilnya akan seperti dibawah ini
Tujuan memakai Yoast SEO adalah mengoptimasi fokus keyword pada artikel, supaya artikel yang dibuat bisa muncul dihalaman pertama pencarian Google berdasarkan keyword yang dipakai
Cara kerjanya Anda masukkan fokus keyword pada Meta Title dan Meta Description
Meta Title adalah judul yang muncul di halaman hasil pencarian
Sedangkan Meta Description adalah sebuah deskripsi yang merangkum konten Anda untuk kepentingan pengguna dan mesin pencarian Google
Buka artikel yang mau Anda optimasi lalu scroll kebawah cari kolom Yoast SEO
Edit bagian Meta Title bisa dengan masukkan judul artikel dan pastikan garis hijau muncul
Lalu edit Meta Description dengan membuat 1 paragraf 136 karakter (sudah termasuk spasi)
Pastikan fokus keyword sudah masuk dan garis hijau muncul lalu save atau update artikelnya untuk menyimpan hasil edit tadi
- Icon share sosmed
Biasanya ditempatkan di atas, bawah, samping kiri dan kanan artikel
Icon share sosmed digunakan dengan harapan agar pembaca mau membagikan artikel yang dibaca ke sosmed yang mereka punya
Semakin banyak pengunjung yang share artikel Anda maka ada kesempatan website Anda punya pengunjung baru dan traffic website meningkat
Jangan lupa buat kalimat yang mengajak pengunjung untuk membagikan artikel Anda ke sosmed mereka
Anda bisa buat kalimat ajakan dan letakkan di akhir artikel seperti ini
- SEO Quake
Plugin gratis yang disediakan oleh browser untuk mengecek hasil optimasi SEO seperti apakah keyword yang digunakan sudah pada tempatnya
Hal yang perlu dicek menggunakan SEO Quake adalah Diagnosis dan Density
Diagnosis diperlukan untuk mengecek apakah fokus keyword ada di URL, Title, Meta Description dan urutan Heading sesuai atau tidak
Density digunakan untuk mengecek berapa jumlah fokus keyword yang aman untuk dipakai dengan ketentuan jumlah presentasi density dari 2.5% – 2.75%
4 cara efektif optimasi SEO ini diharapkan dapat membantu artikel Anda berada di halaman pertama pencarian google sehingga pengunjung dapat menemukan artikel Anda dengan mudah
Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan artikel ini ke semua sosmed yang Anda punya