Cara Mengatur Waktu

Sebagai entrepreneur kadang waktu 24 jam sehari seperti tidak cukup rasanya. Mungkin sebenarnya cukup, hanya saja anda sebagai pelaku kurang me-manage waktu sehingga banyak waktu yang terbuang dan menjadi tidak produktif.

Karena semakin besar bisnis anda, semakin butuh juga Anda untuk mengatur waktu. Jika Time Management anda buruk, maka anda akan selalu kewalahan setiap harinya dalam mengurusi berbagai keperluan bisnis.

BUNDLING DICOUNT 5 BUKU : ALONA STORE PRESENTS
Jualan di Instagram

Jika anda mengalami kesulitan dalam mengatur waktu, saya akan share sesuatu yang saya terapkan dalam diri saya sehingga waktu saya bisa lebih produktif. Karena Anda akan mengetahui apa yang harus diutamakan pada setiap pekerjaan.

1. Buat To Do List

Buatlah perencanaan apa yang ingin anda kerjakan dalam kurun waktu harian, mingguan, dan bulanan. Karena tanpa perencanaan, sesuatu yang anda kerjakan tidak akan efektif.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi notes di gadget untuk menuliskan apa yang harus anda lakukan di setiap waktunya. Karena sebenarnya otak Anda lebih efektif digunakan untuk mencari solusi daripada mengingat banyak hal. Cukuplah aplikasi yang akan mengingatkan anda agar waktu Anda menjadi jauh lebih efektif.

2. Tentukan Prioritas

Bagilah pekerjaan anda dalam skala prioritas. Dengan membuat skala prioritas, Anda akan lebih bisa menggunakan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu dan hal tersebut akan lebih efektif daripada membuang waktu untuk mengerjakan hal yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Dalam buku yang berjudul ‘7 Habits of Highly Effective People’, Stephen R. Covey membuat Eisenhower Matrix, yang terbagi ke dalam empat kuadran, digunakan untuk memisahkan berbagai kegiatan berdasarkan urgensinya.

Kuadran pertama, yaitu mendesak dan penting (urgent and important), berisi tugas dan tanggung jawab yang perlu perhatian segera. Kuadran kedua, yaitu tidak mendesak dan penting (not urgent and important), berisi hal yang penting tanpa memerlukan tindakan segera. Kuadran ini digunakan untuk menyusun strategi jangka panjang.

Kuadran ketiga, yaitu mendesak dan tidak penting (urgent and not important), berisi hal-hal yang mencegah kamu mencapai tujuan. Tanyakan pada diri sendiri apakah kamu perlu menjadwal ulang atau mendelegasikan pekerjaan tersebut kepada orang lain. Lalu kuadran keempat, yaitu tidak mendesak dan tidak penting (not urgent and not important), berisi hal-hal yang mengganggu perhatianmu dari pekerjaan. Hindari jika memungkinkan.

3. Tentukan Waktu

Setiap pekerjaan yang Anda kerjakan harus memiliki tenggat waktu agar pekerjaan anda tidak ngaret dalam penyelesaiannya. Atur tenggat waktu setiap pekerjaan dan beri jeda sebelum melakukan pekerjaan berikutnya. Jeda ini bertujuan untuk memberi Anda kesempatan melakukan evaluasi, apakah pekerjaan tersebut sudah sesuai dengan arahan dan tujuan atau harus direvisi.

4. Segera Kerjakan

Di era sosial media ini banyak sekali yang bisa men-distract anda dari kerjaan. Bahkan sering kali waktu sejam – dua jam terbuang percuma untuk scroll timeline facebook, instagram ataupun twitter.

Jadi saat Anda telah membuat to do list dan membuat skala prioritas, langsung kerjakan pekerjaan Anda dan tutup handphone menghadap kebawah agar tidak mengganggu kinerja Anda.

“The secret of getting ahead is getting started.” — Mark Twain

5. Stop Multitasking

Menjadi seorang multitasking memang terlihat hebat. Padahal melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan akan membuat Anda tidak fokus pada pekerjaan utama. Kalaupun pekerjaan bisa selesai pada waktunya, hasilnya pasti tidak akan optimal.

Ketika seseorang dipaksa melakukan multitasking, maka otak akan bekerja jauh lebih keras dari biasanya.

Kelelahan otak akan membuat tubuh cepat lelah dan mudah mengalami stres. Selain itu, kemampuan menyimpan memori terutama short time memory akan menurun.

Dengan 5 tips ini, waktu Anda akan lebih produktif dan target yang ingin Anda capai akan lebih mudah untuk dicapai karena telah mengetahui pola efisiensi waktu.

Selamat mencoba ^^

Baca juga: 3 Alasan Pentingnya Bangun Pagi Untuk Pebisnis 

dan 7 Strategi Meningkatkan Produktivitas Untuk Pebisnis Dan Pengusaha 

 

BUNDLING DICOUNT 5 BUKU : ALONA STORE PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here