
Semakin hari jumlah akun online shop semakin membludak.
Maka, tidak heran jika Instagram memiliki 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya.
Selain itu, Instagram merupakan platform yang mudah digunakan dan juga memiliki fitur – fitur yang sangat menarik.
Namun, masih banyak pelaku online shop yang mengabaikan beberapa strategi Instagram marketing yang sebenarnya perlu Anda perhatikan.
Nah, inilah 12 tips Instagram marketing yang tidak dapat Anda abaikan, diantaranya:
1. Gunakan Akun Bisnis
Gunakan akun bisnis untuk mendapatkan akses ke fitur yang tidak dapat Anda gunakan di akun pribadi.
Seperti:
- Insight
- Instagram Ads
- Informasi kontak dan tombol “call-to-action” di profil Anda
Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mengetahui perkembangan bisnis Anda.
Baca juga: 3 Cara Mengubah Akun Instagram Biasa Menjadi Profil Bisnis Instagram
2. Tetapkan Tujuan Bisnis Anda dengan Jelas
Sosial media merupakan media yang paling tepat untuk pemasaran produk Anda.
Tetapi tidak semua sosial media bisa Anda gunakan secara efektif kecuali jika Anda tahu apa yang sedang Anda coba bangun.
Maka dari itu, pentingnya menetapkan tujuan bisnis Anda dengan jelas.
Kunci dasar dalam membuat tujuan bisnis, adalah:
- Apa karakter bisnis yang ingin Anda bangun?
- Bagaimana strategi yang ingin Anda gunakan?
- Siapa target dari bisnis Anda?
- Niat Anda membangun bisnis, apakah untuk menggapai cita – cita? Memiliki penghasilan sendiri? Karena passion? Atau mendapatkan link pertemanan yang lebih luas?
Jika semua kunci dasar dari tujuan bisnis Anda tidak diimbangi dengan ACTION, maka hasil yang diperoleh NIHIL.
3. Tentukan Audiens Anda
Menentukan target audiens merupakan bagian terpenting dalam berbisnis.
Jika Anda telah menentukan target audiens, Anda akan lebih mudah menentukan produk apa yang ingin Anda jual, dan bagian lainnya.
Lantas, bagaimana cara menentukan target audiens?
Anda bisa melihat dari fitur Insight.
Seperti contoh:
Atau menggunakan Google Keyword Planner, dan fitur lainnya.
4. Optimalkan Profil Anda
Buatlah kesan pertama yang menarik ketika orang – orang mengunjungi profil Anda.
Terutama Bio Instagram.
Dalam Bio Anda bisa menuliskan tentang produk Anda hingga alasan kenapa orang – orang harus mengikuti akun Anda.
Namun, dalam menuliskan Bio Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:
- Cantumkan nama bisnis atau produk Anda minimal 30 karakter.
- Cantumkan tagline, jika ada.
- Situs web Anda atau link yang mengarahkan ke pembelian produk Anda.
- Kategori bisnis Anda. Misalnya, produk kecantikan, kesehatan atau sebagainya.
- Info kontak.
Seperti contoh:
5. Pilih Foto Profil yang Tepat
Untuk sebagian besar online shop, foto profil adalah bagian terpenting dalam pengenalan identitas bisnis maupun produk Anda.
Dalam membuat foto profil, Anda bisa menggunakan ukuran 110 x 110 pixel.
Anda juga perlu memperhatikan setiap detail dari foto profil Anda.
Mulai dari konsep, desainnya seperti apa, warna yang dipilih, dan sebagainya.
Dan pastikan semua detail dari foto tersebut memiliki arti tersendiri.
Seperti contoh:
6. Buat Konten yang Menarik secara Visual
Instagram adalah media visual, jadi sebisa mungkin Anda membuat gambar maupun video yang menarik namun juga berkualitas.
Jika Anda tidak mampu membayar seorang fotografer profesional, maka Anda bisa memanfaatkan alat yang ada.
Tapi dengan catatan, sebisa mungkin mengambil gambar dari angle yang berbeda, menggunakan beberapa filter maupun aplikasi editor photo untuk mempercantik gambar Anda.
Yang lebih penting, konten visual Anda harus menarik.
Berikut ada beberapa ide untuk membuat konten yang menarik, diantaranya:
Behind the scene: Posting “behind the scene” dari bisnis Anda, seperti, suasana kantor Anda, pada saat pengemasan barang, dan sebagainya.
Quotes atau kalimat motivasi: Jika Anda ingin menampilkan konten yang “bermanfaat”, Anda bisa menuliskan quotes maupun kalimat motivasi khusus untuk followers Anda.
Viral atau Tren: Tidak bisa dipungkiri bahwa konten viral atau konten yang sedang tren sangat digemari oleh semua orang. Selain dapat meningkatkan engagement, dapat mendatangkan banyak followers, sehingga omset Anda bisa ikut meningkat.
Tips: Sesekali Anda bisa berbagi tips – tips kepada followers.
Video: Anda bisa memposting video di Instagram dengan durasi 60 detik saja, tetapi jika Anda ingin membuat video dengan durasi yang lebih lama, Anda bisa menggunakan IGTV.
Baca juga: 6 Strategi Membuat Konten Di Instagram
7. Membuat Caption yang Menarik
Instagram adalah media yang mengandalkan visual, tapi bukan berarti Anda mengabaikan tulisan atau yang biasa disebut dengan Caption.
Dalam membuat “caption” banyak hal yang perlu Anda perhatikan, diantaranya:
- Pertama, harus relevan dengan foto maupun video Anda, menghibur dan informatif.
- Kedua, bahasa yang digunakan sesuai dengan target pasar Anda, misalnya menggunakan kata “Saya dan Anda” dan sebagainya.
- Ketiga, gunakan headline yang menarik alias click bait agar orang – orang membaca hingga selesai.
- Keempat, sesekali bercerita atau story telling agar tidak terkesan to the point.
- Kelima, gunakan call-to-action dan kalimat yang dapat memancing followers Anda untuk berkomentar.
Baca juga: Cara Membuat Caption di Instagram Agar Engagement Meningkat
8. Gunakan Hashtag dengan Tepat
Hashtag adalah cara utama untuk mempermudah akun Anda ditemukan oleh non followers Anda.
Anda dapat menggunakan hingga 15 hashtag di setiap postingan.
Gunakan hashtag yang relevan dengan postingan Anda.
Misalnya, Anda menjual software Instagram, Anda bisa menggunakan hashtag, seperti, #ameliasoftware, #toolsinstagram, dan sebagainya.
Selain itu, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan hashtag, antara lain:
- Akun Anda akan mudah ditemukan oleh orang – orang yang memiliki minat sama.
- Mendatangkan banyak followers baru.
- Postingan Anda bisa terkenal.
Baca juga: Cara Menemukan Hashtag Yang Tepat Untuk Bisnis Anda
9. Terlibat
Jika Anda ingin memiliki engagement yang tinggi, Anda juga harus terlibat di dalamnya.
Misalnya ketika Anda memposting konten, tapi Anda mengabaikan komentar dan tidak pernah berinteraksi dengan followers Anda, maka jangan heran jika engagement Anda tidak ada peningkatan.
Minimal, tanggapi komentar yang Anda anggap perlu dijawab.
Selain itu, Anda bisa meninggalkan komentar di akun – akun terkenal, seperti Selebgram, Selebriti maupun akun publik.
Baca juga: Strategi Meningkatkan Engagement Di Instagram
10. Posting di Waktu yang Tepat
Tahukah Anda waktu yang tepat untuk memposting di Instagram?
Secara umum, pada pukul 11:00, 15:00 dan 19:00 WIB adalah waktu yang tepat untuk Anda posting.
Kenapa?
Karena di waktu tersebut, banyak orang – orang yang beraktifitas di sosial medianya terutama Instagram.
Cara lain untuk melihat waktu posting yang tepat yaitu dengan fitur Insight.
11. Gunakan Jasa Endorse/Paid Promote
Menggunakan jasa endorse maupun paid promote dapat membantu membangun kredibilitas bisnis Anda dan mendatangkan banyak followers baru.
Namun, yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan jasa endorse maupun paid promote yaitu pemilihan “orang” tersebut.
Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih Influencer, ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangankan, antara lain:
- Pertama, jumlah followers. Minimal 10 ribu followers.
- Kedua, bagaimana interaksi Influencer tersebut terhadap followersnya, apakah aktif? Ramah?
- Ketiga, apakah Influencer tersebut pernah menerima endorse? Jika iya, Anda bisa mengunjungi akun produk yang pernah Influencer tersebut endorse lalu perhatikan, seberapa pengaruhnya pada akun tersebut. Namun sebaliknya, jika belum, maka Anda bisa melihat poin pertama dan kedua.
- Keempat, Influencer yang Anda pilih harus sesuai dengan produk yang Anda jual. Misalkan, produk hijab, Anda bisa meng-endorse Influencer yang menggunakan hijab juga.
Baca juga: Panduan Endorsement Instagram, Artis atau Selebgram – Untuk Pemula
12. Gunakan Instagram Ads
Cara paling tepat untuk mendapatkan followers baru adalah dengan menjalankan Instagram Ads.
Dua juta akun bisnis sudah menggunakan Instagram Ads.
Instagram Ads memiliki kelebihan tersendiri, yaitu dalam menentukan target pasar berdasarkan:
- Lokasi: Negara, provinsi, kota, dan sebagainya
- Demografi: Usia, jenis kelamin, dan bahasa
- Minat: Seperti akun lain yang diikuti orang dan aplikasi yang mereka gunakan
- Perilaku: Instagram aktif dan nonaktif
Anda dapat beriklan melalui feed atau Instagram Story.
Baca juga: Inilah 4 Manfaat Instagram Ads yang Wajib Diketahui Pebisnis Online
Nah, itulah 12 tips Instagram marketing yang tidak dapat Anda abaikan.
Bagaimana? Apakah sampai sini Anda sudah paham?
Jika belum, jangan khawatir, Rico Huang siap membantu Anda melalui 21 Hari Kuliah IG.
Apa itu 21 Hari Kuliah IG?
Yaitu tantangan untuk Anda yang ingin…
- Mengetahui cara meningkatkan omset bisnis online.
- Mengetahui cara berjualan di Instagram yang tepat.
- Mendatangkan banyak followers.
- Membuat Instagram menjadi social-proof.
- Menjadi terkenal.
- Mendapatkan penghasilan dari Instagram tanpa harus pusing mikirin ide konten dan ngiklan.
Dan yang menariknya lagi, Anda akan langsung dibimbing oleh para mentor yang terbukti berhasil.
Anda juga tidak perlu menghabiskan puluhan juta rupiah hanya untuk mengikuti tantangan ini.
Nah, Anda semakin penasaran? Lihat selengkapnya disini.
Ingat! Ini kesempatan terakhir untuk Anda sebelum harga naik di batch berikutnya.
Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media yang Anda punya.