Beberapa tahun ini, Instagram menyuguhkan berbagai macam fitur dan algoritma yang terus menerus berubah.

Dan bukan hanya itu saja, akun-akun jualan di Instagram pun semakin meningkat.

Produk yang ditawarkan pun beragam, ada pakaian, cemilan, aksesories, gadget, make up, produk custom, jasa menulis, isi pulsa, dan sebagainya.

Selain itu, banyak perubahan yang terjadi pada platform ini, seperti: 

Penghapusan Jumlah Like

Di tahun 2019 Instagram menyatakan bahwa pihaknya akan menghapus jumlah like secara bertahap. 

Jumlah like tidak bisa dilihat oleh para pengguna hingga ke seluruh dunia.

Dengan penghapusan jumlah like, maka hal ini berdampak untuk sebuah akun online shop, karena calon pembeli Anda akan sulit menilai apakah produk atau konten tersebut bagus.

Tapi positifnya, Anda bisa jadi jauh lebih kreatif dalam mengenalkan produk maupun membuat konten dengan cara lain.

Misalnya saja dengan memanfaatkan jasa Influencer untuk mempromosikan produk Anda, dengan begitu Anda bisa mendapatkan engagement yang sama meski jumlah “like” tidak terlihat.

Nah, dalam memilih Influencer atau selebgram, Anda bisa memperhatikannya lewat interaksi yang mereka lakukan apakah banyak yang merespon, bagaimana tanggapan Influencer tersebut, dan sebagainya.

Penghapusan Tab Following’s Activity

Instagram telah menghapus tab Following dari feed Activity

Sebenarnya, Instagram sudah menghadirkan fitur tersebut pada 2011, tetapi kehadirannya tidak disambut baik oleh semua pengguna.

Following’s Activity adalah fitur yang dimana Anda bisa melihat konten baru dari postingan yang disukai atau dikomentari oleh orang yang mereka ikuti. 

Namun, ternyata fitur ini tidak digunakan oleh banyak pengguna. 

Bahkan sejumlah pengguna tidak menyadari aktivitas mereka dapat dilihat oleh banyak orang.

Maka dari itu, fitur ini telah dihapus oleh Instagram.

Selain itu, Instagram sendiri juga memberikan fitur tambahan untuk membantu para marketer ketika berjualan, diantaranya:

Fitur Business Account

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengkategorikan akun Anda sebagai akun bisnis, yang dimana postingannya berkaitan dengan produk maupun jasa Anda.

Fitur Instagram Shopping

Fitur ini memungkinkan akun bisnis Anda bisa menyertakan harga produk yang jika di-klik akan mengarah ke halaman website Anda.

Fitur Checkout

Fitur ini memungkinkan pembeli Anda membeli barang tersebut tanpa harus keluar dari aplikasi Instagram.

Nantinya, pembeli juga bisa memantau pengiriman barang lewat pemberitahuan yang ada di Instagram. Praktis, bukan?

Sayangnya, fitur ini belum ada di Indonesia. Namun, Instagram akan mengembangkan fitur ini secara global. Tunggu saja ya!

Strategi Instagram Marketing di 2020

1. Pilih Influencer yang Tepat

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin meng-endorse seorang Influencer.

Yakni kesesuaian image yang ada pada diri Influencer tersebut dengan produk Anda. 

Misalnya, Anda menjual produk hijab, maka carilah Influencer yang menggunakan hijab.

Kenapa harus begitu? Agar target yang dibidik tepat sasaran. Karena biasanya followers dari Influencer tersebut akan “ter-influence” dengan hijab yang digunakan Influencer yang Anda pilih tadi. Dan pastinya followers mereka akan membeli produk dari Anda.

Selain itu, pilihlah Influencer dengan followers minimal 10 ribu dan perhatikan juga bagaimana mereka berinteraksi dengan followers mereka.

2. Gunakan Hashtag yang Menarik

Gunakan hashtag yang unik dan menjadikan ciri khas online shop Anda.

Gunanya, adalah mempermudah pencarian dan bisa menjangkau audiens lebih luas.

Selain itu, buatlah hashtag yang mudah diingat, seperti #MangoMen, #MangoGirls, dan sebagainya.

3. Adakan Giveaway

Cara meningkatkan omset bisnis online di 2020 adalah melalui Giveaway.

Kenapa? Tentu saja banyak orang yang senang diberi hadiah.

Dengan giveaway juga Anda bisa memancing banyak followers baru, karena biasanya syarat dalam mengadakan giveaway ada berbagai macam, seperti share ke sosial media lain, tag ke akun online shop Anda, atau sekedar likes dan komentar sebanyak-banyaknya di postingan Anda. 

Dengan begitu, secara tidak langsung banyak orang membantu mempromosikan akun Anda, dan jika banyak orang yang tertarik, pastinya akan banyak juga yang membeli produk Anda.

4. Posting Video di IGTV

Menurut para pengamat sosial media, konten video di Instagram TV (IGTV) akan menarik lebih banyak perhatian pada tahun ini. 

Dan juga salah satu cara jualan di Instagram yang bisa Anda manfaatkan untuk me-review produk, menampilkan testimoni pembeli, atau menampilkan teaser produk baru Anda, dan konten lainnya dalam bentuk video. 

Baca juga: 3 Prediksi Tren Instagram Marketing di 2020

Nah, itulah beberapa strategi Instagram marketing yang wajib Anda ketahui di 2020.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media yang Anda punya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here