Dalam berbisnis online banyak hal yang bisa Anda pelajari, coba dan terapkan.

Untuk apa? Untuk bisa mengembangkan bisnis Anda, menaikkan omset Anda, mendapatkan pelanggan yang lebih banyak, berkenalan dengan kompetitor lain, dan sebagainya. 

Misalnya saja, mencoba beriklan di Facebook. 

Mungkin Anda familiar dengan Facebook, namun tidak dengan Facebook Ads.

Jika, Anda mempelajari, mencoba dan menerapkannya, maka bisnis Anda akan bisa grow 10x lipat dalam waktu yang cepat.

Selain itu, banyak kelebihan lainnya dari Facebook Ads yang memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis.

Nah, simak 5 alasan kenapa Anda harus menjalankan Facebook Ads.

Pengguna Sosial Media Facebook dan Instagram Terus Meningkat Jumlahnya

Berdasarkan data dari We Are Social, pada tahun 2018, Facebook memiliki lebih dari 2,17 miliar pengguna aktif per bulannya. 

Ini jumlah yang tidak sedikit untuk memulai peruntungan di Facebook.

Bahkan sebagian besar dari pengguna ini membaca news feed di Facebook mereka beberapa kali sehari. 

Oleh karena itu, salah satu alasan kenapa Anda harus menjalankan Facebook Ads, karena sebagian besar orang-orang di dunia ini menggunakan platform Facebook setiap harinya.

Tidak Terlihat seperti Iklan

Jika selama ini Anda merasa terganggu dengan iklan Pop Up yang tiba-tiba muncul ketika sedang membuka website atau sebagainya.

Nah, bedanya dengan beriklan di Facebook, audiens Anda tidak akan merasa terganggu sama sekali.

Kenapa? Karena jenis iklan yang ditampilkan dalam bentuk gambar, video atau carousel seperti postingan yang ada pada Facebook maupun Instagram.

Seperti contoh:

Dapat Menargetkan Audiens secara Spesifik

Yang menariknya lagi, Facebook Ads memiliki berbagai fitur untuk menargetkan audiens secara spesifik, mulai dari:

  • Lokasi
  • Umur
  • Gender
  • Interest (niche): misalnya, Anda memasukkan niche Naruto, maka Facebook akan langsung menargetkan atau mencari orang-orang yang like fanpage naruto, postingan naruto, dan sebagainya
  • Audience network: beberapa aplikasi mobile/web yang sudah bekerjasama dengan Facebook, seperti contoh ketika Anda sedang membuka aplikasi lain, maka iklan Anda akan muncul di aplikasi tersebut

Baca juga: Cara Membuat Akun Facebook Business Manager di Facebook

Dapat Menganalisa Data

Salah satu fitur yang bisa membantu kita untuk mengetahui apa kekurangan dari iklan yang Anda buat.

Seperti, gambarnya, videonya, teksnya, landing pagenya, dan sebagainya.

Dengan begitu, Anda bisa memperbaiki iklan Anda.

Facebook Ads Memiliki Mesin Learning

Nah, salah satu kelebihan Facebook Ads yang tidak dimiliki oleh platform lain adalah “mesin learning”.

Yang dimaksud dengan “mesin learning” yaitu ketika Anda sudah mendapatkan 1000 orang ke landing page Anda, maka Anda bisa “minta tolong” Facebook untuk mencari 1 juta orang yang sama. Dalam arti, orang-orang tersebut memiliki minat yang sama dengan 1000 orang sebelumnya.

Sebagai contoh, 1000 orang tersebut mengidolakan Onepiece, maka Facebook Ads akan mencari juga 1 juta yang mengidolakan Onepiece.

Dengan begitu, keuntungan Anda bisa berkali-kali lipat.

Cara Menjalankan Facebook Ads

Selanjutnya menjalankan Facebook Ads.

Jika Anda adalah seorang pemula, atau seorang pebisnis dan ingin mencoba peruntungan lewat Facebook Ads, so, simak cara-cara menjalankan Facebook Ads.

1. Buka Ads Manager yang ada di Facebook Ads.

2. Lalu Create

3. Setelah itu di bagian Campaign Anda memilih Objektif yang mau Anda gunakan. Misalnya Traffic, Anda beri nama, contoh, ATC Casing, lalu tentukan budgetnya, misalnya 50 ribu sehari, klik Continue.

4. Lalu masuk ke bagian Ad Set Name untuk targeting.

5. Anda beri nama, misalnya Adset Onepiece, setelah itu tentukan lokasi, usia, interest, placements. Placements berfungsi untuk menentukan iklan Anda akan dipublikasikan dimana saja, misalnya Facebook dan Instagram.

6. Anda juga bisa memilih iklan Anda hanya khusus Android, IOS, dan sebagainya.

7. Selanjutnya, klik Continue.

8. Dan terakhir, masuk ke bagian Ad Name.

9. Langsung muncul halaman Media. Anda pilih sesuai dengan yang Anda inginkan, misalkan gambar.

10. Lalu, ke bagian Text & Links, lalu masukkan copy atau caption, headline, deskripsi (CTA).

11. Jangan lupa masukkan link CTA atau link pembelian, seperti website, atau nomor Whatsapp, dan sebagainya.

12. Lalu klik Confirm, dan Anda perlu menunggu beberapa jam untuk di review oleh Facebook, setelah Facebook meng-Confirm, iklan Anda akan Running.

Baca juga: Tutorial Cara Beriklan di Facebook Ads Lengkap dari A-Z

Tapi pertanyaannya, bagaimana jika iklan Anda ternyata ditolak oleh Facebook? Apa yang harus Anda lakukan?

Sebelum iklan Anda di publish oleh Facebook, Facebook akan me-review terlebih dahulu apakah Anda sudah mengikuti syarat maupun ketentuan dari Facebook.

Biasanya, sebagian besar iklan di review dalam waktu 24 jam, meskipun kadang diperlukan waktu lebih lama.

Maka dari itu, ketika Anda membuat iklan baru, perhatikan materi iklan, teks, link, dan penargetan dengan syarat atau ketentuan dari Facebook. 

Jika merasa iklan Anda tidak akan disetujui tepat waktu, Anda bisa merencanakan dan menjadwalkan postingan sebelum tanggal yang dimaksud. 

Di bagian Anggaran & Jadwal pembuatan iklan, pilih tanggal Mulai dan Berakhir.

Tapi yang perlu Anda catat, jika Anda menerima email atau notifikasi dari pihak Facebook yang menyatakan bahwa iklan Anda tidak disetujui.

Anda bisa memberi tau dari Facebook untuk me-review dan mencoba kembali. 

Dan jika merasa iklan Anda sudah mematuhi syarat dan ketentuan dari Facebook dan seharusnya disetujui, ajukan banding untuk iklan yang tidak disetujui tersebut.

Nah, pertanyaan selanjutnya, bagaimana strategi yang tepat untuk membuat iklan yang sesuai dengan syarat dan ketentuan Facebook?

Anda bisa temukan itu semua di Insta Ads Mastery.

Apa itu Insta Ads Mastery?

Yaitu kelas online yang dimana Anda akan diajarkan step-by-step untuk menjalankan iklan di Facebook maupun Instagram sampai berhasil running dan mampu meningkatkan omset bisnis Anda 10x lipat.

Selain itu, Anda juga akan diberikan teknik closing yang ampuh sehingga pembeli yang tadinya suka PHP jadi membeli dari Anda.

Jadi tidak hanya di Facebook atau Instagram Adsnya saja, tapi the whole system, mulai dari:

  • Awal hingga akhir dan bagaimana Anda bisa melakukan semua itu
  • Materi yang selalu up-to-date
  • Support forum selama 3 bulan
  • Menyediakan resources yang Anda butuhkan dan terbukti berhasil
  • Mentor yang praktisi
  • Garansi uang kembali

Terlepas dari apapun bisnis Anda. Entah bisnis dibidang jasa, digital, dokter, retail, asuransi, influencer, dan sebagainya.

Intinya selagi target market Anda main di Facebook dan Instagram, Anda bisa menjalankan iklan ini.

Hanya dengan satu framework yang benar, maka Anda akan bisa menghasilkan lebih banyak dari bisnis Anda.

Framework yang akan Anda pelajari dan kuasai bisa Anda dapatkan di Insta Ads Mastery.

Nah, itulah 5 alasan kenapa Anda harus menjalankan Facebook Ads.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media yang Anda punya.                   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here